News Hitz

Diageo Indonesia : Donasi 50 Unit Konsentrator Oksigen

Adalah komitmen Diageo Indonesia, Pemimpin global Industri minuman beralkohol asal Inggeris dengan merek terkemuka di antaranya Johnnie Walker, Smirnoff dan Guinness, berkontribusi guna mempercepat upaya pemulihan Indonesia dari pandemi Covid-19. Diwujudkan   — secara resmi — dengan menyerahkan 50 unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

“Konsentrator oksigen sangat membantu daerah-daerah yang tidak memiliki produsen oksigen, jauh dari jangkauan produsen dan jalur distribusi oksigen. Bantuan dari pelaku usaha sangat bermanfaat bagi wilayah di luar Jawa-Bali. Semakin banyaknya ketersediaan konsentrator oksigen di Indonesia akan membantu upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus yang masih dinamis,” sambut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara penyerahan donasi, Jumat, 20 Agustus 2021, di Jakarta.

Kemenperin adalah salah satu Kementerian yang ditunjuk oleh Pemerintah Indonesia untuk mengupayakan peningkatan ketersediaan tabung oksigen dan konsentrator oksigen. “Kita memiliki modal sosial yakni kebersamaan dan gotong royong, yang telah dibangun, dapat dilestarikan, dan berpotensi membangun Industri dalam Negeri yang mandiri, berdaulat, maju, berkeadilan, dan inklusif,” Agus Gumiwang Kartasasmita menambahkan keterangannya.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Menperin, Managing Director Diageo Indonesia Puneet Narang menyampaikan, “Pandemi Covid-19 berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat dan ekonomi dimana pun di seluruh Dunia, termasuk Indonesia. Diageo terus mencari cara untuk dapat berpartisipasi aktif dalam percepatan upaya pemulihan, dan kami percaya infrastruktur medis seperti konsentrator, ini dapat membantu pemulihan Indonesia secara berkelanjutan.”

Inisiatif Diageo Indonesia ini merupakan bagian dari komitmen Diageo global untuk aktif membantu Negara-Negara yang terdampak pandemi Covid-19 di mana Diageo beroperasi.

Konsentrator oksigen yang diserahkan Diageo adalah Philips Resipronics Everflo yang diimpor dari Inggeris. Alat ini dapat menghasilkan lima (5) liter oksigen berkonsentrasi tinggi per-menit. Konsentrator oksigen juga menjadi alat yang penting untuk menangani pasien Covid-19 dengan kadar oksigen dalam darah yang rendah yang ditemukan di banyak kasus.

Sejak pandemi Covid-19 merebak di Maret 2020, Diageo Indonesia telah mendonasikan alkohol untuk memproduksi lebih dari 120.000 botol hand sanitizer. Bersama Kemenperin, Pemerintah Kabupaten Tabanan, dan BPOM Denpasar, hand sanitizer tersebut telah disalurkan kepada tenaga kesehatan garda terdepan dan masyarakat yang membutuhkan.

Selain partisipasi donasi, Diageo Indonesia juga sangat memperhatikan keselamatan dan kesehatan karyawan. Diageo Indonesia menerapkan program work from home kepada seluruh karyawan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat di pabriknya di Bali sejak awal pandemi. Untuk memastikan keselamatan dan keamanan karyawannya, Diageo Indonesia mengirimkan emergency kit kepada seluruh karyawan sebagai pertolongan pertama selama pandemi, berisi masker, termometer, oksimeter, dan oksigen kaleng.

“Melalui hubungan baik dengan Pemerintah Indonesia, dengan tulus kami berharap bahwa donasi ini akan membantu menyelamatkan hidup pasien Covid-19 dan juga mengakselerasi pemulihan di Indonesia,” tutup Puneet Narang.

[]Andriza Hamzah

Photo : Ist

Keterangan photo 1

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *