News Hitz

Masa Depan Glowing Wanita Indonesia, Bersama Siapa ?

Pendidikan  tinggi salah satu kunci untuk meraih masa depan yang glowing.  Maka ketika banyak di antara — terutama —  wanita muda Indonesia ‘terpaksa’ berhenti sekolah — sebab pandemi yang tak kunujung usai —  untuk selanjutnya beroleh kesempatan bekerja, atau menikah, tentu sangat disayangkan. Karena, pendidikan tinggi memberi mereka kesempatan untuk mengembangkan diri, meraih impiannya dan meningkatkan kualitas hidup, juga keluaganya.

Berangkat dari sanalah jua,  Glow & Lovely, produk perawatan kulit wajah wanita dari PT Unilever Indonesia Tbk. yang memiliki semangat untuk membantu #CerahkanPendidikan Indonesia untuk terus melaksanakan inisiatif berkelanjutan melalui ”Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021”.

Kegiatan indah ”Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021”,  yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2017, dan bekerjasama dengan Hoshizora Foundation, di tahun, ini  kembali mewujudkan program indahnya. Sejumlah 60 wanita  muda Indonesia menerima ”Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021” untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri idaman mereka.

Selain dukungan berupa beasiswa selama empat tahun perkuliahan, para Adik Bintang (sebutan untuk para penerima manfaat), juga berhak mendapatkan berbagai pendampingan untuk menggali potensi diri mereka agar tumbuh  menjadi sosok yang tangguh, memiliki daya saing dan siap menghadapi masa depan.

Untuk kelancaran pendidikan di tingkat lebih tinggi, para Adik Bintang juga beroleh fasilitas pendukung perkuliahan berupa seperangkat laptop. Serta,  penyuluhan mental health untuk memastikan para Adik Bintang dapat menjalani perkuliahan dengan mudah, lancar dan produktif.

Imelda Scherers, Senior Brand Manager Glow & Lovely di acara pengumuman 60 wanita muda Indonesia penerima ”Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021”, Kamis, 28 Agustus 2021,  menjelaskan, ”Sudah seharusnya wanita mendapatkan dukungan akses  pendidikan yang lebih tinggi agar mereka menjadi lebih berdaya, serta memaksimalkan peranannya di dalam keluarga dan masyarakat. Sejalan dengan misi Glow & Lovely untuk mencerahkan kulit wajah dan masa depan wanita Indonesia, selama lima tahun ini kami terus berkomitmen #CerahkanPendidikanIndonesia sebagai perwujudan dari purpose atau tujuan mulia kami, yaitu dengan memberikan beasiswa kepada wanita melalui program Glow & Lovely Bintang Beasiswa.”

Di acara webinar yang dipandu Dorothe Ayu,   menghadirkan pembicara Yudi Anwar, Executive Director Hoshizora Foundation, Novi Poespita Chandra, Ph.D – Psikolog, CoFounder Gerakan Sekolah Menyenangkan memaparkan, ”Hingga saat, ini angka partisipasi kasar Perguruan Tinggi di Indonesia tercatat masih rendah, yaitu 30,85%. Mayoritas lulusan sekolah menengah atas dan sederajat mengakui bahwa kesulitan ekonomi adalah salah satu penghambat utama.”

Lanjutnya,”Tantangan pun kian berat saat pandemi karena para wanita  muda juga harus berhadapan dengan penilaian sosial yang kerap memarginalkan. Akhirnya ada yang memilih untuk tidak berkuliah, dan ada pula yang tetap meneruskan, dengan penuh tekanan. Artinya, dukungan menyeluruh guna membantu mereka mengoptimalkan potensinya masih sangat dibutuhkan. Tidak hanya akses ke perguruan tinggi, tetapi juga support system lengkap untuk menghindari permasalahan mental health yang rata-rata meningkat di tengah mahasiswa baru, seperti stress (55,1%) dan kecemasan (40%).”

Di acara yang menghadirkan Andina Fitriyah Salsabilah, adalah  Adik Bintang dari Gresik, Jawa Timur, yang akan meneruskan pendidikan ke Uniersitas Airlanfgga,  pembicara  Yudi Anwar, Executive Director Hoshizora Foundation menerangkan, ”Di era pandemi ini, Hoshizora Foundation dan Glow & Lovely memperkuat dukungan dengan memastikan Adik Bintang mempunyai support system yang dapat diandalkan dari jaringan Glow & Lovely Bintang Beasiswa.”

Lanjutnya,”Sepanjang perkuliahan, mereka akan dipantau dan mendapatkan materi pendampingan dan pengembangan kapasitas diri mengenai pembangunan karakter, berpikiran kritis dan berkontribusi di komunitas, perencanaan karier, hingga persiapan berkarier dan berkarya. Secara khusus kami juga memasukkan materi terkait mental health, dan membuka kesempatan bagi para Adik Bintang saling berkonsultasi dengan penerima manfaat Glow & Lovely Bintang Beasiswa tahun-tahun sebelumnya.”

Tentu mendebarkan melihat  perhatian wanita di Tanah Air pada  Glow & Lovely Bintang Beasiswa, yang di tahun, ini tercatat hampir 16 ribu wanita muda Indonesia yang mendaftar dari 14 provinsi di Indonesia, termasuk dari tiga provinsi baru di Pulau Sumatera.

Untuk memberikan dampak positif yang lebih luas lagi, Glow & Lovely juga telah menghadirkan situs edukasi www.KelasBerbagiCerah.com yang menyediakan beragam kelas gratis untuk mengasah skill para generasi muda Indonesia. Sejak diluncurkan pada 2019, situs, ini telah diakses dan menginspirasi 100.000 orang.

”Semangat untuk #CerahkanPendidikanIndonesia ini juga sesuai dengan kampanye ’Every U Does Good’ atau ’Setiap U Beri Kebaikan’ untuk mengajak konsumen berbuat kebaikan melalui cara yang sederhana, yaitu dengan memilih produk atau brand yang mampu memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan masyarakat melalui purpose atau tujuan mulianya. Gunakan Glow & Lovely, dan terus dukung upaya kami mencerahkan kulit dan masa depan lebih banyak perempuan muda Indonesia !” ujar  Imelda di penghujung acara.

[]Andriza Hamzah

Photo : dok. Unilever Indonesia/Alchemy Comunication

Keterangan Photo Utama :

(Atas) Imelda Scherers, Senior Brand Manager Glow & Lovely –  Yudi Anwar,  Executive Director Hoshizora Foundation

(Bawah) Novi Poespita Chandra, Ph.D – Psikolog, CoFounder ‘Gerakan Sekolah Menyenangkan’ –  Andina Fitriyah Salsabilah,  Adik Bintang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *