Business

Potensi Bisnis Perikanan Di Masa Pandemi Covid, Tetap Bersinar

Dinilai potensi bisnis Perikanan saat ini sangat besar, apalagi  diamati pada masa pandemi covid, sektor Perikanan kerap dilirik Dunia Usaha, Ketua Kamar Dagang dan Industri  (KADIN), Rosan Roeslani mengunjungi Perum Perikanan Indonesia (Perum  Perindo).

“Di Perindo potensi bisnis dari hulu ke hilir dapat dikembangkan secara maksimal mulai dari penangkapannya, cold storage, pendistribusiannya, serta peningkatan kerja sama antar Dunia Usaha untuk mengembangkan bisnis perikanan,” kata Rosan Roeslani.

Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan Kadin berperan besar dalam Dunia Usaha termasuk sektor perikanan.

“Ini merupakan langkah awal membangun komunikasi dengan Kadin dalam mensinergikan Dunia Usaha Perikanan, sehingga mampu berkolaborasi secara holistik baik dengan instansi Pemerintah mau pun pihak swasta dalam mengembangkan bisnis Perikanan,” kata Fatah S Topobroto, disela-sela kegiatan kunjungan Kadin. 

Adalah  Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta di Muara Baru, menurut Rosan Roeslani berpeluang sebagai lokasi destinasi wisata perikanan di DKI Jakarta. 

“Lokasi yang pas dan cocok secara infrastruktur untuk bisnis Perikanan, ditambah lagi di Pelabuhan Perikanan ini dilengkapi dengan sarana pendukung Perikanan yang terintegrasi mulai dari dock kapal, cold storage, pabrik es, bahan bakar minyak (BBM) juga tersedia, pelelengan Ikan hingga pendistribusiannya di Pasar Ikan Modern Muara Baru,” Rosan Roeslani menambahkan.

Ia pun meyakini di bawah komando Jajaran Direksi baru Perum Perindo Direktur Utama Fatah Setiawan Topobroto, Direktur Keuangan M.Taufiq dan Direktur Operasional Raenhat Tiranto Hutabarat, Perum Perindo dapat memanfaatkan momentum menjadikan sektor Perikanan lebih besar lagi serta menjadikan Perikanan sebagai program utama Pemerintah yang berkelanjutan dan berkesinambungan. 

“Indonesia memiliki kekayaan laut dan ikan, maka mestinya bisa menjadi ujung tombak saat ini dan kedepannya, karena potensinya besar”, pesan Rosan Roelani. 

Dari sisi penyerapan tenaga kerja cukup banyak dengan melibatkan banyak nelayan dan pekerja mulai dari pembongkaran ikan, processing ikan sehingga pemanfatan Sumber Daya Manusia menjadi faktor penting di sektor Perikanan.

[]Dian Mart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *