Relationship

KETIKA MAAF TAK LAGI BERMAKNA

Kata maaf sering ditemui dalam percakapan sehari-hari, karena itu nilainya  oleh sebagian orang menjadi tidaklah mahal. Sementara  pada sebagian pria yang didudukkan pada posisi  superior, kata maaf menjadi kalimat yang sulit diucapkan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pria sulit mengucapkan kata maaf dibandingkan wanita. Pertama, karakteristik ego pria  lebih besar dibandingkan wanita. Kedua,  norma sosial mendudukkan pria  pada posisi yang lebih tinggi dan superior. Ketiga, status sosial, kesibukan dan kesuksesan secara materi membuat seorang pria tak punya waktu lagi untuk mengenal diri sendiri.

Bagi banyak pria, mengakui kesalahan sama dengan menunjukkan kelemahan diri. Pada hal secara psikologi, berucap maaf itu,  merupakan bentuk terapi memulihkan memburuknya hubungan antar manusia. Demikian menurut  psikolog Rahmitha P. Soendjojo.

Rahmitha menambahkan,”Sekalipun demikian,  bukan berarti pria tidak pernah mengucapkan maaf.  Hanya saja dia akan  memilih cara lain dan kalimat lain selain ucapan maaf waktu melakukan kesalahan. Misalnya,  dengan tingkah laku atau mengganti kata maaf dengan kata-kata lain seperti “Aku menyesali” atau “Ini keteledoran saya”.

Lebih lanjut Rahmitha mengatakan, dalam mengungkap rasa senang, tidak senang, marah dan kecewa, permintaan maaf dan sebagainya itu semuanya didapati melalui dari  proses belajar. “Tepatnya, diajarkan dan ditanamkan semenjak usia kanak-kanak. Misalnya, dengan belajar mengekspresikan dan mengedapan perasaan, akan membuat anak lebih artikuklatif untuk menyebutkan permintaan maaf.”

Lantas, kapan kata maaf  harus diucapkan  ?

Tentu setelah menyadari  dan mengetahui kesalahan yang telah diperbuat. Dari sana, sebaiknya dibicarakan. Semisal katakan,”Aku tidak begitu suka kamu lakukan ini atau itu.”

Bila sudah sama-sama punya pemecahan terhadap kesalahan, kata maaf yang dikeluarkan pun akan bersifat tulus. Jadi  penting di sini adalah adanya dialog terbuka dua arah secara efektif. Karena membantu menyelesaikan masalah. Pasangan pun bisa melatih diri untuk dapat mengucap kata dengan lebih tulus, dan mengubah perilaku menjadi lebih baik, jelas Rahmitha.      

Sebenarnya permintaan maaf lebih berfungsi sebagai alat kontrol terhadap  perilaku buruk. Menyampaikan kata maaf pada tempatnya bisa menjadi alat untuk mempererat hubungan sosial.

Keberanian mengucap maaf menunjukkan kita rendah hati, sekaligus berbesar hati. Saling berkata  maaf adalah tata cara sosial yang disepakati  bersama. Artinya bila seseorang meminta maaf maka lawannya pun harus melakukan hal yang sama. Bila tidak kegusaran lah yang akan timbul.

 Perbuatan Yang Sulit Dimaafkan

Terbilang, perselingkuhan  merupakan salah satu perbuatan yang sulit dimaafkan karena berkaitan dengan rasa kasih sayang dan rasa memiliki. Di mana benda tersayang yang dimiliki diambil orang lain.

 Apa yang Anda lakukan jika pasangan Anda berselingkuh?

Dengan rasa menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan itu kembali kekasih Anda minta maaf, apakah Anda memberi maaf atau menolak ucapan maaf? Pertanyaan ini sulit-sulit mudah untuk dijawab.

Lantas apa yang Anda lakukan dan rasakan jika berbuat salah dan permohonan maaf Anda di tolak ?         

Anda pasti merasa kesal dan dikucilkan. Harus disadari bahwa maaf mempunyai keajaiban yang sering dilupan orang yaitu bisa menghibur, membesarkan hati dan meningkatkan derajat. Membuat orang lebih hormat dan menghargai.

Kelemahan pria itu selalu menganggap enteng permasalahan. Karena sifat pria tidak suka dengan hal yang sulit. Ia lebih senang dengan hal-hal yang simpel dan sederhana.

Tips Meminta Maaf

Tidak mudah menjadi manusia berjiwa besar, karena  dibutuhkan kematangan jiwa. Salah satu bentuk berjiwa besar adalah meminta maaf

1.Intonasi Suara

Mengakui kesalahan, minta maaf dengan cara dan nada yang sopan. Tidakan ini akan meraih simpati.

2. Merendahkan

Hindari ekspresi merendahkan lawan bicara.

3. Waktu Yang Tepat

Carilah waktu  yang tepat untuk mengucapkan maaf. Jangan minta maaf ketika lawan bicara sedang marah

4. Tulus

Sampaikan kata maaf  dengan tulus.  Jangan sampai ada maksud yang tersimpan di balik kalimat maaf. Yang terjadi,  maaf tidak akan didapati jika terulang lagi.

5.  Memberikan Hadiah

Beri hadiah kecil sebagai simbol maaf. Cara ini sangat membantu dalam menyempurnakan hubungan. Dan jangan lupa menyelipkan pesan-pesan bijak dan kata-kata maaf.

[]Andriza Hamzah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *