News Hitz

Inspirasi Literasi McD, Hangatkan Anak Membaca Buku

Sebagai brand restoran yang dekat dan peduli terhadap anak, McDonalds  berkomitmen untuk mendukung perkembangan literasi anak Indonesia. 

Ini tak lepas dari, McDonald’s Indonesia percaya bahwa anak adalah aset Bangsa di masa depan. Maka betapa pentingnya mengembangkan kemampuan anak terutama mengembangkan kemampuan literasinya sejak dini agar anak bukan hanya menjadi cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki pola pikir yang kritis serta logis sehingga dapat membantunya beradaptasi, menggali potensi, serta menghasilkan generasi emas.

Dari melihat dan  berdasarkan riset survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, tingkat literasi Indonesia berada pada peringkat yang rendah. Kondisi ini cukup memprihatinkan karena literasi merupakan dasar untuk membentuk generasi masa depan yang unggul. Untuk itu, diperlukan konsistensi serta keterlibatan dari banyak pihak untuk meningkatkan literasi anak Indonesia. 

Berpijak dari sanalah jua, dan bertepatan dengan momen Hari Anak Indonesia yang jatuh pada 23 Juli 2022, McDonald’s meluncurkan kampanye nan indah  “Inspirasi Literasi McD” dengan menghadirkan berbagai inisiatif seperti penggalangan donasi buku bacaan anak, renovasi Taman Baca Masyarakat (TBM) dan pelatihan kegiatan membaca nyaring atau read aloud. 

Demikian disampaikan Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia pada acara peluncuran kampanye “Inspirasi Literasi McD”, bertempat di Taman Kajaoe, Jakarta Selatan Jumat, 22 Juli 2022.

Kampanye Inspirasi Literasi McD,  menghadirkan berbagai inisiatif seperti penggalangan donasi buku bacaan anak, renovasi Taman Baca Masyarakat (TBM) dan pelatihan kegiatan membaca nyaring atau read aloud. 

“Kami sadar untuk dapat meningkatkan literasi anak Indonesia tidak dapat dilakukan sendiri dan dalam waktu yang singkat. Sehingga, McDonald’s Indonesia mengadakan berbagai program berkelanjutan dengan melibatkan berbagai pihak yang kredibel di bidangnya,  termasuk Guru dan orang tua demi mencapai tujuan tersebut,” ujar Sutji Lantyka.

Jika pada bulan Juni lalu McDonald’s Indonesia bekerjasama dengan Klassku (platform digital berbasis edukasi) dan Persatuan Guru Indonesia (PGRI) memberikan beasiswa pelatihan literasi sains yang diikuti lebih dari 1.000 Guru di 28 Provinsi di Indonesia, kali Ini McDonald’s Indonesia bekerjasama dengan Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM) untuk mengadakan kegiatan literasi yang ditujukan bagi anak dan orang tua.

Salah satu faktor yang disebut menjadi penyebab rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia, kiranya juga  kurangnya bahan bacaan dan praktik. Hal ini diperkuat oleh pernyataan dari Heri Djuhaeri selaku Ketua Bidang Infokom dan Litbang Forum TBM (Forum TBM).

“Ragam buku bacaan anak yang kurang variatif merupakan salah satu faktor penyebab jumlah kehadiran anak semakin berkurang di Taman Baca. Selain itu, fasilitas yang kurang memadai seperti kondisi bangunan yang rusak, minimnya ventilasi udara, hingga kurangnya alat peraga, juga merupakan faktor pendukung yang krusial untuk membangun ketertarikan anak dalam membaca buku di Taman Baca,” jelas Heri Djuhaeri

Menjawab kendala yang diuraikan, itu McDonald’s, bersama dengan Forum TBM sebagai rekanan yang memiliki visi dan misi sama dalam meningkatkan literasi anak Bangsa, mengadakan kegiatan donasi buku anak, dan sudah berjalan sejak Mei 2022. Pada program tersebut, konsumen dapat menyumbangkan buku bacaan anak yang masih layak baca di  kotak donasi buku yang tersedia di 180 gerai McDonald’s seluruh Indonesia. 

Tentu menawan. Tercatat sebanyak 3.132 buku telah terkumpul dari konsumen hingga saat, ini  dan mulai didistribusikan secara bertahap di sejumlah TBM di Indonesia. Program donasi buku ini masih akan terus berlangsung hingga akhir tahun ini. Selain itu, dari segi prasarana McDonald’s Indonesia berinisiatif untuk melakukan perbaikan pada Taman Baca dengan kondisi yang cukup memprihatinkan, dimulai dari TBM Tebet, Manggarai pada bulan Agustus 2022 mendatang.

Demikian ujar Sutji Lantyka lebih lanjut di acara  dengan MC Rany Soetanto, dan menghadirkan Tasya Kamila – Aktris, Penyanyi dan aspirational mom serta .    Paman Gerry,  Professional Storyteller

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. McD Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *