News Hitz

McD Classroom, Kelas ‘Indah’ itu ……..

McD Classroom, merupakan program pemberian beasiswa pelatihan bagi Guru Sekolah Dasar (SD) kembali diiadakan McDonalds Indonesia.

Kegiatan pelatihan hasil kerja sama McDonald’s Indonesia dengan dengan PGRI dan Klassku, ini akan diselenggarakan pada 27 Juni hingga 1 Juli 2022 secara online, dengan dua tema yang dapat dipilih oleh Guru peserta, yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen Sains

Beasiswa pelatihan yang akan diberikan kepada 1.200 Guru SD dari berbagai daerah di Indonesia. Kian menarik tentu dari kegiatan indah, ini pada pelatihan juga akan dihadiri oleh Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. selaku Ketua Umum Pengurus Besar PGRI dan Prof. Richardus Eko Indrajit selaku Ketua PB PGRI dan Ketua PSLCC (PGRI Smart Learning Center and Character).

Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia dalam acara Virtual Press Conference, 24 Juni 2022, yang dipandu  Rany Soetanto,  menyampaikan, “Edukasi merupakan salah satu pilar pengembangan yang menjadi fokus McDonald’s Indonesia. Melihat rendahnya tingkat literasi anak Indonesia selama sepuluh tahun terakhir, kami memperluas kegiatan McD Classroom yang telah kami mulai sejak tahun 2020 lalu dengan memberikan pelatihan kepada para Guru agar nantinya mereka dapat memberikan cara pengajaran yang lebih menyenangkan dan mudah diterima oleh para muridnya. Sehingga diharapkan akan berdampak pada peningkatan literasi anak, terutama literasi sains. Selain itu, tentu saja, ini merupakan apresiasi McDonald’s kepada Guru.”

Pada acara yang diawali dengan aroma lantunan vokal beriring musik dari Alif Maulana  & The NPCs, menghadirkan  Pembicara 

Prof. Richardus Eko Indrajit,  Ketua PB PGRI dan Ketua PSLCC dan Tony SiahaanChief Operating Officer Klassku, Sutji Lantyka melanjutkan, bahwa apa yang gagas McDonald’s Indonesia, terlebih semenjak pandemi kian meningkat. Hal itu  dari melihat peran Guru yang begitu ‘indah’ dalam mengajar anak secara online, sering mengalami gangguan signal. “Maka untuk mengajar secara optimal, kami terus membantu mengatasi kendala Guru dalam mengajar, agar berjalan baik.”

Beasiswa pelatihan ini dilakukan McDonald’s Indonesia bekerjasama dengan PGRI sebagai organisasi kredibel yang menaungi para Tenaga Didik dan juga Klassku, penyedia aplikasi bimbingan belajar berbasis online sebagai pihak yang menyediakan aplikasi dan modul pembelajaran, serta menyediakan pemateri yang kredibel.

Prof. Richardus Eko Indrajit selaku Ketua PB PGRI dan Ketua PSLCC menjelaskan mengenai pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari, “Individu dengan kemampuan literasi rendah, tidak hanya berdampak pada kemampuan membaca, tetapi juga bagaimana Ia dapat memahami lingkungan mau pun berinteraksi dengan orang sekitar. Selain itu, rendahnya tingkat literasi akan berdampak pada sulitnya menerima informasi hingga gagalnya optimalisasi potensi diri.”

“Untuk itu, pentingnya mengajarkan literasi anak sejak dini dapat dimulai melalui lingkungan terdekat seperti pada orang tua dan Guru. Sehingga kami mendukung penuh inisiasi kegiatan McD Classroom dalam memberikan beasiswa pelatihan para Guru seperti ini. Dan harapan kami, semoga program, ini berkelanjutan.”

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 Negara, atau merupakan 10 Negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Hal tersebut menginspirasi McDonald’s untuk memberikan kontribusi nyata dalam membantu meningkatkan literasi anak Indonesia.

Tony Siahaan selaku Chief Operating Officer Klassku mengatakan, “Selain berada di urutan 10 Negara terbawah, mata pelajaran matematika dan sains seringkali menjadi tantangan bagi sebagian besar murid karena dianggap sulit. Untuk itu, kami memfokuskan pengajaran pada literasi sains melalui Pelatihan Dasar Pedagogik yang bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan Guru dalam menyampaikan materi pelajaran, khususnya di bidang sains kepada murid-murid SD, serta Pelatihan Dasar Asesmen Sains untuk melatih Guru agar dapat membuat materi asesmen dasar dalam kurikulum baru, serta dapat membuat eksperimen sains sederhana bersama murid SD.”

Beasiswa Pelatihan McD Classroom akan dilakukan secara online atau jarak jauh menggunakan zoom setiap hari mulai tanggal pada 27 Juni hingga 1 Juli 2022. Pelatihan dengan format workshop ini akan diajarkan oleh pemateri ahli yaitu Ir. Ferry F. Karwur, Ph.D., Dr Dharmaputra Palekahelu S.Pd, M.Pd dan M. Sisyelin Bawekes, S.Si untuk kelas Pedagogik Sains serta Drs. Janto Sulung Budi S.Si. untuk kelas Asesmen Sains. 

Setiap Guru peserta yang telah menyelesaikan rangkaian kelas pelatihan serta memenuhi syarat yang telah ditentukan akan mendapatkan sertifikat 64JP yang diterbitkan oleh PGRI dan dapat digunakan untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat guru.

“Kami percaya anak adalah aset bangsa di masa depan. Untuk itu, perlu mengembangkan kemampuan anak terutama mengembangkan kemampuan literasinya sejak dini agar anak bukan hanya menjadi cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki pola pikir yang kritis serta logis sehingga dapat membantunya beradaptasi, menggali potensi, serta menghasilkan generasi emas. Selain itu, misi memperbaiki tingkat literasi anak Indonesia juga harus dilakukan secara kolektif dan terus menerus,” ujar Sutji Lantyka di penghujung acara.

[]Andriza Hamzah

Photo : Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *