Techno

Aman & Nyaman Dengan Voice Biometrics

Jakarta, 2 April 2018 – Diperkenalkannya Voice Biometrics,  layanan inovatif Voice ID yang mengadopsi teknologi pemindai suara, dan merupakan yang pertama di Indonesia, oleh PermataBank, tak lepas dari  meningkatnya kebutuhan nasabah akan layanan yang sederhana, cepat dan andal.

Dion Wiyoko (PermataBank Brand Ambassador) – Bpk Ir. Budi Rahardjo, M.Sc., Ph.D (Praktisi IT dan Ahli Keamanan Informasi) – Bpk Abdy Salimin (Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank) – Bpk Gunawidjaja (Head of Service Quality, OPEX & Contact Center PermataBank)

Voice Biometrics sendiri merupakan teknologi baru yang menggunakan pola suara untuk menghasilkan identifikasi unik bagi setiap individu dengan menggunakan lebih dari 50 faktor suara fisik dan perilaku. Karakteristik perilaku meliputi pengucapan, penekanan, kecepatan bicara dan aksen,  sedangkan karakteristik fisik mencakup sifat fisik khas saluran vokal, saluran hidung dsb.

Solusi otentikasi berbasis suara ini dilakukan saat nasabah melakukan panggilan telepon melalui PermataTel (Contact Center PermataBank), dimana sistem akan memvalidasi suara dalam hitungan 10 detik.  Untuk kemudian, proses verifikasi yang sebelumnya memakan waktu 2 menit kini terpangkas hanya 45 detik. Menariknya ,  nasabah tidak lagi perlu menjawab begitu banyak pertanyaan yang merepotkan.

Layanan Voice ID ini melengkapi rangkaian layanan berbasis teknologi yang dimiliki oleh PermataBank, yaitu Finger ID dan Facial ID. Maka ketiga layanan ini diharapkan bisa mempermudah nasabah dalam berinteraksi dengan PermataBank.

Abdy Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank, di acara peluncuran layanan Voive ID yang berlangsung di Jakarta, beberapa waktu, yang dihadiri Budi Rahardjo,  Praktisi IT, Dosen dan ahli keamanan informasi, Dion Wiyoko,  Brand Ambassador PermataBank,  Gunawidjaja,  Head, Service Quality, OPEX & Contact Center, beserta  Senior Manajemen PermataBank lainnya, mengatakan, PermataBank berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan berbasis teknologi digital untuk memberikan consumer experience terbaik di Indonesia dan pengelolaan risk management yang lebih baik.

“Saya berharap,  inovasi ini menjadi salah satu acuan dalam industri perbankan di Indonesia dalam memberikan layanan perbankan yang Sederhana, Aman dan Cepat”.

Ditambahkan oleh Budi Rahardjo,  Praktisi IT, Dosen dan ahli keamanan informasi menjelaskan,”Dengan menggunakan Voice ID ini keamanan dapat tetap terjamin sementara kenyamanan meningkat.”

Andriany Shayni

Foto : Dok. Bening Communication

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *