News Hitz

Festival Jajanan Bango 2018 Di Dukung Kemenpar

Jakarta, 10 April 2018 – Event yang selalu dinanti-nanti oleh para pecinta kuliner segera hadir. Festival Jajanan Bango (FJB) 2018, siapa yang tak kenal dengan acara yang selalu menyajikan kelezatan kuliner nusantara ini.

FJB mendapat dukungan penuh dari Kemenpar dan PT Unilever Indonesia Tbk. Acara yang akan berlangsung di Jakarta, 14-15 April 2018 dan Makassar, 5-6 Mei 2018 ini mendapat sambutan antusian dari para pencinta kuliner di Tanah Air.

Event  ini  menjadi media yang efektif untuk mempromosikan kuliner tradisional sebagai daya tarik wisata kuliner,  saat ini mempunyai porsi terbesar dalam fortopolio bisnis pariwisata Indonesia; budaya (culture) 60%, alam (nature) 35%, dan buatan manusia (man made) 5%. Selanjutnya, Kementerian Pariwisata dan PT Unilever Tbk akan mengadakan kerjasama co-branding.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, bahwa Indonesia memiliki potensi besar menjadi destinasi wisata kuliner yang unggul di tingkat global.

Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc. – Menteri Pariwisata Republik Indonesia_rz

“Kuliner, khususnya kuliner tradisional masuk dalam kelompok besar wisata budaya (culture) dengan porsi 60% karena daya tariknya sangat tinggi. Untuk mengembangkan wisata ini, Kemenpar telah membentuk Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja dalam rangka mendukung pencapaian target kunjungan 17 juta wisman dan 270 juta pergerakan wisnus pada tahun ini dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman dan 275 juta wisnus  tahun 2019 mendatang,” kata Menpar Arief Yahya didampingi Foods Director PT Unilever Indonesia Tbk. Hernie Raharja dalam jumpa pers terkait event FJB 2018 di Balairung Soesilo Soerdaman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Senin siang (9/4/2018).

Menpar Arief Yahya menjelaskan, sebagai upaya mencapai target kunjungan 17 juta wisman pada tahun ini Kemenpar bersama pelaku (industri) pariwisata telah meluncurkan program ViWI (Visit Wonderful Indonesia).

 

“Peluncuran Program  ViWI  2018  yang melibatkan 18 stakeholders pariwisata, termasuk yang berkecimpung di wisata kuliner, dimaksudkan untuk meningkatkan kunjungan wisman khususnya  yang menjadi fokus pasar antara lain; China, India, dan Eropa. Gencar mempromosikan dan menawarkan paket-paket wisata yang menarik dan banyak digemari, di antaranya paket wisata kuliner dan belanja,” kata Menpar Arief Yahya.

Hernie Raharja – Foods Director PT Unilever Indonesia, Tbk_rz

“Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005 silam, melalui acara ini Bango ingin mengajak sebanyak mungkin pecinta kuliner mengenal dan mencintai kekayaan dan pesona kuliner Indonesia  yang otentik,” kata Hernie Raharja.

“Di Festival Jajanan Bango 2018, para pengunjung akan dimanjakan dengan puluhan hidangan khas Indonesia yang disajikan oleh sederetan penjaja kuliner terkenal yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara.Tak hanya itu, di acara ini Bango juga kembali merangkul para wirausaha kuliner generasi baru. Dihadirkan lima wirausaha kuliner yang telah terpilih dari lebih kurang 7.000 peserta kompetisi ‘Bango Penerus Warisan Kuliner’ yang digelar atas kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada Februari hingga Maret lalu,” tambah Hernie.

Dyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *