Health

Kanker Kolorektal, Menempati Urutan Ke-4 Tertinggi Di Indonesia

Catatan yang tentu sangat layak menjadi perhatian dan kewaspadaan diri, mengenai kanker.

Hampir 12% kejadian baru kanker pada pria  dan hampir 6% kejadian baru kanker pada wanita di Indonesia, menurut GLOBOCAN 2020 adalah kanker kolorektal, yang juga dikenal dengan kanker usus besar.

Kejadian kanker kolorektal menempati urutan keempat tertinggi  di Tanah Air dengan lebih dari 34 ribu kejadian baru sepanjang tahun 2020.  Dan menurut pemantauan, epidemiologi dan hasil akhir (SEER) dari pertama kali kanker kolorektal didiagnosis, rata-rata kesintasan 5 tahun kanker usus  besar adalah sebesar 63%, sedangkan rata-rata kesintasan 5 tahun kanker rektum adalah sebesar 67%.

Dalam kegiatan sosialisasi Yayasan Kanker Indonesia tentang penyakit kanker kolorektal yang didukung oleh PT Merck Tbk, Corporate Secretary PT Merck Tbk, Melisa Sandrianti, di acara webinar  edukasi dengan topik “Waspada Kanker Usus Besar : Pahami Resikonya dengan #Periksa”, mengatakan, “Merck berkomitmen untuk dapat berkontribusi dalam memberikan edukasi berkesinambungan kepada masyarakat tentang segala hal yang berhubungan dengan kesehatan, termasuk kanker kolorektal.”

Lanjutnya,”Tentu, kami bangga dan senang dapat bermitra dengan Yayasan Kanker Indonesia dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker kolorektal, karena kami melihat betapa pentingnya deteksi dini sebagai upaya pencegahan. Hal ini sejalan dengan tujuan bisnis kami yaitu as one for patients – untuk membantu memperoleh keturunan, meningkatkan kualitas hidup serta memperpanjang hidup pasien.”

Pada acara dengan Moderator Pratiwi Astar (Humas YKI),  kian  menawan dengan apa yang dijelaskan oleh Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FINASIM, FACP, mengenai kanker kolorektal. “Kejadian kanker kolorektal terus meningkat dan kebanyakan pasien datang ke Dokter saat kondisi sudah pada stadium tinggi, sehingga merupakan hal penting bagi masyarakat untuk lebih memahami tentang faktor risiko dan gejala kanker kolorektal dan melakukan deteksi dini agar dapat terhindar dan atau sembuh dari kanker kolorektal.”

Untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap faktor-faktor risiko kanker kolorektal, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bekerjasama dengan PT Merck Tbk (Merck Indonesia) memperkenalkan kampanye #PERIKSA yaitu “Peduli Risiko Kanker Kolorektal Sejak Awal”. Kampanye, ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli dalam mengenali tanda atau gejala awal yang berkaitan dengan resiko kanker kolorektal dengan melakukan deteksi dini secara daring.

Masyarakat dapat mengisi “Kuesioner Risiko Kanker Usus Besar” melalui situs bit.ly/yukperiksa untuk mengetahui apakah gaya hidup yang dijalankan merupakan faktor resiko kanker usus besar.

[]Andriza HamzahSalsa

Photo : Dok. YKI/Emerson Asia Pacific

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *