Business

Impian 5 Juta Perempuan Indonesia

Perempuan memiliki peran, semangat dan potensi yang sangat besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di masa mendatang, itu tidak bisa dipungkiri.

Sementara, penelitian dari International Finance Corporation World Bank Group memaparkan bahwa 80% UMKM yang dimiliki perempuan belum memiliki akses pendanaan dari perbankan karena prosedur yang dianggap memberatkan. Selain itu, Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2019 menunjukkan tingkat literasi keuangan di kalangan Ibu dan perempuan di Indonesia masih relatif rendah, yaitu 36,13%.

Menyikapi masalah ini, Sunlight, brand dari Unilever Indonesia berkolaborasi dengan Amartha, sebuah platform peer-to-peer (P2P) lending,  menjalankan program “Rahasia Usaha Lebih Cepat Untung”.

Merupakan program guna membantu para perempuan pelaku UMKM di wilayah pedesaan agar  mendapatkan pendanaan sekaligus edukasi finansial yang memadai untuk memulai dan menjalankan usaha mereka.

Hingga akhir 2020 nanti, program ini memiliki target untuk memberikan manfaat kepada 80.000 perempuan yang tersebar di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur.

“Kami berkomitmen untuk memberikan kesempatan belajar dan mendorong potensi perempuan Indonesia di bidang wirausaha sehingga nantinya 5 juta perempuan Indonesia dapat menemukan dan mencapai impian mereka di tahun 2022,” ujar  Veronica Utami,  Direktur Home Care Unilever Indonesia & Dirt is Good SEA-ANZ.

Andi Taufan Garuda Putra selaku CEO dan Founder Amartha menjelaskan, “Saat ini Amartha telah menyalurkan pendanaan Rp1,72 Triliun kepada lebih dari 364 ribu mitra perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Di samping itu, Amartha memberikan pendampingan dalam setiap pertemuan majelis, merupakan  ruang bagi Amartha untuk memberikan edukasi literasi keuangan dan kewirausahaan untuk mendorong perkembangan usaha yang dijalankan oleh mitra kami”.

Dukungan Sunlight di dalam program ini mendapatkan apresiasi di tengah acara “Amartha Impact Talk Vol. 4” tanggal 13 Desember 2019 lalu, berupa penghargaan bagi sejumlah mitra Amartha yang telah turut  mendukung program inklusi keuangan di pedesaan, yang adalah :  Andi Taufan Garuda Putra,  CEO juga  Founder Amartha, Veronica Utami,  Direktur Home Care Unilever Indonesia & Dirt is Good SEA-ANZ dan Aria Widyanto,  Direktur PERSADA.

[]Annisa Syaini

Keterangan  Photo 2 (ki-ka) ;

Andi Taufan Garuda Putra,  CEO juga  Founder Amartha – Veronica Utami,  Direktur Home Care Unilever Indonesia & Dirt is Good SEA-ANZ – Aria Widyanto,  Direktur PERSADA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *