News Hitz

Pesona Kebaya Pada Era Modern

Melepas bulan Oktober 2022,  acara menawan penuh pesona, bertajuk  Ngopi Bareng Alumni Seri V “Kebaya Goes to UNESCO”,  kembali hadir dan memukau.

Acara yang berlangsung di Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan pada pk 16.00 – 19.30 WIB,   diselenggarakan oleh Alumni Untuk Indonesia
(AUI), bertebar penampilan pelaku seni hiburan. Diawali  nyanyi bersama lagu “Indonesia Raya”,  berlanjut  Fashion Show Kebaya.

“Acara Ngopi Bareng” seperti yang disampaikan oleh Ibu Metty Arch. Dipl. Ing Ketua Umum Aljedri — Penyelenggara Acara — diselenggarakan untuk tujuan lebih memasyarakatkan Kebaya, karya seni anak Negeri Indonesia. Terkait hal itu juga, acara ini dilaksanakan di setiap bulan. Tentu agar kian melekat dalam kehidupan masyarakat yang dapat ditanamkan sejak usia kanak.

Demikian juga yang dikatakan oleh Penyanyi Dimi Sulisto,  adalah Ibu dari dua anak. “Kebaya adalah Budaya Indonesia. Saya diperkenalkan oleh orangtua dari saya usia kanak, dan hingga kini melekat. Dari sana, saya pun memperkenalkan Kebaya pada kedua putri saya. Keduanya  menyambut dengan rasa senang dan di waktu atau acara tertentu, mereka berkebaya. Terlebih di era modern,  ini tentunya Kebaya sudah banyak dimodifikasi”.

Lanjut Dimi Sulisto,”Maka saya sangat senang dan antusias ketika diajak terlibat di acara menawan ini.”Merupakan pengalaman yang seru dan  menyenangkan bisa bergabung di acara ini.  Terlebih bisa berduet dengan Kak Dimi, itu suatu kehormatan. Selain itu, secara tidak langsung saya juga bisa menambah pengetahuan lagu pop Indonesia tahun 60an. Ternyata sangat asyik dinyanyikan dan  juga didengarkan,” kata Nabilla Jasmin.

Mengenai Kebaya, Nabilla Jasmin mengatakan  adalah Budaya Indonesia. Di era modern ini, tentunya Kebaya sudah banyak dimodifikasi cara pakainya. “Untuk saya sendiri contohnya. Dengan hijab yang saya gunakan, itu tidak menghentikan saya untuk berkebaya. Justru memunculkan kreativitas bagaimana saya tetap rapi berkebaya tapi tetap sopan berhijab. Jadi, ini pertanda baik karena anak muda Indonesia mulai menjadikan Kebaya sebagai outfit yang keren ! Justru semakin menjelaskan identitas Bangsa Indonesia. Bahkan saya yakin, mata Dunia pun akan ikut terpana dengan keindahan Kebaya dan juga Batik.”

 Mewarnai  acara hingga begitu indah dan menawan sehingga mata sulit berkedip sejenak, diisi tampilan   Angklung  Gumati NusantaraPaduan Suara  Gita Selaras Indonesia, Jayabaya Bernyanyi, LD Puspita Menari, Anak Medan Solid Bernyanyi dan Jaman Perempuan Indonesia.

Puncak acara semakin membahana dengan tampilan DAYA Indonesia Perfoming Arts Academy pimpinan Prof. Tjut Nyak Deviana Daudsjah, feat.    duo pelantun Dimi Sulisto bergandeng Nabilla Jasmin, Dina Mega Wardani (Pretty Sisters) dan Yuyun George

[]Andriza Hamzah

Photo : Pelangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *