News Hitz

Program ‘Cha-Ching’ : Menjangkau 4.820 Guru & 146.897 Siswa SD

Mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  (KEMDIKBUD RI) dalam melakukan serangkaian kegiatan untuk memastikan anak-anak dan orang tua di berbagai wilayah Nusantara dapat menjalankan proses belajar mengajar secara aman, sehat dan nyaman,  PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) — tepatnya sejak bulan Agustus 2020 —  berkolaborasi dengan UNICEF.

Ada pun bentuknya, di antaranya melalui online learning, home learning untuk anak di wilayah Indonesia Timur, serta pengembangan kapasitas untuk para pengajar agar mampu beradaptasi di new normal ini.

Menjadi catatan,  Januari 2021, program ini ditargetkan untuk menjangkau 69.000 siswa dan 3.750 guru dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kolaborasi dengan UNICEF, ini menggunakan dana pemulihan COVID-19 yang kepada market Prudential di seluruh Dunia untuk mendukung inisiatif dalam menangani permasalahan akibat pandemi serta dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkan.

Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia

Dalam menjalankan program tersebut, Prudential Indonesia telah mengalokasikan dana sebesar hampir Rp3 miliar.

Sementara, untuk meningkatkan literasi keuangan anak usia 7-12 tahun, Prudential Indonesia bersama PJI melaksanakan program Cha-Ching sejak 2012. Dikembangkan oleh Prudence Foundation, pelaksana Community Investment Prudential di Asia dan Afrika, program Cha-Ching mengajarkan pemahaman atas empat aspek utama pengelolaan keuangan melalui modul pembelajaran menarik, yaitu Peroleh (Earn), Simpan (Save), Belanjakan (Spend) dan Sumbangkan (Donate).

Hingga September 2020, program Cha-Ching telah diimplementasikan di 2.665 sekolah di Sidoarjo, Trenggalek, Blitar, Jakarta, dan menjangkau 4.820 guru dan 146.897 siswa Sekolah Dasar.  

Terkait program Cha-Ching, Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia menjelaskan, “Pengetahuan yang kami ajarkan melalui program Cha-Ching bukan sekadar mengenal nilai dan konsep uang, tetapi juga terkait pengelolaannya. Contohnya, kami mengajarkan anak menyadari hal-hal yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Dan  belajar dari pandemi COVID-19, penanaman literasi keuangan sejak dini makin relevan manfaatnya untuk mempersiapkan diri mereka menghadapi ketidakpastian yang dapat terjadi sewaktu-waktu di masa depan.”

Siddharta Moersjid, Ketua Dewan Pembina Prestasi Junior Indonesia

Selama pelaksanaannya di Indonesia, program Cha-Ching telah menunjukkan hasil positif. Secara detail Siddharta Moersjid, Ketua Dewan Pembina Prestasi Junior Indonesia memaparkan bahwa 94% dari 59.619 siswa yang menyelesaikan sesi pembelajaran selama tahun ajaran 2019-2020,  merasakan manfaat penerapan program Cha-Ching di keseharian mereka. Mereka juga lebih menyadari pentingnya mempertimbangkan empat aspek utama pengelolaan uang.

Beradaptasi dengan situasi pandemi, program Cha-Ching kini juga siap diaplikasikan secara daring melalui ‘Cha-Ching Kid$ at Home’. Program ini akan diawali dengan pelatihan terhadap volunteer pada September 2020 dengan menargetkan 125 anak karyawan, tenaga pemasar, Nasabah dan masyarakat umum dalam empat gelombang hingga akhir 2020.

Prudential Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat akan terus memperluas jangkauan program Cha-Ching untuk mencapai target 1 juta penerima manfaat (siswa dan guru) pada 2024. Ke depannya, akan lebih banyak lagi anak Indonesia yang dapat merasakan manfaat dari program Cha-Ching.

Nila Tanzil, Pegiat Literasi dan Pendiri Taman Bacaan Pelangi

Langkah ini diamini oleh Nila Tanzil, Pegiat Literasi dan Pendiri Taman Bacaan Pelangi. Katanya, ”Literasi anak Indonesia merupakan tanggung jawab bersama sehingga kolaborasi yang sinergis sangat dibutuhkan. Keseluruhan program yang dilakukan oleh Prudential Indonesia adalah contoh baik untuk memotivasi seluruh pihak menyalakan semangat anak-anak dalam mengenyam pendidikan yang berkualitas. Saya percaya kolaborasi ini berperan dalam membangun SDM unggul, menuju Indonesia maju.”

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. Alchemy PR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *