Goodlife

“The Vegetarian Butcher”, Makanan Nabati, Peluang Pebisnis Kuliner

Gerakan pergeseran pola makan plant-based memang meningkat, terlebih di tengah pandemi. Faktanya, survei menunjukkan bahwa 90% masyarakat Indonesia mulai mencoba mengonsumsi menu makanan sehat guna meningkatkan imunitas tubuh. Jumlah orang yang lebih giat membeli sayur dan buah kini telah mencapai 62%, dan layanan pesan antar makanan sehat juga telah meningkat sebanyak 7,4%.

Selain itu, tren gaya hidup flexitarian (pola makan yang menambah porsi makanan berbasis nabati dan mengurangi porsi protein hewani), hingga kepedulian terhadap kelestarian lingkungan juga semakin bertumbuh, khususnya di kalangan young millennials dan Generasi Z yang populasinya diperkirakan akan mendominasi penduduk Dunia, termasuk Indonesia.

Begitu pun, masih terdapat beberapa barrier yang menyebabkan pertumbuhan market kuliner berbasis plant-based belum maksimal, antara lain awareness masyarakat yang belum maksimal  terhadap ragam pilihan makanan berbasis nabati hingga pandangan bahwa hidangan berbasis nabati cenderung membosankan dan kurang menggugah selera.

Selain itu, masih terbatasnya aksesibilitas terhadap gerai kuliner yang menyediakan hidangan berbasis nabati turut berkontribusi terhadap kondisi ini.

Kiranya, merespons haltersebut jua, Unilever Food Solutions (UFS) sebagai unit Business to Business (B2B) dari Unilever —  khusus melayani Hotel dan Restoran — yang merupakan  pelopor yang menggerakkan industri bisnis kuliner untuk memenuhi permintaan konsumen akan ragam hidangan berbasis nabati, menghadirkan “The Vegetarian Butcher”.  Program yang lahir dan dikembangkan oleh Jaap Korteweg, seorang pecinta daging asal Belanda yang berinovasi dengan menciptakan aneka olahan daging dari bahan nabat, untuk tujuan  ingin mengajak masyarakat Dunia memiliki pola makan yang lebih bernutrisi tanpa harus mengorbankan kelezatan, kesehatan, atau pun kelestarian hewan dan lingkungan —

Melalui “The Vegetarian Butcher”, UFS menggerakkan sebanyak mungkin pebisnis kuliner untuk ikut mendampingi masyarakat menuju pola makan yang lebih bernutrisi dan berdampak positif terhadap kelestarian planet Bumi.

Joy Tarigan, Managing Director Unilever Food Solutions, di acara konferensi Pers  virtual yang berlangsung pada  Selasa, 27 April 2021, menyatakan, “UFS melihat adanya tren pergeseran pilihan konsumen menuju ragam makanan berbasis nabati, baik di tingkat global mau pun lokal. Tentunya ini  menjadi tantangan sekaligus peluang yang harus disambut baik oleh para pebisnis kuliner. Dan  sebagai mitra setia para pebisnis kuliner yang menyediakan beragam solusi produk legendaris sekaligus inspirasi untuk mendorong kemajuan bisnis seluruh mitranya, UFS menghadirkan ‘The Vegetarian Butcher’ di Indonesia.”

Di acara yang menghadirkan  Rinrin Marinka, Celebrity Chef yang juga Pengusaha  Kuliner makanan sehat, dan Hamish Daud, Selebritas  dan pegiat Healthy Lifestyle, Joy Tarigan melanjutkan keterangannya,  “Inovasi ini sangat sejalan dengan aspirasi “The Unilever Compass” untuk menjadi Perusahaan yang berlandaskan pada tujuan mulia (purpose-led) serta terus relevan dan siap menghadapi masa depan (future-fit). Sejalan dengan salah satu komitmen kami yang adalah membantu masyarakat melakukan transisi menuju pola makan yang lebih sehat sembari mengurangi dampak lingkungan dari rantai makanan.”

Sebagai langkah awal, UFS berkolaborasi dengan Burger King Indonesia, yang  dalam waktu dekat akan meluncurkan menu Plantbased Whopper®, Whopper® berbasis nabati pertama di Indonesia, dan bisa dinikmati oleh konsumen mulai 5 Mei 2021 di gerai Burger King yang berada di wilayah Jabodetabek. Mereka akan menjadi orang-orang pertama yang merasakan “daging” revolusioner dari “The Vegetarian Butcher”, yang kemudian akan disusul oleh gerai Burger King di kota-kota lainnya awal Juni mendatang.

Eugene Hong, Chief Marketing Officer Burger King Indonesia mengatakan, “Burger King selalu mengutamakan kepuasan konsumen, dan kami terus mencari kesempatan untuk memberikan alternatif menu baru yang inovatif dan relevan dengan minat serta kebutuhan mereka. Plant-based Whopper® menjadi pilihan lezat bagi semua orang yang menginginkan alternatif daging hewani tanpa mengorbankan rasa tak tertandingi dari Whopper® yang ikonik dari Burger King. Kami yakin bahwa konsumen kami di Indonesia akan menyukai menu baru ini.”

“Kerja sama ini menjadi sebuah permulaan dari kesempatan yang seluas-luasnya bagi sebanyak mungkin pebisnis kuliner untuk bersama-sama memajukan industri kuliner berbasis nabati di Indonesia. Kunjungi http://bit.ly/TVB-Indonesia untuk info lebih lanjut mengenai peluang kerja sama dengan Unilever Food Solutions dan ‘The Vegetarian Butcher’,” kata Joy Siagian di penghujung acara.

[]Andriza Hamzah

Photo : Alchemy Communications

Keterangan photo :

Utama (Ki-Ka atas): Joy Tarigan – Eugene Hong

(Ki-Ka bawah): Hamish Daud –  Rinrin Marinka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *