Goodlife

Orang Tua Bermain Bersama Anak, Seberapa Pentingnya?

Ada makna bernilai baik dan bermanfaat bagi orang tua dari diselenggarkannya kompetisi aplikasi berbasis online Cussons Kids Play (CK Play).

Kompetisi yang dihadirkan Cussons Kids, sudah  berlangsung sejak aplikasi diluncurkan pada Desember 2020 lalu dan dibagi menjadi beberapa periode permainan di sepanjang tahun, ini merupakan aplikasi yang ditujukan untuk anak-anak usia 4 hingga 8 tahun.

Menawan dari CK Play,  dirancang secara menyeluruh untuk merangsang imajinasi anak-anak serta memberdayakan interaksi dan memperkuat ikatan antara orang tua dan anak. Kiranya tak lepas dari,  Cussons Kids menyadari dan memahami bahwa bermain adalah salah satu cara terbaik bagi anak-anak untuk belajar. Beragam kegiatan bermain sudah terbukti dapat membangun ketahanan, mengurangi stres dan kecemasan serta memperkuat ikatan dan hubungan keluarga.

Lebih dari itu pesona yang dihadirkan Cussons Kids  di acara yang dilangsungkan di penghujung tahun 2021. Selepas pengumuman Pemenang kompetisi Cussons Kids Play (CK Play) Chapter 2 periode bermain Agustus 2021  – Oktober 2021, untuk permainan masing-masing sub-game dari CK Play yaitu “Amazing Race Through Time WIth Hot Wheels” dan “Rainbow Castle Adventure”, dimeriahkan dengan acara main bareng game Cussons Kids Play.  

Berlanjut, bincang-bincang singkat dengan Psikolog Roslina Verauli, M.Psi.,Psi.dan content creator Sahil Mulachela  yang tentunya dapat menambah ilmu dan juga pengetahuan mengenai peran orang tua untuk hadir ketika bermain bersama dengan anak.

Kenali Minat dan Bakat Anak

Psikolog Roslina Verauli, M.Psi.,Psi. bercerita “Permainan seperti Cussons Kids Play pada dasarnya dapat menjadi media bagi orang tua untuk dapat memasuki Dunia anak dalam cara yang dipahami dan disukai anak. Meluangkan waktu untuk bermain bersama anak juga dapat membentuk bonding dan hubungan yang lebih erat antara orang tua dan anak. Anak juga akan merasa berharga, dicintai dan diperhatikan oleh orang tua. Lebih menarik, melalui kegiatan bermain bersama, orang tua memiliki pemahaman yang lebih baik tentang anak, terutama terkait profil strengths dan weaknesses anak. Bahkan menjadi momen bagi orang tua untuk mulai mengenali minat dan bakat anak.”

Dunia kanak-kanak memang sepatutnya diwarnai dengan beragam permainan yang dapat mengasah imajinasi, kreativitas dan seluruh aspek tumbuh kembangnya. Namun idealnya tetap dengan pantauan orang tua. Hal ini dikarenakan anak terkadang belum mengerti apakah setiap permainan yang dimainkan baik dan tidak membahayakan serta bisa dimainkan oleh anak seusianya. Dengan melibatkan diri dalam permainan anak juga ternyata banyak manfaat yang akan didapatkan bagi orang tua.

“Disadari atau tidak, ketika orang tua bermain bersama anak, akan meningkatkan hormon oksitosin atau hormon bahagia pada orangtua. Ya, bukan hanya si kecil, orang tua pun bisa mendapatkan manfaat yang sangat baik dari kegiatan bermain bersama. Tentu saja, ini sangat menyenangkan,”  jelas RoslinaVerauli .

Selain itu, kemampuan untuk bermain atau mengerjakan sesuatu dalam sebuah kelompok atau tim juga akan memudahkan anak di kemudian hari. Saat anak beranjak dewasa, kemampuannya bekerja secara tim sangat dibutuhkan, dan hal ini dapat dilatih sejak dini dengan melakukan permainan bersama dengan orang tua mau pun anggota keluarga lain.

Melalui aktivitas bermain bersama, bisa melatih kemampuan kerja tim si Kecil. Selain itu, anak juga akan belajar mengatur emosinya untuk tidak egois dan bertindak sesuka hati. secara tidak langsung anak juga belajar tentang bersosialisasi.

Pada kesempatan, ini Sahil Mulachela, content creator, beserta anaknya Muhammad Mulachela, berbagi cerita, “Bermain bersama Muhammad adalah cara saya untuk berinteraksi pada tahap yang lebih emosional dan membangun koneksi bersamanya. Muhammad jadi tidak pernah sungkan bercerita dan berbagi kisah dengan saya. Terbukti hari, ini ketika bermain kami banyak berinteraksi dimulai tentang perasaan, pikiran dan juga interaksi seru di antara kita berdua. Bagi saya, momen seperti ini sangat membekas dan harapannya begitu pun dengan dia”.

Di penghujung acara, Seila Pramadania Sativa, Brand Manager Cussons Kids Indonesia menyampaikan,“CK Play dirancang khusus untuk mengembangkan imajinasi si Kecil namun juga untuk meningkatkan bonding antara anak dengan orang tua yang dikemas dengan cara fun dan penuh petualangan. Kedepannya Cussons Kids akan terus berinovasi dan berusaha menjadi yang terdepan dalam meluncurkan kegiatan-kegiatan seru dan menyenangkan bagi keluarga Indonesia. Kami berharap hadirnya Cussons Kids Play menjadi sebuah opsi kegiatan menarik yang dapat digunakan oleh orang tua dan anak-anak di Indonesia untuk bermain bersama dan berbagi kebahagiaan bersama keluarga.”

[]Anggita DP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *