News Hitz

“Sustainability Day: Kolaborasi Raih Masa Depan Berkelanjutan”.

Di tengah pandemi,  permasalahan yang sedang dihadapi Dunia — baik dari sisi Kesehatan, Ekonomi, ketimpangan Sosial, hingga Lingkungan — pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi suatu hal yang semakin menantang.

Kiranya, hal itulah yang mendasari PT Unilever Indonesia, Tbk. menggelar webinar bertajuk “Sustainability Day: Kolaborasi dan Aksi untuk Masa Depan Berkelanjutan”.

Gelar webinar yang berlangssung sepanjang dua hari —  23-24 November 2020 — dalam rangka memperingati ulang tahun Unilever Indonesia Foundation yang ke-10, adalah guna merangkul berbagai elemen masyarakat dari mulai Pemerintah, sektor Swasta, kalangan Akademisi, hingga masyarakat,  untuk bersama-sama merumuskan langkah-langkah sinergis guna memastikan bahwa pembangunan yang berkelanjutan dapat terus terealisasi.

Menurut laporan ‘The Sustainable Development Goals and Covid-19’ tahun 2020, Indonesia berada pada urutan ke-101 dari 166 Negara dalam hal pengimplementasian SDGs. Yang bila dibandingkan tahun sebelumnya, skor Indonesia membaik. Begitu pun masih perlu keras untuk mencapai target yang diharapkan, apalagi menghadapi pandemi Covid-19.

Maka guna mengakselerasi pencapaian tujuan SDGs dan memastikan no one left behind, diperlukan semangat yang inklusif dan partisipatif dari semua pihak.

Untuk itu, webinar yang dibagi menjadi enam sesi dan menghadirkan 20 Pembicara ini mengupas mengenai ide dan bentuk kolaborasi yang dapat dilakukan lintas sektor, sesuai dengan peranan serta kapasitasnya masing-masing.

Bicara mengenai peranan Swasta dalam kolaborasi lintas sektor, Ira Noviarti selaku Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. menuturkan, “Sebagai Perusahaan yang dibangun atas dasar tujuan mulia (purpose), Unilever yang hamper 87 tahun hadir di Indonesia,  berkomitmen untuk terus memainkan peranannya dalam membantu pencapaian SDGs di Indonesia.”

Komitmen keberlanjutan Unilever sejak diluncurkannya strategi Unilever Sustainable Living Plan (USLP) pada 2010 silam, secara global sangat jelas dan terukur. Dan terdapat tiga tujuan utama: meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan lebih dari satu miliar orang; mengurangi jejak lingkungan yang dihasilkan dari pembuatan dan penggunaan produk Unilever hingga separuhnya; dan meningkatkan penghidupan jutaan orang sejalan dengan pertumbuhan bisnisnya.

Ira melanjutkan, “10 tahun penerapan USLP di Indonesia memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat serta lingkungan. Komitmen kami semakin kuat untuk terus membangun bisnis yang berlandaskan pada tujuan mulia (purpose-led) dan relevan serta mampu bersaing dimasa depan (future-fit). Komitmen tersebut membawa kami kepada tiga kepercayaan bahwa brand dengan tujuan mulia akan bertumbuh (brand with purpose grow), Perusahaan dengan tujuan mulia akan bertahan (company with purpose last) dan individu dengan tujuan mulia akan berkembang (people with purpose thrive).”

Amalia Adininggar Widyasanti, ST, MSi, M.Eng., Ph.D (BAPPENAS) selaku Plt. Deputi Bidang Ekonomi/ Staf Ahli Menteri Bidang Sinergi Ekonomi Pembiayaan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia menanggapi, “Di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024, pembangunan berkelanjutan menjadi arah untuk meningkatkan kehidupan Ekonomi dan Sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup, serta mendorong pembangunan inklusif dengan pelaksanaan tata kelola yang baik. Dengan demikian, peningkatan kualitas hidup generasi masa kini dan masa depan akan terjamin. Hal tersebut akan dapat terwujud melalui kolaborasi dan kemitraan antara pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dunia usaha dan perguruan tinggi.”

[]Titis Mawar Rani

Photo : Dok : Alchemy Creative Communications


Keterangan foto:

(kiri-kanan) :

Moderator ; Amalia Adininggar Widyasanti, ST, MSi, M.Eng., Ph.D (BAPPENAS) selaku Plt. Deputi Bidang Ekonomi/ Staf Ahli Menteri Bidang Sinergi Ekonomi Pembiayaan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia – Ira Noviarti selaku Director PT Unilever Indonesia, Tbk.; Shinta Kamdani selaku President of IBCSD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *