News Hitz

10.112 Penerima/Pensiunan PT Pelindo, Disalurkan Pos Indonesia

PT Pelindo (Persero), Pos Indonesia Imbau Penerima Cairkan Dana Sebelum Idulfitri

Keindahan tiada terkira selama bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri, adalah berbagi rejeki – berapa dan dalam  bentuk apa  pun — pada yang membutuhkan.

Adalah, PT Pos Indonesia (Persero) kembali dipercaya menyalurkan bantuan dari Pemerintah. Kali, ini Pos Indonesia menyalurkan dana berlabel Bantuan Uang Sembako Pensiunan Pekerja PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo

Ketua Satgas Bansos PT Pos Indonesia (Persero), Hendra Sari menjelaskan bahwa pihaknya mendapatkan alokasi 10.112 penerima/pensiunan Pelindo. Masing-masing pensiunan akan menerima dana senilai Rp3.850.000.

“Saat, ini PT Pos diberikan amanah menyalurkan Bantuan Uang Sembako Pensiunan Pelindo. Uang bantuan ini diberikan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Total dana bantuan senilai Rp38,9 miliar,” kata Hendra Sari.

Pos Indonesia telah memulai penyaluran Bantuan Uang Sembako Pensiunan Pelindo pada Selasa, 18 April 2023. Diharapkan dalam penyaluran dapat dilakukan maksimal hingga Kamis, 20 April 2023.

“Sebenarnya, tenggat waktu 30 hari kalender sejak dana ditransfer kepada Pos Indonesia. Target pada Kamis, 20 April, pensiunan bisa dibayarkan secara maksimal. Harapannya uang bisa segera diambil oleh penerima sebelum Idulfitri,” lanjut kata  Hendra Sari.

Dengan Cara Sederhana

Pos Indonesia dikenal cepat dan tepat jumlah dalam setiap penyaluran bantuan. Pada penyaluran Bantuan Uang Sembako Pensiunan Pelindo ini pun realisasi telah mencapai 55 persen, hanya dalam waktu dua hari.

“Posisi hari ini (Rabu, 19 April) dana yang telah disalurkan sudah 55 persen atau sekitar 5.600-an penerima,” kata Hendra Sari.

Dalam menyalurkan Bantuan Uang Sembako Pensiunan Pelindo, Pos Indonesia menerapkan dua pola penyaluran, yaitu diambil di Kantorpos dan diantarkan langsung ke rumah penerima.

Hendra Sari melengkapi keterangannya,“Proses pembayarannya sederhana. Pertama, penerima para pensiunan cukup datang ke Kantorpos terdekat membawa identitas berupa Kartu Peserta Pensiunan dan KTP asli. Selanjutnya,  penerima akan difoto sebagai bukti dana telah disalurkan. Ketika nanti menerima dana mohon dihitung, pastikan dana yang diterima utuh. Tidak ada potongan atau biaya apa pun. Harapannya setelah pembayaran tidak ada komplain, uangnya dihitung di depan petugas Pos.”

Untuk memudahkan para pensiunan menyalurkan dana, lanjut Hendra Sari, Pos Indonesia telah memetakan lokasi pembayaran yang terdekat dengan alamat pensiunan. 

“Jadi semisal pensiunan sudah pindah dari alamat yang terdaftar, ia tetap bisa mencairkan dana di Kantorpos terdekat dengan posisinya saat ini. Misalnya, penerima terdaftar di Bekasi namun sudah pindah ke Bandung,  ia tetap bisa mencairkan dana bantuan di Kantorpos di Bandung dengan menunjukkan dokumen identitas diri,” ujar Hendra Sari.

Pola penyaluran yang kedua yakni diantarkan langsung ke rumah penerima bagi yang berusia lanjut (lansia), disabiliitas, mau pun sedang sakit. “Untuk itu, pihak keluarga bisa menghubungi Kantorpos terdekat untuk kemudian dananya diantarkan ke rumah, dan penerima  difoto oleh petugas sebagai bukti pembayaran,” katanya.

Lanjutnya,“Kepada penerima atau pensiunan PT Pelindo segera mencairkan dana Bantuan Uang Sembako Pensiunan Pelindo di Kantorpos sebelum Lebaran.”

Setelah penyaluran Bantuan Uang Sembako Pensiunan Pelindo tersebut, Hendra Sari berharap Pos Indonesia akan terus dipercaya oleh kementerian/lembaga pemerintah untuk menyalurkan beragam dana bantuan lainnya. 

“PT Pos Indonesia terbukti mampu menyalurkan bantuan dengan akuntabilitas yang kuat, dengan cepat. Ini pembuktian bahwa PT Pos bisa menyalurkan dengan cepat dan tepat,” tutup Hendra Sari.

[]Titis Mawar Rani

Photo : Dol. EPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *