News Hitz

Hisyam Ma’rifi. Peraih Juara GCC Batch 3 Jawa Timur

Ajang lomba GCC Batch 3 Jawa Timur telah usai dan memunculkan beberapa nama sebagai Juara. Termasuk salah satunya adalah Hisyam Marifi.

Seorang Guru Bahasa Indonesia di SMAIT Al Uswah Tuban, ini berhasil menyabet gelar Juara pasca video pendeknya mendapatkan penilaian yang memuaskan dari dewan Juri. Meski pengumuman resmi belum dirilis oleh pihak penyelenggara, namun kabar tentang namanya sudah santer terdengar, sampai akhirnya Hisyam, demikian ia biasa disapa,  benar-benar menyabet Juara ke-3.

Hadiah yang langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Lomba pembuatan video pendek itu sendiri diikuti 941 peserta dari seluruh Sekolah tingkat menengah atas di Jawa Timur.l, yang dibuka 2 Agustus 2022, sedangkan pemberian Juara pada Jumat (18/11/2022) di Novotel Samator, Surabaya.

Guru Sekaligus Sutradara

Dunia Pendidikan memang mempunyai cakupan yang sangat luas, dan Guru dituntut memiliki skil dan kreativitas yang tinggi untuk mengembangkan kemampuannya. Begitu yang diterapkan dan dipraktikan oleh Hisyam, Guru  berusia 31 Tahun itu.

Berangkat dari ketertarikannya pada film, Hisyam  belajar tentang ilmu penyutradaraan dan pembuatan naskah saat duduk di bangku kuliah. Hal itu dibuktikan dengan beberapa film pendek yang ia buat mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat, terutama film terakhirnya yang berjudul “sandal”. Film yang membawa namanya kian melejit di Jawa Timur terutama di lingkungan Pendidikan. 

Kepiawaian dalam pembuatan film juga pernah ia tunjukkan saat momen Covid 19 mewabah di Indonesia. Kala itu ia terlibat dalam pembuatan skrip, penataan kamera, dan proses editing film. Hal tersebut juga berhasil membawa film tersebut dinyatakan sebagai Pemenang dalam ajang lomba yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. 

Selain disibukkan dengan kegiatan belajar mengajar, Hisyam  ternyata juga dipercaya menjadi Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Media di SMAIT Al Uswah Tuban. Tugas yang diamanahkan kepadanya adalah sebagai perantara atau penghubung sekolah kepada masyarakat luas. Sudah pasti jejaring yang dimiliki haruslah kuat dan luas, guna mengoptimalkan fungsinya sebagai Humas. 

Bukan itu saja, kegiatan yang berhubungan dengan alam memang menarik dan cukup memliki banyak peminat, termasuk Hisyam. Ia mengaku bahwa dirinya mulai menyukai kegiatan alam sejak tergabung di Pecinta Alam “Arimpala” dan pada tahun 2011 ia juga sempat aktif dalam event Lindri Landrock di Tulungagung.

Tidak sampai di situ. Kegiatan pendakian di beberapa gunung di Jawa Timur, seperti Semeru, Panderman dan beberapa gunung lainnya juga tak jarang ia lakukan saat Ia mendapati waktu luang. Hisyam  juga sempat menyampaikan rencana untuk mendaki gunung Merbabu dalam waktu dekat. 

Pribadi Rendah Hati

Hal yang khas dari pribadi yang multi talenta tak membawanya untuk pongah. Pembawaan yang kalem dan pengamatan yang jeli dalam menanggapi berbagai hal ia tunjukkan dalam kesehariannya. Terbukti dari wawancara yang dilakukan oleh Penulis kepada beberapa rekan Hisyam, banyak yang menyampaikan tentang sifat kritis yang dimilikinya. Pertanyaan demi pertanyaan tak jarang ia lontarkan untuk menggali kejelasan dari sebuah ide atau trobosan-trobosan baru yang menurutnya belum matang dalam perencanaan dan ia memberikan beberapa saran dan masukan untuk memperkecil celah dari ide-ide tersebut. 

[]SHT

Photo : Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *