Health

Sehat Hingga Ramadhan Berakhir

Terlebih  bulan Ramadhan. Waktunya lebih menjaga kesehatan, tentu menjalaninya dengan cara   yang sehat. Salah satunya, mengonsumsi makanan sehat, tapi tetap bercita-rasa lezat.  Di dapat dengan  menggunakan bahan olahan makanan berupa minyak goreng alami.

Sepanjang Ramadhan, menjalani ibadah Puasa  di bulan yang penuh berkah bersama orang terkasih dan menikmati makanan yang lezat, tentu merupakan pilihan terbaik.

Hanya saja,  seringkali  ada yang terlupakan oleh kita seperti apa dan bagaimana alam  mengonsumsi makanan sehat selama  berpuasa.  Sebabnya tak lain, banyak yang meyakini bahwa makanan sehat itu hambar dan mahal.  Tidaklah sepenuhnya itu benar.

Perlu diketahui,  bahwa makanan sehat merupakan sebuah langkah kecil yang mengarah pada perubahan yang lebih besar. Salah satu perubahan sederhana yang dapat dilakukan adalah mengganti minyak goreng yang kita gunakan. Yaitu, minyak alami yang diekstrasi dari buah zaitun dan secara Internasional dianggap sebagai salah satu pilihan minyak untuk memasak yang sehat.

Betapa indahnya menginjak hari Raya Idul  Fitri, beriring tubuh yang sehat dan segar.  Untuk mendapatnya,  menjalani  Puasa dengan sehat, namun  tetap bisa menikmati makanan yang lezat. Adapun dengan cara :

Konsumsi Makanan Yang Seimbang

Masakan dari rumah, selain menawarkan cara untuk menjalin ikatan

dengan keluarga, juga memberi manfaat kesehatan yang signifikan karena  bahan apa saja yang digunakan, terkontrol.

Paling utama,  menghindari penggunaan minyak terlalu banyak.

Cara terbaik untuk mengubah gaya hidup sehat adalah dengan beralih ke minyak  goreng nabati seperti minyak zaitun. Selain  mudah untuk digunakan, membuat rasa makanan menjadi lebih lezat dan memberikan banyak manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah. Minyak berkandungan  polifenol, yang  tanpa garam ini  merupakan minyak yang bebas kolesterol secara alami. Yang tentu memiliki manfaat untuk melindungi dari penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Hal itu sesuai studi kesehatan, minyak zaitun  antioksidan membantu mengurangi efek stres oksidatif pada penderita diabetes.

Lebih rinci mengenai minyak zaitun,  memiliki jumlah asam lemak tak jenuh tunggal lebih tinggi daripada minyak nabati lainnya. Lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, adalah ‘lemak baik’ yang diterima secara luas karena kemampuan mereka untuk menurunkan kolesterol jahat atau yang biasa disebut Low-Density Lipoprotein (LDL), memperkuat pembuluh darah, melindungi dari Alzheimer, menurunkan risiko penyakit jantung dan memberikan nutrisi untuk membantu menjaga sel-sel tubuh.

Minyak zaitun adalah minyak yang serbaguna dan dapat digunakan pada suhu tinggi (468 ° F / 242 ° C), sehingga Anda dapat memasak semua masakan Indonesia favorit Anda, dan tentunya bisa digunakan untuk menggoreng.

Minyak zaitun memberi Anda kesempatan untuk hidup sehat tanpa khawatir Anda akan bosan dengan makanan yang itu-itu saja atau perubahan gaya hidup yang besar.

Lain daripada itu, juga selalu ingatkan diri Anda untuk mengisi piring Anda dengan makanan nabati seperti sayuran  dan buah-buahan. Kesemua  adalah sumber serat alami terbaik. Selain menguntungkan fungsi sistem pencernaan, makanan nabati membuat Anda merasa  kenyang lebih cepat.

TETAP AKTIF

Mendapatkan tubuh yang sehat, setelah mengonsumsi makanan ‘sehat’, maka perlunya berimbang rutin berolahraga. Sekalipun, di antara pembaca memiliki keterbatasan waktu dalam melakukan olahraga ditengah-tengah sibuknya jadual.

Begitupun, tetap bisa dilakukan dengan membutuhkan sedikit kreativitas.

Olahraga merupakan hal pertama yang dilakukan setelah Anda bangun atau cobalah berjalan mengitari ruangan sambil menyapa rekan atau kolega  ketika Anda berada di sebuah acara.

Atau cobalah untuk bergabung dengan rekan-rekan Anda di lantai dansa dan menunjukkan gerakan terbaik Anda ! Ini cara yang menyenangkan untuk mengimbangi kalori ‘hidangan liburan’ tersebut.

Anisa Syaini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *