Goodlife

4 Tamu Kehormatan Kunjungi FJB 2022: Menyampaikan Pesan Indah

Keindahan tersendiri tentunya.  Festival Jajanan Bango (FJB) 2022, berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta, di hari terakhir, penghujung bulan Oktober 2022, mendapat kunjungan dari sejumlah tamu kehormatan :  Sandiaga Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Retno Marsudi – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, dan Budi Karya Sumadi – Menteri Perhubungan Republik Indonesia.  Juga turut hadir  Triawan Munaf – Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI (Bekraf RI). 

Kunjungan sederatan Pejabat Negara, tak lepas dari ingin mendorong semangat masyarakat untuk Kenali, Banggakan, dan Lestarikan Kuliner Indonesia.

Secara kolektif, mereka menyatakan apresiasi dan kebanggaan terhadap penyelenggaraan FJB di setiap tahunnya, dan menyampaikan harapan mereka terhadap kontribusi festival kuliner akbar, ini terhadap kemajuan industri kuliner Tanah Air.

Dalam acara yang yang dipenuhi penikmat jajanan Bango, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi, menyampaikan pandangannya, “Saya kira FJB adalah sangat bagus, bagaimana kita bisa men-showcase berbagai macam makanan Indonesia, dan ini perlu dipersering. Dengan brgitu, masyarakat  akan terbiasa bila sering menemukan; menemukan makanan-makanan Indonesia yang enak, mudah didapat, dan sebagainya.”

“Jadi saya cukup optimis bahwa kalau kita semua merawat makanan Indonesia dan pada akhirnya menyukainya, maka akan mudah bagi kita untuk mempromosikan juga makanan itu keluar negeri. Mari kita bersama sangga dan promosikan makanan Indonesia agar lebih mendunia,” Retno Marsudi menambahkan.

Sementara, Budi Karya Sumadi menyampaikan, “Apa yang Bango lakukan melalui festivalfdsaZ, ini satu sisi secara makro merupakan upaya korporasi yang memang memberikan suatu kebanggaan bagi Bangsa. Namun perlu diingat, pelaku UMKM yang terlibat ini harus terus dilindung. Bahkan saya mengusulkan kecap Bango bikin cluster seperti, ini juga di Singapura, Malaysia, Belanda dan Saudi karena saat kita ada di luar Negeri, pasti kita merasa kangen dengan makanan Indonesia. Bango dengan korporasinya bisa mengangkat, ini dan menjadikannya satu kekuatan.”

Tak ketinggalan Triawan Munaf memberikan apresiasi, “Saya ucapkan terima kasih kepada Unilever dan kecap Bango yang secara konsisten, kecuali pandemi kemarin, untuk terus mengadakan Festival Jajanan Bango yang sudah ditunggu banyak orang tiap tahunnya. Karena di situlah semua jagoan-jagoan kuliner dari seluruh Indonesia dikumpulkan dengan citarasa orisinilnya. Bersama Festival Jajanan Bango, #KenaliRasanyaIndonesia.”

Sandiaga Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, yang turut hadir untuk memberikan semangat kepada para legenda kuliner FJB 2022 yang tidak kenal lelah memuaskan selera puluhan ribu pecinta kuliner sejak Jumat (28/10) lalu ikut menyampaikan, “Di momentum kebangkitan setelah pandemi, Kemenparekraf akan terus mengawal agar kegiatan-kegiatan seperti FJB ini bisa terus berkelanjutan. 

Tambahnya,”Apalagi, Festival Jajanan Bango adalah festival kuliner terbesar di Indonesia dengan target 100.000 pengunjung. Pesan saya, FJB harus 3G: Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama) dan Gaspol (garap semua potensi untuk buka lapangan usaha dan lapangan kerja). Sukses terus untuk Bango dan FJB!”

Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, dan produk Makanan dan Minuman yang produknya digunakan oleh 2,5 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 Negara. 

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. Unilever/PR  Alchemy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *