Culinary

Penganan Nikmat, Sajian 6 Pemenang Kompetisi Kuliner Nasional

Kompetisi ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah bersama Tehbotol Sosro’ yang diikuti oleh 497 peserta dari 6 kota ,  menghasilkan 600 kreasi resep asli Daerah yang mengangkat resep dan bahan baku asli lokal yang dipadukan dengan produk Tehbotol Sosro.

Berbagai kreasi resep unggulan diciptakan mengandung cita rasa asli lokal, berbahan baku asli khas daerah serta mengangkat karakter budaya kuliner khas lokal. Ragam kreasi resep dapat berupa makanan kecil/kudapan, minuman, makanan besar/lauk, hingga dessert.

Puncak acara ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli’, bertempat di Pos Bloc Jakarta, setelah melewati beberapa tahapan penjurian yang dilakukan oleh tiga Dewan Juri di antaranya Denta Anggakusuma sebagai perwakilan dari PT Sinar Sosro selaku produsen dari merek Tehbotol Sosro, Chef Dade Akbar serta Handoko Hendroyono sebagai perwakilan dari pelaku industri kreatif,  memilih  Pemenang Kompetisi Nasional  :  

1. Yogyakarta : Tongseng Kembang Gedang Kuah Tehbotol Sosro

Pemanfaatan pohon pisang selama ini hanya sebatas buah pisangnya saja. Batang pohon hingga jantung pisang hanya terbuang sia-sia. Dengan semangat #LocalsUnite yang mengeksplorasi kearifan lokal untuk kebaikan, kreator mengkolaborasikan jantung pisang dengan produk Tehbotol Sosro yang tanpa pengawet. Kombinasi santan rasa gurih dengan harumnya melati Tehbotol Sosro Original menghasilkan rasa yang selaras. Tehbotol Sosro mampu menetralkan kentalnya kuah santan tongseng dan menjadikannya semakin gurih dan sedap karena aroma teh melati yang menggugah rasa.

2.Majalengka : Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro

Majalengka adalah salah satu daerah yang memiliki beraneka komoditi khas unggulan di antaranya mangga gedong gincu, dan kebetulan terdapat juga motif batik dengan tema gedong gincu. Maka dengan bekal dasar ini kreator mencoba membuat bolu gulung batik gedong gincu dan mengkolaborasikannya dengan Tehbotol Sosro.

3.Palembang: Pindang Deleg Sosro Anti Gala

Nilai tambah Tehbotol Sosro sebagai elemen kreatif/inovasi cita rasa Pindang Deleg Palembang terletak pada rasa dan aroma kuahnya yaitu perpaduan rasa asam, manis dan pedas. Kreator menggunakan Tehbotol Sosro varian less sugar yang ternyata rasa manisnya sangat pas dan bisa memberi standarisasi rasa manis pindang delegnya. Agar rasa dan aroma Tehbotol Sosro ini tetap bertahan, digunakan teknik bumbu rempah yang direbus bersama dengan Tehbotol Sosro.

4.Pontianak: Teh Sejuk Sosro Pontianak

Resep kreasi ini terinspirasi dari keinginan untuk membawa bahan-bahan yang khas Pontianak yang dapat disajikan ke dalam sebuah minuman yang dapat dikolaborasikan dengan Tehbotol Sosro. Resep ini bermaksud untuk menjadi sebuah minuman khas yang dapat merepresentasikan Pontianak. Bahan-bahan yang cocok dipadukan dengan Tehbotol Sosro adalah bahan dasar makanan yang sudah identik dengan kota Pontianak, yaitu aloe vera dan jeruk kasturi.

5. Solo: Creamy Tehbotol Sosro (CreaTos)

Creamy Tehbotol Sosro (CreaTos) merupakan produk kreasi Pukis Badran yang masuk dalam kategori Pukis in Cup. Konsep Old and New digunakan untuk menciptakan kreasi produk CreaTos. Pukis yang selama ini sudah banyak dikenal orang dan merupakan salah satu jajan pasar favorit di Indonesia (Old), kemudian diubah penampilan dan penambahan bahan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya yaitu menjadi Pukis in Cup (New).

6.  Malang: Teatropple Tehbotol Sosro

Malang memiliki hasil panen melimpah dan memiliki kekhasan bahan tersendiri baik dari segi bentuk, rasa, dan aroma yang di antaranya yaitu Buah Apel Malang, Ubi Ungu Gunung Kawi, dan tentunya produk Tempe Malang. Berdasarkan hal inilah diciptakan resep berupa oleh-oleh yang berasa manis, legit, dan tentunya khas yang terbuat dari bahan lokal khas Malang yaitu Apel Malang, Ubi Ungu Gunung Kawi, dan Tempe Malang yang dikolaborasikan dengan Tehbotol Sosro.

Setelah acara penjurian, ChefDade Akbar, Pakar Kulinerbar Kreatif, yang juga telah menjadi Juri di beberapa kompetisi daerah mengucapkan selamat kepada para Pemenang, dan apresiasi kepada Tehbotol Sosro yang telah sukses mengadakan rangkaian program ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah Bersama Tehbotol Sosro’.

“Kami melihat semangat, kreativitas dan antusiasme para peserta yang sangat luar biasa. Dengan menggunakan bahan khas daerah masing-masing dan mengkombinasikan dengan Tehbotol Sosro, dapat menghadirkan rasa baru yang unik dan menambah nilai pada kuliner yang disajikan para peserta. Semoga para peserta tetap semangat untuk berkreasi, karena semangat ini akan menjadi modal untuk para pelaku usaha kuliner untuk berkembang ke depannya.”

Handoko Hendroyono, Founder M Bloc Group,menyampaikan apresiasi kepada Tehbotol Sosro atas komitmennya yang selalu mendukung para pelaku UMKM Indonesia melalui gerakan #LocalsUnite. “Ekonomi kreatif itu kekuatannya adalah inovasi dan disertai dengan keterbukaan untuk berkolaborasi, karena dengan kolaborasi, antar pelaku kreatif dapat berbagi ide dan sumber daya yang dimiliki, dengan tujuan memperkuat karya dan kreativitas masing-masing untuk membangun jenama lokal keren yang kuat, berkelanjutan, dan bermanfaat untuk bangsa dan Negara yang kita cintai bersama. Selamat saya ucapkan kepada para Pemenang ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli’, semoga ketika perekonomian kita semakin membaik, sektor ekonomi kreatif terutama di bidang kuliner akan kembali booming dan tumbuh makin pesat di masa yang akan datang.”

[]Andriza Hamzah

Photo : dok.  Tehbotol Sosro/PR Iris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *