Music

Pesona Komunitas Performing Art Jakarta,Berdekap DAYA Indonesia Performing Art Academy

Kembali, DAYA Indonesia Performing Art Academy, Pimpinan Prof. Dr. Tjut Nyak Deviana Daudsyah, M, Th., A. Mus. D.,   hadirkan acara spesial yang tentu  menawan, dan dipastikan menggelitik  indra pendengaran. 

Bagaimana tidak ? Melalui acara  bertajuk “Musical Sing A Long”,  jam session yang diselenggarakan oleh mahasiswa DAYA,  berlangsung di Jazz Club the Stash, Kemang Selatan, Jakarta, pada 24 Juli 2023,  ini dibuat  untuk maksud mempertemukan komunitas Performing Art di Jakarta dengan komunitas  musisi DAYA. Dari sana diharapkan masing-masing bisa saling bertukar ilmu dan bekerja sama dalam pertunjukan seni di masa depan.

Pimpinan Prof. Dr. Tjut Nyak Deviana Daudsyah, M, Th., A. Mus. D.

“Kami ingin memberikan suguhan karya musik Broadway yang dimainkan dalam suasana relax, friendly dan dapat dinyanyikan bersama dengan para penonton, sehingga berjudul singalong. Dan sejumlah lagu yang kami  bawakan, merupakan pilihan  Ibu Prof. Deviana,  mencakup lagu-lagu dari musical era 70an seperti  Chorus Line, hingga  musical kekinian seperti  Six,” ujar  Alvina Hendradi, murid Music Therapy di DAYA, juga koordinator  grup musik  untuk tampil bergandeng komunitas musisi DAYA.

Alvina menambahkan, grup musik yang dikoordinir, adalah hasil merekrut dan  dari rekomendasi sejumlah kenalan yang berada di Dunia musik. Saya  menanyakan siapa yang ingin ikut acara nyanyi bersama dengan song list di bawah ini. Dan yang berkenan bergabung, adalah  grup musical seperti JPAC, Censtacom, Jaksical, dan paduan suara Gereja juha Perguruan Tinggi. Dari sana,  saya lantas membuat whatsapp group, mereka pun  berdatangan dan berkumpul untuk latihan nyanyi. Dari sana grup musik terbentuk, tetapi tanpa nama.” 

“Sesuai  tujuan dari acara ini, untuk berbagi kegembiraan bernyanyi bersama dengan sesama penggemar musical di Jakarta, saling berkenalan dan memperkaya ilmu. Dari kegiatan ini, harapan ke depannya akan ada lagi kesempatan dan wadah di mana para komunitas  musical bisa saling mengekspresikan diri di acara yang tidak formal seperti ini,” kata Alvina.

Apa yang disampaikan Alvina, yaitu mengajak komunitas musik usia muda  untuk tampil bersama, bersambut gempita. Mewakili komunitas musik, Maria, vocal teacher,   menyampaikan,”Kami senang dan mau  banget tampil bersama teman-teman komunitas musik  DAYA. Melalui acara ini, yang tentu menyenangkan, teman bermusik bertambah, dan  terlibat obrolan seru.   Dari sana yang sangat kami rasakan,   pengetahuan musik  bertambah. Untuk itu  juga kami menyampaikan terima kasih  kepada Mba Alvina yang telah mengajak kami bersama bermusik. Semoga ke depan  berkesempatan bersama lagi.”  

Kesempatan menyenangkan, tampil bersama komunitas musik, juga dirasakan oleh Nabilla Jasmine, Pelantun dan Dosen di DAYA. Katanya,”Kesempatan menyenangkan dan ini menjadi pengobat rindu karena DAYA memang sering membawakan lagu-lagu Musical. Sejak dulu sudah terbilang banyak vokalis   yang bersekolah di DAYA, dan dari sana  sempat diadakan Vocal Showcase. Jadi ke depannya, harapan saya,  masih bisa lebih banyak kegiatan menyenangkan seperti ini.”

[]Andriza Hamzah

Photo : DAYA Pelangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *