News Hitz

Manjakan Mata Menatap Supermoon

Pada minggu ini, pecinta langit akan kembali dimanjakan dengan Supermoon. Bulan purnama yang lebih terang, ini dikenal dengan nama Full Pink Supermoon

Staf Astronomi Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ)  Mohammad Rayhan menjelaskan bahwa penamaan Full Pink Supermoon ini bukan karena warna bulan berubah menjadi Pink atau merah jambu. 

“Penamaan bulan purnama, itu biasanya mengikuti budaya atau kejadian yang terjadi di wilayah tersebut. Jadi bulan purnama April, ini disebut Full Pink Supermoon berawal dari budaya di Amerika,” kata Rayhan saat dihubungi,  Minggu (5/4/2020). 

Full Pink Supermoon, berdasarkan literatur, merupakan penamaan dari munculnya bunga wild creeping phlox atau dikenal juga dengan nama moss pink. 

“Bunga ini merupakan bunga yang memiliki banyak warna. Dan sepertinya pada bulan April, ini  yang berwarna pink terbilang paling banyak tumbuh. Bunga ini juga merupakan bunga asli dari daerah Amerika Utara,” ujarnya. 

Rayhan menjelaskan purnama pada bulan April ini merupakan purnama dengan posisi bulan yang terdekat dengan Bumi sepanjang tahun. “Efeknya, Bulan akan terlibat lebih besar tujuh persen dan 15 persen lebih terang dibandingkan Bulan purnama biasa,” ujarnya. 

Founder Langit Selatan Avivah memaparkan bahwa jarak Bulan dengan Bumi pada saat bulan purnama bulan April ini adalah 356.907 km. Katanya,”Bulan ada di posisi perigee. Bulan berada di atas cakrawala sejak Matahari terbenam sampai fajar tiba. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengamati Bulan dan kawah-kawahnya,” ujarnya saat dihubungi secara terpisah. 

Ia menambahkan,  jika pecinta langit bisa mengamati sejak awal bulan, maka akan terlihat tahapan pergeserannya dengan jelas. 

“Tanggal 1 April itu posisi bulan di 45 persen. Lalu pada tanggal 2, di 56 persen. Kalau tanggal 5 ini sudah di 86 persen. Berikutnya, di 93 persen, 98 persen di tanggal 7 dan pas di tanggal 8, 100 persen,” pungkasnya.

[]Dian Mart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *