Featuring

KFC Punya Strategi Cerdas untuk Meminta Maaf

Jakarta, 25 Februari 2018 – Iklan KFC yang unik sedang menjadi trending topik di berbagai media termasuk sosial media. Di Twitter sendiri iklan ini telah berkali-kali diposting dan di retweet oleh penggunanya. Ada apa?

KFC terpaksa menutup sementara 900 gerainya di London karena kekurangan pasokan ayam, ini tentu menjadi hal yang serius bagi bisnisnya. Semenjak pekan lalu hingga hari ini kabarnya KFC masih menutup gerainya hingga membuat banyak pelanggan yang kecewa. Ternyata bukan hanya karena kabar ini KFC diberitakan dimana-mana namun juga karena cara uniknya dalam menyampaikan permintaan maaf. Iklan ini telah dimuat disebuah surat kabar pada 23 Februari 2018 lalu.

KFC Punya Cara Cerdas untuk Meminta Maaf
Photo: metro.co.uk

Dari cara beriklan ini KFC sangatlah keren karena akhirnya dapat menarik perhatian banyak orang. Pada gambar iklan yang menampilkan foto tempat ayam yang kosong dengan serpihan sedikit tepung ayam dan latar belakang warna merah dan logo sang kolonel. Ada yang menarik perhatian orang-orang disana dimana tulisan KFC diubah susunannya menjadi FCK yang terkesan sebagai ungkapan kekesalan. Ada sedikit kalimat pengantar kata maaf dibagian bawah yang berbunyi:

A chicken restaurant without any chicken. It’s not ideal. Huge apologies to our customers, especially those who travelled out of their way to find we were closed. And endless thanks to our KFC team members and our franchise partners for working tirelessly to improve the situation. It’s been a hell of a week, but we’re making progress, and every day more and more fresh chicken is being delivered to our restaurants. Thank you for bearing with us.

Yang dalam bahasa Indonesia iklan ini berbunyi “Restoran ayam tanpa ayam. Ini tidak ideal. Permintaan maaf besar kami kepada pelanggan, terutama mereka yang sengaja keluar untuk mencari kami. Dan terima kasih tanpa henti kepada tim KFC dan mitra waralaba kami karena bekerja tanpa kenal lelah untuk memperbaiki situasi. Sudah seminggu, kami terus membuat kemajuan, dan setiap hari semakin banyak ayam segar dikirim ke restoran kami. Terima kasih telah membantu kami.

Dari sisi kreativitas iklan ini tentu saja sukses menarik banyak perhatian dengan caranya yang out of the box dan dari sisi public relations ini sungguh strategi yang hebat dalam menanggulangi krisis perusahaan.

Dalam akun Twitternya konsultan Public Relations, Andrew BLoch mengatakan KFC telah meminta maaf dengan beriklan satu halaman penuh di surat kabar Metro. Sebuah langkah manajemen krisis yang berkelas. #KFCCrisis

Febbyprm