Business

Utomodeck : Perkenalkan Konsep Integrated Safety Design

Pada tahun 2018 lalu, angka kecelakaan kerja meningkat sebanyak  40% dan salah satu kecelakaan yang mendominasi adalah jatuh dari ketinggian. Hal ini terjadi  — baik — pada tahap konstruksi dan juga tahap perawatan suatu bangunan.

Indonesia telah menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan no 9 Tahun 2016 tentang keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Peraturan ini dalam rangka mendorong peningkatan partisipasi pelaku usaha agar lebih memperhatikan aspek K3 bekerja di ketinggian sekaligus melakukan tindakan pencegahan maupun perbaikan.

Memang, penerapan peraturan ini membutuhkan investasi yang tidak sedikit, maka hal ini telah menjadi tantangan bagi para pelaku industri.

Demikian di sampaikan oleh Anthony Utomo, Managing Director PT Utomodeck Metal Works, di acara workshop Desain for Safety in Industrial & Architectural Building”, bertempat di Ritz Carlton – Mega Kuningan – Jakarta, pada 24  Oktober 2019.

Tambahnya,”Dengan adanya resiko kejatuhan dari atas, maka perusahaan harus memberi pelindungan. Jadi pengamanan utama itu diperlukan.”

Berangkat dari sanalah, Utomodeck, penyedia solusi atap Nasional, dikenal sebagai pemenang Guinnes World Record sebagai produsen atap terpanjang  di Dunia,  gencar melakukan sosialisasi dalam rangka menekan angka kecelakaan kerja khususnya akibat kejatuhan dari ketinggian.

Produsen atap dengan business unit nya  antara lain atap dan dinding metal, structural solutions, PLTS (Pembangkit Tenaga Listrik Surya), saat ini juga mengembangkan  sarana sistem pendukung khusus untuk mendukung  tren penggunaan atap dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Dan sesuai  dengan Peraturan Menteri ESDM no 49 Tahun 2018.

Dikatakan Anthony Utomo lebih lanjut, bahwa  bangunan yang memiliki arsitektural unik seperti bandara, bangunan komersial, pabrik, kantor yang pada awalnya terlihat indah, namun seiring berjalannya waktu malah terlihat kotor karena sulit dan tidak memiliki akses melakukan perawatan.

Maka sebagai solusi, Utomodeck menawarkan solusi pengaman kejatuhan permanen di atas bangunan dengan nama “Fall Protection System.”

Bersama mitra prinsipalnya MSA Latchways, Utomodeck melaksanakan capacity  building  dengan menghadirkan ahli pengaman kejatuhan kelas  Dunia,  Andrew Pass, Fall Protection and Safety Expert dari UK.

Dengan kegiatan, ini Utomodeck menunjukkan komitmennya sebagai penyedia sistem atap terintegrasi terdepan di Indonesia, yang mampu dan turut aktif dalam pembangunan Nasional dengan stadar Dunia.

 

[]Andriza Hamzah

Photo : Aha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *