News Hitz

Ramadhan Berbagi : Bersama Unilever & Baznaz

Melanjutkan dukungan untuk membantu pemulihan pasca bencana di wilayah Lombok, Palu serta Donggala PT PT Unilever Indonesia Tbk., menjalani program spesialnya yang menyentuh, “Ramadhan Berbagi : Beli Kebutuhanmu, Beri Kebaikanmu”.

Merupakan program yang  merangkul keluarga besar Unilever lainnya — seperti para mitra bisnis serta konsumen — untuk berpartisipasi secara mudah dalam berbagi kebaikan.

Adalah dengan melakukan pembelian  setiap kebutuhan produk-produk Unilever selama bulan Ramadhan akan dikumpulkan sebagai bentuk donasi yang kelak disalurkan oleh BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) selaku mitra Unilever untuk membangun sejumlah infrastruktur meliputi sekolah, Rumah Sehat dan Mobil Sehat di wilayah-wilayah tersebut.

Chacha Frederica, Pemandu Acara – Sancoyo Antarikso, Governance & Corporate Affairs Director, Corporate Secretary PT Unilever Indonesia Tbk. – Sinta Kaniawati, Head of Sustainable Business and Unilever Indonesia Foundation – Jessica Mila

Kegiatan Ramadhan Berbagi yang dilakukan  Unilever, dikatakan Sinta Kaniawati selaku Head of Sustainable Business and Unilever Indonesia Foundation, sudah berjalan semenjak tahun 2016. Dan komitmen ini sudah setiap tahunnya dijalankan melalui platform digital.

“Di tahun ini konsumen dapat menggunakan www.ramadhanberbagi.com untuk berkontribusi mendukung program-program kami sembari memenuhi kebutuhan keseharian mereka,”  ujar Sinta Kaniawati di acara  temu media yang berlangsung di Suasana Restaurant, Hotel Aston Kuningan – Jakarta Selatan.

Tambahnya,“Sebagai perusahaan lama di Indonesia,  banyak bisa melakukan kebaikan, yang berdampak terhadap kehidupan sosial. Untuk mencapainya, tentu juga karena adanya kontribusi dari konsumen. Melalui membeli setiap produk Unilever, berarti membantu sesama. Karena itu, kegiatan Ramadhan Berbagi akan terus berkelanjutan dijalankan, bahkan ingin terus dikembangkan,” jelas Sinta Kaniawati,

Di acara yang dipandu Chacha  Frederica, dan dihadiri Head of Sustainable Business and Unilever Indonesia Foundation,  Jessica Mila – Aktris,  Ahmad Fikri,  Kepala Divisi Pendistribusian BAZNAS menyampaikan,”Banyak sarana dan prasana di wilayah-wilayah Lombok, Palu dan Donggala,  yang rusak sehingga menghambat berbagai aktivitas masyarakat, salah satunya kegiatan belajar mengajar. Selain itu, fasilitas kesehatan juga masih sangat dibutuhkan karena hingga sekarang sebagian besar masyarakat tinggal di pengungsian yang padat dengan fasilitas sanitasi terbatas, membuat mereka lebih rentan terkena penyakit.”

Dirincikan, bencana alam yang terjadi di Lombok, Palu serta Donggala telah menyebabkan banyak kerugian dan meninggalkan duka mendalam. Di Lombok ditemukan 371.966 rumah rusak dan 431.416 masyarakatnya harus hidup sebagai pengungsi[1]. Sedangkan di wilayah Palu dan Donggala, sejumlah 64.317 rumah mengalami kerusakan hingga hilang dan 77.084 jiwa harus mengungsi.

Meski telah melewati masa krisis bencana, mereka yang bertahan masih membutuhkan dukungan untuk membangun dan mengembalikan kehidupan seperti sedia kala. Kini secara perlahan sebagian masyarakat mulai mencoba bangkit dan kembali beraktivitas, namun memang upaya untuk mengembalikan kehidupan mereka seperti sedia kala masih membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan diprediksi hingga lebih dari 3 tahun. Untuk mempercepat proses ini, pihak pemerintah masih menggalakkan dukungan dari berbagai pihak sehingga tahap pemulihan dan rekonstruksi ini dapat berjalan secara berkesinambungan.

Untuk itu, Ahmad Fikri menambahkan, maka kepedulian Univelever, dan jalinan kerjasama dengan BAZNAZ, layak dipertahankan. Terlebih, memiliki visi dan misi yang sama.

Andriza Hamzah

Photo : Alchemy Communications

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *