Profile

Peggy Anastasia, Antara Cinta ‘Mom’ & Karier

Salah satu kunci suksesnya sebagai Brand Communication Manager Electrolux Indonesia adalah mencintai pekerjaan itu, sehingga apapun yang dilakukan akan mampu dijalankan dengan nyaman dan membuahkan hasil yang baik. Itulah kunci sukses seorang wanita bernama lengkap Peggy Esther Anastasia, kelahiran Tebing Tingg, 28 April 1982.

 

Satu lagi kunci suksesnya. Ia melakukan pekerjaan kantor tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang ibu dan istri. Tak heran jika Ibu dari seorang anak berusia 3, 5 tahun buah perkawinannya dengan salah seorang personil grup musik Ecoutez, ini mendapatkan dukungan karier yang ia butuhkan dari teman, sahabat, dan keluarga.

Apalagi kunci suksesnya?

Silakan simak petikan wawancara dengan Stylish-One.com dengan penikmat musik Dreamgirls yang menyukai aroma parfum Lady Million Paco Rabanne ini :

Kapan Anda memulai karier sebelum bergabung di perusahaanElectrolux Indonesia?

Sebelum bergabung di Electrolux Indonesia, saya bekerja di perusahaan Jepang yang bergerak di industri elektronik, Sony Indonesia. Dari sana, saya memulai karier di Electrolux Indonesia pada 2016 sebagai Brand Communication Manager, yang membawahi bidang komunikasi Pemasaran dan Kehumasan untuk semua rangkaian produk Electrolux di Indonesia. Kesempatan berkarier di Electrolux saya dapatkan berdasarkan informasi lowongan kerja sebagai Brand Communication Manager.

Menurut Anda, apa yang menjadi daya tarik dari perusahaan ini ?

Saya berminat meniti karier di Electrolux karena saya tahu bahwa Electrolux adalah salah satu brand terkemuka dari Eropa yang sudah ternama dan selalu menghadirkan rangkaian produk perlengkapan rumah tangga, yang menurut saya akan cocok buat saya, karena saya sendiri sudah menjadi ‘mom’.

Latar belakang pendidikan Anda sendiri, sesuai kah dengan bidang kerja yang Anda geluti ini ?

Pendidikan terakhir saya, jurusan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Unika Atmajaya. Saya seharusnya menjadi guru. Menurut saya, menjadi seorang guru dan marketing person juga harus memiliki communication skill (public speaking) dan creative untuk bisa menyampaikan hal-hal yang ingin kita sampaikan ke publik, sehingga mereka mengerti dan memahaminya.

Dengan posisi Anda saat ini, apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab Anda ?

Saya bertanggung jawab untuk dapat mengomunikasikan dengan baik brand dan produk Electrolux itu sendiri kepada konsumen melalui 360 marketing channels.

Bisa Anda rinci produk Electrolux dan keunggulannya ?

Electrolux menawarkan rangkaian pilihan produk inovatif yang dikembangkan untuk para profesional dan diadaptasi untuk keperluan rumah tangga berdasarkan masukan konsumen. Electrolux mudah dan nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Electrolux mempunyai varian produk unggulan perlengkapan rumah tangga, baik perlengkapan dapur seperti kompor tanam, oven tanam, cooker Hood, lemari es, mesin cuci, dryer, vacuum cleaner, AC, dan masih banyak lagi.

Menurut Anda, apa yang paling membedakan produk Electrolux dengan produk lain yang sejenis ?

Electrolux merupakan The Real European Brand, yang akan berumur100 tahun di 2019. Electrolux memberikan pengalaman Taste, Care and Well-being yang dapat membuat hidup lebih menyenangkan dan berkesinambungan bagi banyak orang.

Tren/kebutuhan rumah ke depan seperti apa ?

Gaya hidup sehat semakin diminati dan menjadi tren keseharian masyarakat, terutama di perkotaan. Kami melihat tren kebutuhan produk elektronik rumah tangga saat ini adalah produk yang mempunyai banyak kelebihan untuk memudahkan pekerjaan, seperti produk yang memiliki fungsi-fungsi inovatif, ramah lingkungan dan hemat energi. Selain itu juga memiliki penampilan elegan dan mudah dioperasikan.

Beberapa tahun ke depan, kami memprediksi tren kebutuhan rumah tangga masih mengedepankan teknologi. Salah satunya dengan adanya produk Electrolux yang akan terintegrasi/connected dengan digital interface.

Setelah berada di dunia produk rumah, apa yang paling Anda rasakan dan di mana letak tantangannya ?

Karena bekerja di dunia perlengkapan rumah tangga, saya merasa cocok dan sambil belajar banyak hal seputar dunia rumah tangga, karena status saya sekarang berkaitan erat, yakni working mom dan isteri yang mengurus rumah tangga. Tantangannya, bagaimana caranya hal-hal yang saya dapatkan dan sudah saya rasakan sendiri dengan produk Electrolux bisa kita komunikasikan serta dapat memberikan informasi edukatif ke orang lain, termasuk kepada keluarga sebagai lingkungan terkecil.

Apa yang sudah dan ingin lakukan untuk Electrolux ?

Saya sangat menikmati apa yang saya lakukan di Electrolux, Sebagai Brand Communication Manager, saya sangat menghargai kesempatan yang saya miliki untuk dapat berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda sepanjang karier saya, yang memberi saya perspektif untuk melakukan pekerjaan saya menjadi lebih baik.

Dalam berkarier, apa lagi yang ingin dicapai ?

Kisah sukses yang merupakan hasil dari gagasan / ide kreatif saya dan akhirnya bisa saya terapkan dan membuahkan hasil yang positif.

Filosofi Anda bekerja ?

Menyayangi pekerjaan itu, sehingga apa pun yang kita lakukan akan dijalankan dengan nyaman dan membuahkan hasil yang baik pula.

Di akhir pekan, hal-hal menyenangkan yang dilakukan…

Quality time bersama keluarga terutama untuk si buah hati yang masih berusia 3,5 tahun.

Apa yang membuat Anda bahagia ?

Dukungan keluarga terhadap apa yang saya lakukan dan sharing yang bisa saya berikan kepada orang lain.

Anda terus berkarier, apa pesan atau syarat dari suami ?

Suami sangat mendukung dan menghargai apa yang menjadi pilihan saya, yaitu bekerja. Suami juga seorang entrepreneur, maka sangat memahami. Kalaupun saya harus hadir pada kegiatan kantor melebih waktu kerja, itu sesuai tanggung jawab pekerjaan, Saya tidak mengesampingkan tugas dan kewaiban sebagai ibu. Suami sering juga terlibat, membawa anak datang ke lokasi kegiatan saya.

Anda pernah menjadi penyanyi dan sering manggung, dan sudah Anda tinggalkan ? Rindu manggung ?

Hehehe… iya rindu. Tapi saya sudah memilih untuk melepas.Bila pun didera rindu, saya lepaskan dengan bernyanyi di karaoke bareng teman-teman. Atau nyanyi di rumah, diiringi suami bermain gitar.

Andriza Hamzah & S.Luna
Foto : Akbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *