Goodlife

Penganan Bergizi dan Sehat, “Isi Piringku” Bertabur Royco Nutrimenu

Indonesia emas 2045 tidak dapat terwujud tanpa manusia yang sehat dan cerdas. Karenanya, begitu pentingnya  menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Guna mencapainyam salah satunya melalui konsumsi makanan bergizi.

Terlebih, di Indonesia, 4 dari 10 anak usia 6-23 bulan tidak mendapat MPASI sesuai standar gizi dan berpengaruh pada meningkatnya risiko stunting pada anak di bawah 2 tahun. Oleh karena itu, edukasi dan pendampingan praktek konsumsi bergizi harus diperkuat untuk mewujudkan  anak Indonesia yang sehat dan bebas stunting

Demikian disampaikan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI pada peringatan Hari Gizi Nasional 2024. tepatnya di acara edukasi ‘Isi Piringku’ untuk berbagai tahapan usia melalui perluasan kolaborasi Program Royco Nutrimenu. yang diselenggarakan  Royco  berkolaborasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (NU Care-LAZISNU) sebagai bagian dari Gerakan Keluarga Maslahat Nahdhatul Ulama (GKMNU).

Seperti diketahui, stunting adalah kondisi yang disebabkan kekurangan gizi kronis, ditandai dengan tinggi badan yang berada di bawah standar usia dan berpotensi menimbulkan gangguan metabolik saat anak dewasa. Berbagai upaya telah dilakukan banyak pihak hingga berhasil menurunkan prevalensi stunting menjadi 21,6% pada 2023 namun kolaborasi  masih dibutuhkan untuk mencapai target pengurangan stunting menjadi 14% pada 2024.

Pada acara, di bertempat di Hutan Kota by Plataran Jakarta, minggu pertama bulan Februari 2024, dengan MC Nia Elvira,  menghadirkan Dr.  Faharuddin, SST., M.Si, Direktur Analis Dampak Kependudukan BKKBN RI, Habib Ali Hasan Al Bahar, Ketua Pengurus Pusat NU Care-LAZISNU dan Citra Kirana Pemeran dan Model, Amaryllis Esti Wijono, Direktur Nutrition Unilever Indonesia menyampaikan,  sebagai brand bumbu masak andalan Ibu untuk aneka sajian lezat bernutrisi bagi keluarga, Royco terus berkomitmen mendukung Pemerintah mengatasi permasalahan malnutrisi, terutama stunting.  

Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG.(K) selalu Kepala BKKBN yang diwakili oleh Dr. dr. Wahidin, M.Kes selaku Kepala Biro Perencanaan mengatakan, “Pada perayaan Hari Gizi Nasional, izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada PT Unilever – Royco yang telah mendukung upaya pemerintah dalam mengedukasi masyarakat dan meningkatkan jangkauan dalam perbaikan gizi anak melalui DASHAT di Kampung Keluarga Berkualitas. Kegiatan DAHSAT diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengedukasi orangtua tentang menu gizi seimbang, yang bertujuan agar calon Ibu, Ibu hamil dan menyusui dan anak-anak baduta mendapat asupan gizi yang seimbang.”

“Saya berharap kolaborasi BKKBN dengan PT. Unilever – Royco dapat terus berlanjut ke depannya dan bersama-sama mengedukasi masyarakat Indonesia dalam mengentaskan stunting di Indonesia,” lanjut kata Dr. dr. Wahidin, M.Kes.

Untuk memperluas manfaat, di 2024 program “Royco Nutrimenu” terus mengembangkan jaringan kolaborasinya dengan menyasar wanita di berbagai tahapan usia, seperti pada remaja putri sebagai bekal pengetahuan untuk mencegah potensi gizi buruk pada keluarga mereka di masa depan.

Oleh karenanya, Royco berkolaborasi dengan NU Care-LAZISNU sebagai bagian dari GKMNU – khususnya pada pilar NUCare Sehat – yang berfokus pada tindakan preventif seputar kesehatan, termasuk lewat edukasi nutrisi dengan tambahan modul yang telah dikembangkan oleh GKMNU. Kerja sama ini menargetkan berbagai lapisan masyarakat sampai ke tingkat akar rumput, antara lain para Santriwati di Pesantren NU dan Ibu Majlis Taklim hingga menjangkau 50.000 Santriwati dan 50.000 Ibu.

Habib Ali Hasan Al Bahar, Ketua Pengurus Pusat NU Care-LAZISNU menjelaskan, “Kami dari LAZISNU sebagai bagian dari GKMNU sangat bangga bisa hadir di dalam kegiatan Royco Nutrimenu, dan kami sebagai bagian dari pengurus besar Nahdatul Ulama memberikan apresiasi. LAZISNU memiliki salah satu pilar terkait kesehatan, maka  ketika berbicara kesehatan, tidak mungkin kita melupakan masalah yang sangat penting, yaitu stunting.”

Tambahnya,”Maka kerjasama kami dan Unilever akan mendukung pilar-pilar program untuk merealisasikan Keluarga Maslahat; keluarga yang kuat lahir dan batin serta jasmani dan rohani. Ketika kami bisa bekerja sama dan berkolaborasi, Insya Allah kami akan siap menghadirkan puluhan ribu Ibu-Ibu dan puluhan ribu Santriwati untuk mendapatkan edukasi agar memahami pentingnya gizi yang baik untuk pencegahan stunting, untuk Indonesia kuat, Indonesia sehat.”

Hadirkan Makanan Enak dan Bergigi

Tentu menawan apa yang disampaikan oleh Citra Kirana yang akrab disapa Ciki, Selebritas yang sangat peduli dengan kesehatan keluarganya. “Sebagai Ibu, saya  terus mengedukasi diri untuk dapat menyajikan hidangan lezat dan bergizi seimbang yang tidak hanya mendukung tumbuh kembang anak, tetapi menyehatkan seluruh anggota keluarga saya. Tidak pernah ada kata cukup untuk belajar, jadi saya  mengapresiasi upaya edukasi yang dilakukan Royco beserta seluruh mitranya di program ‘Royco Nutrimenu’, dan percaya bahwa hal ini terus dibutuhkan oleh semua Ibu atau pun calon Ibu.”

“Saya sendiri, konsumsi makanan dengan gizi seimbang sejak usia remaja, dan ini tidak lepas  hasil yang ditanamkan oleh orangtua mengenai konsumsi makanan bergizi. Berlanjut menginjak gerbang perkawinan, saya terapkan di rumah karena rentu ini penting sekali.  Dan di rumah, saya selalu membuat makanan yang tidak hanya  enak, yang tentu dibalur bumbu  Royco, dan  bergizi. Penganan yang sering saya hadirkan di rumah adalah hati ayam, merupakan kesukaan Athar.”

Ciki juga berbagi tips untuk para Ibu, “Menyusun menu di rumah tidak perlu dianggap ribet. Dengan bahan-bahan yang sama, kita bisa berkreasi mengolah aneka hidangan sesuai usia anggota keluarga. Apalagi ada Royco yang membantu saya memilih bumbu masakan dengan mudah. Buat suami, saya  cukup menambahkan Royco Merah yang bisa membuat rasa masakan menjadi MANTAP; sedangkan untuk putra kami,  Athar, ada Royco Spesial Hijau tanpa micin yang saya andalkan di masa MPASI.”

Di penghujung acara Amaryllis Esti Wijono mengatakan,“Semoga program ‘Royco Nutrimenu’ akan mampu menginspirasi lebih banyak ibu maupun calon ibu untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang lebih sehat penuh maslahat berkat asupan nutrisi seimbang. Bersama-sama, kita sambut Generasi Emas 2045 bebas stunting.”

[]Andriza Hamzah & Anissa Syaini

Photo : Dok. Unilever Indonesia/Alchemy Creative Communications

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *