Snapshot

“Ratu Ilmu Hitam”, Disentuh ‘Antis‘

20 November 2019, @XXI Plaza Indonesia – Jakarta

Terbilang banyak hal yang membuat film Nasional “Ratu Ilmu Hitam”,  produksi Rapi Film, karya sutradara Kimo Stamboel, yang merupakan produksi ulang dari film bertajuk sama yang rilis 1981 silam, ini  memukau dan penuh pesona.

Mulai dari pembuatan film, yang mengiring sukses film “Perempuan Tanah Jahanam”, kembali Joko Anwar sebagai penulis scenario. Dilengkapi taburan Bintang pemeran film : tercatat nama : Aryo Bayu, Hannah Al Rasyid,  Imelda Therine,  Miller Khan,  Salvita Decorte,   Ade Firman Hakim, Putri Ayudya, serta beberapa lainnya, yang lekat  penghayatan peran  luar biasa.

Tatanan artistik, ditunjang iringan suara yang seringkali mencekam, sesuai genre film, horor, rasa membuat sulit beranjak  sejenak sekalipun dan untuk alasan apa pun.

Satu hal yang tak disangka dalam film ini ditemukan hal unik, yaitu penggunaan Antis, Hand Sanitizer (pembersih tangan anti kuman tanpa air) di dalam salah satu scene film “Ratu Ilmu Hitam”.

Adalah  tokoh  Eva di film “Ratu Ilmu Hitam”, yang diperankan  Imelda Therinn,  menggunakan Antis. Unruk perannya, ini Sutradara  film “Ratu Ilmu Hitam”, Kimo Stamboel, saat  acara nonton bareng Antis x Ratu Ilmu Hitam, mengatakan bahwa  ide untuk tokoh Eva menggunakan Antis,  muncul dari naskah yang dibuat oleh Joko Anwar.

Katanya,“Tokoh Eva  memiliki sedikit masalah dengan kotoran tetapi makin parah dikarenakan muncul bercak-bercak di kulitnya. Ide pemakaian Antis ini dari saya pribadi. Saya  ingin,  pembersih tangan yang digunakan yang semprot, dan  sepengetahuan saya, yang ada hanyalah Antis.”

Imelda Therinn sendiri,mengungkap dirinya  termasuk orang yang lumayan memerhatikan kebersihan. “Begitu pun,  tapi tidak  se-extreme karakter saya  di film sebagai Eva,” katanya sembari melepas senyum.

“Menurut saya, karena tangan memegang makanan,  dan juga memegang wajah, maka kalau  kita mengabaikan kebersihannya,  tentu  dampaknya bisa muncul  infeksi dan  jerawat. Jadi kebersihan tangan itu sangatlah   penting, Apalagi saya  aktivitasnya banyak outdoor, yang  sudah tentu harus cuci tangan  ketika dirasa sudah kotor. Tinggal lagi, ketika saya tidak menemui  wastafel dalam perjalanan, misalnya, maka  cara  paling praktis yang saya lakukan adalah menggunakan  hand sanitizer. Tangan tidak hanya bersih, juga bebas kuman, dan hmmmmm harum,” kata  Imelda.

Demikian juga yang disampaikan oleh AKtris pemeran “Ratu Ilmu Hitam”, Hannah Al Rasyid.

 

Jadi adanya  Antis, —  merupakan salah satu produk yang diproduksi oleh PT Herlina Indah, perusahan di bawah Enesis Group — hingga mencuat di film “Ratu Ilmu Hitam”,   disampaikan oleh Ryan Tirta Yudhistira, Chief Marketing & Sales Officer Enesis Group, di acara nonton acara nonton bareng Antis x Ratu Ilmu Hitam yang berlangsung di XXI Plaza Indonesia, Rabu, 20 November 2019.

Katanya,”Surprise yang saya rasakan saat nonton film “Ratu Ilmu Hitam”,  adanya scene salah satu pemain yaitu Eva memakai Antis spray karena parno takut ada bakteri pemakan daging. Tentu, saya  senang banget karena ternyata kesadaraan dalam penggunaan hand sanitizer untuk hidup bersih dan sehat sudah melekat pada  orang-orang Indonesia,. Dan melalui film ini para penonton juga sebenarnya secara tidak langsung diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan. Jadi  saya sangat mengapresiasi film “Ratu Ilmu Hitam” ini.”

[]Andriza Hamzah

Photo : Edi Triyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *