News Hitz

I Wanna Get Home Safely !

Kesadaran pengendara selama berada di belakang kemudi, dalam mengedepankan keselamatan di jalan (road safety), masih harus terus ditingkatkan. Hal ini terlihat dari masih tingginya jumlah kecelakaan setiap tahunnya.

Menurut data dari Korlantas Polri, tahun 2017 tercatat sebanyak 98.414 kasus kecelakaan lalu lintas — merenggut sekitar 24.213 jiwa –, atau turun sekitar 7% dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 105.374 kasus dengan merenggut sebanyak 25.859 jiwa.

Meskipun mengalami penururan setiap tahunnya, namun masih relatif tinggi dan diperlukan partisipasi dan kolobarasi semua pihak untuk mewujudkan zero accident di Indonesia.

Kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga keselamatannya saat berada di jalan ditengarai masih rendah, hal inilah yang memperkuat keseriusan Adira Insurance untuk mencurahkan perhatian dalam menyebarkan gerakan kesadaran keselamatan di jalan raya dengan menggagas kampanye I Wanna Get Home Safely! (IWGHS) ke berbagai segmen masyarakat dari komunitas sampai dengan Pemerintah.

IWGHS, kampanye yang telah dimulai sejak tahun 2010, yang telah mendapatkan penghargaan dari Dompet Dhuafa dalam kategori ‘Top CSR in Safety Riding Campaign’ pada Penghargaan Charta Peduli Indonesia tahun 2011 dan 2012, berlanjut tahun 2013 mendapatkan penghargaan dari Korlantas Polri sebagai Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, tercatat aktif berkontribusi nyata membantu korban kecelakaan di jalan dengan memberikan donasi berupa alat bantu untuk para korban kecelakaan untuk dapat produktif kembali.

Maka untuk menggaungkan gerakan keselamatan di jalan raya, ini kampanye IWGHS berusaha untuk merangkul seluruh pihak terkait yang terdiri dari Pemerintah, Media, pengambil keputusan, Praktisi, dan Pakar road safety management agar apa yang telah dimulai dapat terus berjalan mulus dan melangkah maju.

Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), ini lahirlah sebuah ajang penganugerahaan bertajuk ‘Indonesia Road Safety Award’ (IRSA) pada tahun 2013. Yang merupakan salah satu upaya untuk mendorong Pemerintah Daerah dalam menerapkan tata kelola keselamatan di jalan yang baik di wilayahnya sehingga mempercepat penurunan tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

Setelah sukses diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya, penganugerahaan IRSA 2018 yang keenam kalinya digelar pada Kamis, 13 Desember 2018.

Acara bertempat di Hotel JW Marriot, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, SE.,M.UP., Ph.D. selaku Menteri Perencanan Pembangunan

Nasional/Kepala BAPPENAS, Ir. Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan, Irjen Pol Refdi Andri selaku Kepala Korps Lalu Lintas Republik Indonesia serta para bupati dan walikota finalis IRSA 2018,terasa semaraknya.

“Kami berharap pesan dan semangat IRSA terus menular hingga seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga pemenang IRSA dapat menjadi inspirasi dan role model bagi Pemerintah Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia untuk dapat mengembangkan program-program keselamatan jalan dan tata kelola keselamatan jalan dengan lebih baik lagi,” ujar Julian Noor, Chief Executive Adira Insurance.

Andriza Hamzah
Foto : EPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *