News Hitz

Kompetisi Inovatif @Pasar Lokal & Global

Tidak terbilang, bahkan begitu banyak manfaat yang didapat dari pesatnya perkembangan teknologi khususnya akses internet yang luas dan cepat, khususnya kepada pelaku industri kreatif untuk mengoptimalkan pemasaran produknya.

(ki-ka) : Vadiel Mekha (Founder Next Step) – Yane Ardian (Ketua Dekranasda Kota Bogor) – Bima Arya Sugiarto (Walikota Bogor) – Perwakilan Dinas Pemerintah Kota Bogor

Namun tentu ada catatan, dengan pesatnya perkembangan teknologi, ini perlu disadari bahwa persaingan usaha semakin ketat. Untuk itu, sehingga diperlukan inovasi agar bisa berkompetisi baik di pasar lokal maupun global.

Tak terbantahkan, pelaku kreatif dituntut segera menyikapi dan berupaya dengan cara bijak dan tepat.

Menyadari hal tersebut jua, Dekranasda Kota Bogor yang diketuai oleh Yane Ardian kemudian bersinergi dengan Vadiel Mekha, Konsultan Kreatif serta Rumah Kreatif BUMN Bank Mandiri dalam suatu program pembinaan yang dinamakan Naik KelasbyNext Step Consultant.

“Produk IKM Kota Bogor saat ini sudah bagus, namun kami terus berupaya meningkatkan para IKM melalui sejumlah program pembinaan agar mereka terus meningkatkan potensi dan kapasitas dirinya, sehingga produk kerajinan yang dihasilkan semakin bagus, kreatif dan menjadi ciri khas Kota Bogor” ujar Yane Ardian, Ketua Dekranasda Kota Bogor.

Vadiel Mekha, Konsultan Kreatif yang juga Founder Next Step Consultant menambahkan “Pembinaan yang berlangsung dari Februari hingga Maret 2019 ini memang kami rancang sedemikian rupa menyesuaikan kebutuhan IKM binaan Kota Bogor.

Berkat dukungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, kami melakukan kurasi yang sangat ketat sehingga terpilihlah 25 dari ratusan IKM terbaik di Kota Bogor yang berhak untuk mengikuti pembinaan. Fokus kami adalah mempersiapkan IKM Kota Bogor dalam mengembangkan produk dengan sentuhan lokal namun memiliki cita rasa global”.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Mandiri Bogor. Sumarwanto menyampaikan,”Kami senang bisa menjadi bagian dari pembinaan ini, karena sejalan dengan program CSR Bank Mandiri untuk mendorong perkembangan ekonomi kreatif dan termasuksalah satunya pembinaan IKM. Saya yakin pembinaan ini sangat bermanfaat terhadap pengembangan IKM Kota Bogor” ujar

Pada kesempatan yang sama, pembukaan pembinaan ini turut dihadiri oleh Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Dan menyampaikan, menyampaikan bahwa IKM Kota Bogor memiliki potensi yang sangat bagus dan Pemerintah Kota pun turut mendukung perkembangan IKM ini dengan membuat sejumlah strategi pengembangan IKM menjadi lebih sistematis, berkolaborasi dengan stakeholder dan tidak lagi sekedar basa-basi.
“Kita bangun kekuatan bersama, ada pengrajin, perbankan, perusahaan dan dinas,” katanya.

[]Anisa Syaini
Photo : Dok. EPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *