News Hitz

Pencegahan Covid-19, Air Bersih Untuk 156 Rumah Warga

Pandemik Covid-19 tengah menjadi sorotan di seluruh penjuru Dunia, Pemerintah Indonesia pun  menginstruksikan agar seluruh masyarakat mendukung upaya pencegahan sebaran virus, salah satunya dengan tetap berada di rumah dan menjaga kesehatan serta kebersihan.

Mendukung imbauan Pemerintah,  dan pelaksanaan gaya hidup sehat di masyarakat, sebagai salah satu upaya pencegahan berbagai penyakit, termasuk sebaran Covid-19 , SCG, —  merupakan salah satu pemimpin bisnis terkemuka di kawasan ASEAN —   melalui anak perusahaannya PT Semen Jawa dan PT Tambang Sukabumi,  berkontribusi  pada masyarakat Sukabumi melalui pembangunan sarana air bersih di Kampung Tanjungsari, Desa Sirnaresmi.

Melalui pemasangan pipa-pipa   yang dimulai pada minggu ke-3 bulan Maret 2020, dan seterusnya,  air bersih langsung mengalir ke rumah masing-masing , berjumlah  156 Kepala Keluarga yang tersebar di 3 RT di Kampung Tanjungsari, Desa Sirnaresmi, Sukabumi.

Demikian dijelaskan oleh  Somchai Dumrongsil, President Director of PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi.

“Meningkatkan  kualitas kesehatan masyarakat, melalui kegiatan Bina Lingkungan atau BiLik Semen Jawa, menjadi salah satu implementasi filosofi SCG people yakni, kepedulian terhadap tanggung jawab sosial.  NiLik Semen Jawa sejak tahun 2017 memberikan kesempatan bagi seluruh karyawan untuk berkontribusi dan terlibat langsung menjaga lingkungan sekitar dengan membawa semangat “Passion for Better Society”,” ujar  Somchai Dumrongsil  menambahkan.

“Bagi warga kami, kemudahan akses serta ketersediaan air bersih menjadi salah satu kendala dalam mewujudkan gaya hidup sehat seperti yang diinstruksikan Pemerintah.  Kini dengan telah adanya sistem pipanisasi air bersih ke rumah warga tentu akan memudahkan masyarakat Kampung Tanjungsari untuk mengakses air bersih tanpa harus keluar rumah, sehingga kemungkinan paparan terhadap COVID-19 dapat diminimalisir,” ungkap Dedi Setiadi, SKM., Kepala Puskesmas Gunungguruh.

 Tidak hanya pembangunan pipanisasi, dibangun pula torrent untuk menjaga cadangan air, yang sebelumnya, kemudahan akses serta ketersediaan air bersih menjadi kendala yang dihadapi warga dalam menjalankan gaya hidup bersih dan sehat.

Selain tu,  juga dilakukan pemasang atap dan dinding di sekeliling sumber air sehingga sumber air terhindar dari hujan dan kotoran, yang dilakukan pembangunan sarana air bersih yang dilakukan bahu membahu antara seluruh karyawan berserta masyarakat.

Dan untuk selanjutnya, program BiLik ini akan berlanjut di desa lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup di masyarakat Sukabumi.

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. SGC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *