News Hitz

Pesawat Kertas Indonesia Tembus Dunia

Memasuki penyelenggaraan ke-5, kompetisi pesawat kertas menyasar pada peserta tingkat mahasiswa/i, kembali dilangsungkan, tepatnya pada bulan Mei 2019, bertempat di Hangar 7, Salzburg – Austria.

Kompetisi karya pesawat kertas ini untuk menguji ketrampilan kreatif dalam melipat selembar kertas A4 menyerupai pesawat, lantas menerbangkannya melalui tangan peserta.

Tentu, permainan melipat pesawat kertas yang sudah lekat sebagai permainan usia kanak, maka ketika diangkat ke ajang kompetisi tingkat dunia tentu memilikki daya pukau tersendiri. Bahkan menggelegar.

Tak pelak juga, ajang kompetisi pesawat kertas bergengsi 2019, yang yang pendaftarannya terbuka bagi mahasiswa/i, mendapat respon luar biasa. Tercatat diikuti 384 Universitas dari 64 Negera, termasuk Indonesia, dan siap meluncurkan ‘pilot’ pesawat kertas terbaiknya untuk bersaing menuju babak final Nasional Negara masing-masing, untuk masuk ‘Red Bull Paper Wings World Final’.
Dari sana, Juara Dunia hanya beberapa senti lagi akan dalam gengaman.

Di Indonesia, peserta setelah melakukan pendaftaran melalui Aplikasi, tercatat 20 ‘pilot’ terbaik yang terpilih memasukki babak final yang diadakan pada 5 April 2019, bertempat di Universitas Tarumanagara, Jakarta. Untuk selanjut akan meramaikan pertandingan untuk meraih Juara Nasional.

Adapun hasilnya, tiga peserta sebagai pemenang kompetisi pilot kertas tingkat Nasional, adalah Satrio Abimanyu (Politeknik Negeri Jakarta) sebagai Pemenang di kategori Jarak Terpanjang (Longerst Distance) — 44.10 meter –, Yushron Azhary (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) sebagai Pemenang untuk kategori Waktu Terpanjang (Longerst Airtime) — durasi 9.28 detik — dan Ananda Rizkytama (Universitas Indonesia) sebagai Pemenang kategori Aerobatics dengan 101 Votes.

Sebagai catatan, khusus kategori aerobatik, semua proses seleksi telah dilakukan via Instagram. Pendaftar diminta untuk membuat video pendek yang tidak lebih dari 60 detik, lalu mengunggah video tersebut di Instagram dengan tag @redbull dan hashtag #redbullpaperwings, serta memasukan lokasi peserta melalui fitur lokasi.

Ditambahkan, khusus kategori aerobatik, semua proses seleksi telah dilakukan via Instagram. Pendaftar diminta untuk membuat video pendek yang tidak lebih dari 60 detik, lalu mengunggah video tersebut di Instagram dengan tag @redbull dan hashtag #redbullpaperwings, serta memasukan lokasi peserta melalui fitur lokasi.
Ke-3 Pemenang akan mewakili Indonesia di ajang ‘Red Bull Paper Wings World Final’ pada bulan Mei 2019 mendatang di Hangar 7, Salzburg-Austria.
Adalah pertama kalinya keikutsertaan Indonesia di kompetisi Dunia ini, Irgi Naufal selaku Project Coordinator Red Bull Paper Wings 2019, menuturkan, pihak penyelenggara selalu memberikan beberapa dukungan kepada para pilot. Termasuk selalu mengingatkan peserta untuk mencari banyak referensi yang sudah pernah dilakukan Negara lain.

“Apalagi kita punya aplikasi yang cukup baik,” ujar Irgi Naufal.

[]GabrielReno/Andriza Hzmzah
Photo : EPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *