News Hitz

Tebar  Jajanan Bango : Di Ajang Moto GP Mandalika

Keunikan kuliner Indonesia merupakan identitas keberagaman Budaya Bangsa yang memiliki peran  dalam membangkitkan perekonomian Tanah Air. 

Berkait, menurut data Focus Economy Outlook 2020, kuliner Indonesia berkontribusi sebesar 41% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Catatan yang lebih indah lagi, di tahun 2021, nilai total produk kuliner Indonesia tercatat telah mencapai USD 27,5 miliar per tahun. Dan kontribusinya terus meningkat, beriring membuka lapangan kerja bagi lebih dari 2,2 juta orang.

Tak bisa ditepis, ini memperlihatkan kontribusi kuliner otentik Nusantara menjadi bukti ragam kekayaan bangsa Indonesia yang patut dibanggakan dan dirayakan bersama warga Dunia, sekaligus salah satu tulang punggung perekonomian kreatif Indonesia.

Maka pesona kuliner, hingga saat, ini kuliner masih menjadi salah satu ikon wisata yang dapat menarik banyak wisatawan dalam dan luar Negeri.  Tentu catatan indah, tak sedikit ragam kuliner Nusantara telah mendunia dan digemari oleh masyarakat  mancanegara yang dinobatkan sebagai makanan terlezat di Dunia.

Jadi sudah sepantasnya kita melestarikan dan merayakan lkeragaman kuliner Indonesia, serta terus mempopulerkanbnya hingga ke panggung Dunia, tanpa batas waktu

Berpijak dari sanalah jua, Bango dari PT Unilever Indonesia Tbk.,  brand yang secara konsisten melestarikan dan memajukan kekayaan  kuliner Indonesia  konsisten menggelar ragam aktvitas.  Salah satunya melalui Festival Jajanan Bango (FJB) yang digelar sejak 2005.

Di tahun, gelar acara FJB, mengusung tema “Kelezetan Legendaris Indonesia yang Mendunia”, Bango, produksi PT Unilever Indonesia,  dipercaya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf RI) menjadi Presenting Partner Pemerintah untuk merayakan dan menghadirkan kekayaan cita rasa kuliner nusantara melalui persembahan Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 Mandalika yang akan digelar 18 – 20 Maret 2022 mendatang.

Rangakaian acara prosesi pelepasan rombongan festival Jajanan Bango 2022 Mandalika, yang langsug diberangkatkan oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

Gelar acara berlokasi di area Pantai Kuta Mandalika, puluhan legendaris dari berbagai wilayah Indonesia mau pun kuliner lokal (UMKM lokal). kuliner otentik yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia siap memanjakan selera seluruh pengunjung yang menghadiri acara bergengsi kebanggaan Negara, Moto GP Mandalika 2022.

Mengenai kolaborasi Kemenparekraf/Baparekraf RI dan Bango yang sudah terjalin  sejak 2018,  di Festival Jajanan Bango Mandalika 2022, Muhammad Neil El Himam, M.Sc, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, di acara virtual Press Conference pada hari Minggu, 13 Maret 2022, menyampaikan,“Komitmen kami sebagai Pemerintah untuk dapat bekerja sama dengan pihak stakeholder seperti Bango memberi semangat yang luar biasa untuk terus berkolaborasi.”

“Tujuan yang sama untuk memajukan kuliner Indonesia menjadi landasan awal bagi kolaborasi ini. Harapan kami, ini dapat menjadi langkah untuk memperkenalkan dan melestarikan keanekaragaman kuliner Indonesia, tidak hanya di Nasional namun Dunia,” tambah kata Muhammad Neil El Himam.

Di acara yang sama yang menghadirkan Ratna Dwikora, pendiri Mie Aceh Seulawah, Hernie Raharja, Direktur Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia, Tbk. menjelaskan, “Bango telah secara konsisten melestarikan dan memajukan kekayaan kuliner Indonesia melalui berbagai program dan aktivitas, salah satunya melalui FJB yang kami gelar sejak 2005. Bango percaya bahwa FJB dapat menjadi katalisator yang kuat untuk memperkuat komitmen bersama dalam melestarikan warisan kuliner Indonesia. Kebanggaan terhadap kekayaan ragam cita rasa kuliner Nusantara pun begitu terasa dari puluhan ribu pencinta kuliner yang selalu memadati FJB di tahun-tahun sebelumnya.”

Tentu menawan. FJB Mandalika 2022 akan memanjakan para pengunjung, baik lokal mau pun mancanegara, dengan menghadirkan 6 penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah Indonesia serta 27 UMKM kuliner lokal khas Nusa Tenggara Barat yang kelezatan hidangannya sudah sangat tersohor.

Sebagai simbolisasi kerja sama dan peluncuran FJB Mandalika 2022, hari ini Kemenparekraf RI dan Bango melakukan prosesi pelepasan motor balap yang akan membawa hidangan dari perwakilan penjaja kuliner legendaris menuju Mandalika. Di kesempatan yang sama, diberangkatkan pula 9 unit food truck yang akan turut memeriahkan gelaran Moto GP Mandalika.

Turut hadir sebagai tamu istimewa pada sesi prosesi, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyampaikan, “Kerja sama ini adalah kolaborasi yang keren banget, saya sendiri sangat familiar dengan brand Bango sebagai salah satu brand legendaris Indonesia yang merajai industri kuliner kita. Alhamdulillah, tim motor Festival Jajanan Bango Mandalika telah kita lepas. Kekayaan dan keanekaragaman kuliner kita, terutama yang nanti akan ditampilkan di Festival Jajanan Bango mudah-mudahan akan meningkatkan kepuasan penonton Moto GP Mandalika. Karena kita menjadi pusat perhatian dunia, dimana 400 juta pasang mata akan melihat Moto GP, maka acara ini akan menunjukkan kearifan lokal kita dan juga aneka bumbu yang kita miliki sebagai bagian dari program ‘Spice Up the World’. Saya berterima kasih kepada Bango dari Unilever yang telah bekerjasama dan berkolaborasi, mari kita lestarikan dan rayakan keragaman kuliner Indonesia, dan mari sukseskan Moto GP Mandalika!”

“Semoga selain membawa kelezatan legendaris kuliner Indonesia, FJB Mandalika 2022 juga kami harap mampu membantu para penjaja kuliner – khususnya kuliner lokal dari NTB – untuk semakin dikenal luas, baik di dalam negeri maupun ke kancah dunia. Dengan demikian, acara ini dapat turut mendukung sepak terjang mereka dalam memajukan ekonomi kreatif tanah air. Sampai jumpa di Mandalika!” pungkas Hernie.

Demi memastikan keamanan dan kenyamanan acara, FJB Mandalika 2022 akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol 5M secara ketat guna melindungi kesehatan dan keselamatan semua pihak. Antara lain: (1) Penggunaan QR code dan sistem cashless untuk registrasi masuk, pemesanan, hingga transaksi makanan guna menghindari antrian; (2) Penerapan sistem kuota pengunjung per jam untuk meminimalisir kerumunan; dan (3) Penyediaan area makan yang luas dengan jarak yang aman. Selain itu, seluruh pendukung acara juga akan melakukan test antigen secara berkala, dilengkapi tim medis yang akan standby sepanjang acara berlangsung. 

[]Andriza Hamzah

Photo : Unilever Indonesia/Alchemy Communication

Keterangan Photo utama  :

Kiri : Hernie Raharja, Direktur Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia, Tbk.

Tengah :  Muhammad Neil El Himam, M.Sc, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kemenparekraf RI

Kanan :   Ratna Dwikora, pendiri Mie Aceh Seulawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *