Goodlife

#GenerasiPilahPlastik : Menggapai Lingkungan Sehat

Tren kapasitas pengelolaan sampah meningkat tiap tahunnya. Pada 2020 contohnya, tingkat pengurangan sampah Indonesia naik sebesar 16,23%, dan kemampuan penanganan sampah juga naik sebesar 37,92%. Hal ini menunjukkan tingkat partisipasi publik untuk menangani masalah sampah semakin meningkat. Tentunya peluang ini harus ditindaklanjuti sebanyak mungkin pihak guna memenuhi target pengelolaan sampah oleh pemerintah sebesar 100% pada 2025.

Namun bila tidak dikelola dengan baik dan benar oleh kita — ragam lapisan  masyarakat — kapasitas sampah masih menjadi permasalahan pelik yang mengancam masa depan generasi penerus kita, termasuk di Indonesia.

Dari melihat saat, ini sebanyak 4,8 ton pertahun sampah plastik tidak dikelola dengan baik yang artinya tidak dikelola secara layak  layak di tempat pembuangan sampah resmi. Maka sampah  khususnya  sampah plastik  masih menjadi  pekerjaan rumah bersama yang harus diatasi, dan secara bersama.

Terkait hal itu, tentu juga memahami pentingnya upaya kolektif dalam menekan persoalan sampah,   Rinso, brand dari PT Unilever Indonesia, Tbk., yang memiliki purpose mengurangi konsumsi plastik terus berkomitmen kuat dalam mengajak masyarakat lebih bijak menangani masalah sampah plastik, kali ini menjalin kerja sama dengan Anteraja untuk menginspirasi masyarakat mengambil peran aktif untuk menjadi #GenerasiPilahPlastik.

Hal ini sejalan dengan salah satu pilar kebaikan dari strategi ‘The Unilever Compass’, yaitu membangun planet yang lebih lestari, sejak 2019

Kerja sama inimemfasilitasi masyarakat untuk mengirimkan sampah yang sudah mereka pilah ke Bank Sampah tanpa adanya pungutan biaya.

Erfan Hidayat, Head of Fabric Care Unilever Indonesia di acara virtual diskusi  #Generasi PilahPlatik, yang berlangsung pada Selasa, 15 Maret 2022, menerangkan, “Sebagai brand yang telah menjadi bagian dari keluarga Indonesia selama puluhan tahun, Rinso memiliki purpose atau tujuan mulia untuk membantu orang tua agar anak-anak dapat bermain di luar ruangan tanpa takut kotor. Namun permasalahan sampah, khususnya sampah plastik, kerap kali membuat alam tempat bermain anak menjadi tidak nyaman.”

Lanjutnya,”Untuk itu, sejalan dengan salah satu strategi ‘The Unilever Compass’ yaitu membangun planet yang lebih lestari, Rinso terus mengajak masyarakat menjaga alam Indonesia agar bersih dan tidak tercemari sampah sekaligus mendorong para orang tua agar mengedukasi anak sedari dini untuk berbuat kebaikan tanpa takut kotor. Kali ini, Rinso mengajak masyarakat menjadi #GenerasiPilahPlastik dengan melakukan pilah sampah dari rumah guna memberikan manfaat bagi diri sendiri, masyarakat maupun lingkungan.”

Di acarayang dipandu  Ankatama, menghadirkan pembicara : Leonardus Ramba, Head of Marketing Anteraja Cynthia S Lestari, Founder of Lyfewithless dan  Tasya Kamila, Selebritas pecinta lingkungan, Hana Nur Auliana, Head of Communication and Engagement Waste4Changeberkata, “Indonesia masih dalam tahap membangun sistem ataupun teknologi persampahan yang ideal, hingga saat ini penanganan sampah masih menggunakan cara konvensional yaitu kumpul-angkut-buang dengan kondisi sampah tercampur. Dengan tingkat kesadaran masyarakat memilah sampah yang juga masih terbilang masih rendah, dimana 81% sampah di Indonesia masih berakhir dalam keadaan belum terpilah[1], kolaborasi antar pihak dalam mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap persoalan sampah menjadi hal yang sangat perlu digalakkan.”

“Kami percaya upaya kolaborasi yang dilakukan Rinso dengan Anteraja akan bisa membantu menumbuhkan kepedulian dan kesadaran untuk memilah sampah, sekaligus meningkatkan recycling rate melalui pemanfaatan Bank Sampah.”

Terkait kolaborasi ini, Leonardus Ramba, Head of Marketing Anteraja menyampaikan, “Sebagai jasa pengiriman online dengan nilai SATRIA (Sigap, Aman, Terpercaya, Ramah, Integritas dan Amanah), Anteraja selalu berupaya memberikan kebahagiaan bagi semua orang. Kami percaya bahwa bumi yang lestari akan membawa banyak kebahagiaan, dan berupaya mewujudkan hal tersebut melalui banyak cara. Di tengah pandemi yang penuh keterbatasan, bersama Rinso kami ingin mempermudah masyarakat untuk turut berperan menjadi bagian dari #GenerasiPilahPlastik. Sayangi lingkungan, tanpa repot keluar rumah.”

Layanan jemput antar sampah kerja sama Rinso dan Anteraja dapat diakses dengan mengisi formulir di situs http://rinsogenerasipilahplastik.com/. Ada pun kemudahan yang akan didapatkan konsumen adalah: Gratis ongkos kirim; SATRIA (kurir) akan melakukan penjemputan tanpa syarat untuk Paket Recycle (plastic waste)

Paket akan dijemput dan diantar ke Bank Sampah, tanpa minimum jumlah paket

Program jemput sampah gratis yang mencakup 10 provinsi (Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara) ini akan berlangsung selama Maret hingga akhir Mei 2022.

Keterangan Photo Utama :

[]Andriza Hamzah

Photo : Unilever Indonesia/Alchemy Communication


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *