News Hitz

IDF : Pagelaran Tari Kelas Dunia

IDF  yang  didirikan tahun 1992 oleh para dosen Fakultas Seni Pertunjukan : Sal Murgiyanto, Nungki Kusumastuti, Maria Darmaningsih, Melina Surjadewi, Dedy Luthan, Tom Ibnur,  didukung oleh Farida Oetojo, Sardono W. Kusumo, berawal  dari melihat sepinya kegiatan seni tari bertaraf Internasional.

Hingga kini, dan dalam penyelenggaran festival ke-14 di tahun 2018,  sekaligus menandai tahun ke-26 keberadaan IDF, digelar dengan tema “Demo/cratic Body: How Soon Is Now?”.  Melibatkan delapan negara dalam rangkaian acara Pre IDF, Main IDF dan Post IDF : Indonesia, Meksiko, Prancis, India, Jerman, Australia, Korea Selatan, dan Singapura.

(ki-ka)
Melina Surjadewi – Maria Darmaningsih – Jean-Charles Berthonnet, Duta Besar Perancis – Nungki Kusumastuti

Maka rangkaian acara Indonesian Dance Festival (IDF) 2018, sebuah pergelaran tari kelas dunia yang diadakan dari tanggal 6 – 10 November 2018, begitu memukau. Telah disaksikan dan dinikmati pecinta seni tari di Indonesia, khususnya Jakarta.

Malam Penutupan Indonesian Dance Festival, bertempat di  Serambi Teater Salihara, Jakarta, pada tanggal 11 November 2018, dimulai dengan penyematan penghargaan Chevalier dans l’Ordre des Arts et des Lettres (Knight of Order of Arts and Letters) dari Kementerian Kebudayaan Perancis yang akan diberikan oleh Yang Mulia Bapak Duta Besar Jean-Charles Berthonnet kepada Ibu Maria Darmaningsih, salah satu Direktur dan Pendiri IDF.

Maria Darmaningsih, Direktur Keuangan IDF dan Jean-Charles Berthonnet, Duta Besar Perancis

Acara dilanjutkan dengan pertunjukan “Wonder Women” oleh Melanie Lane (Australia) di Black Box Salihara.

Di acara berpesona, ini IDF mengajak publik Jakarta dan Indonesia untuk merayakan kreativitas yang berasal dari latar belakang budaya yang beragam dengan segala perbedaan identitasnya. Dengan demikian bisa diharapkan terjadi dialog guna maembangun toleransi dan apresiasi terhadap keberagaman.

Dyah

Foto : IDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *