Lifestyle

Yoga, Alternatif Yang Memukau

Jika Anda  memiliki komitmen dan resolusi agar lebih sehat, Yoga bisa menjadi pilihan, dan segeralah mencobanya. Yoga, oleh tidak sedikit orang  seringkali dipinggirkan sebagai bentuk olahraga karena tidak terlihat se-intens olahraga lain seperti lari pagi, bersepeda, jogging atau olahraga gym.

Tak kurang manfaat yang diberikan  oleh yoga. Olahraga satu, ini bahkan akan mengejutkan Anda  dengan berbagai manfaat kesehatan yang diberikan, dan yang  tidak Anda ketahui sebelumnya.

Manfaat yoga diketahui telah terbukti  secara ilmiah untuk kesehatan tubuh kita. Penyakit-penyakit  berat diyakini  dapat dikontrol jika kita melakukan yoga dengan  teratur.

Melakukan latihan  yoga, dianjurkan saat perut kita sedang kosong, dan disarankan waktu terbaiknya   adalah saat fajar atau bisa juga kita mempraktekkannya larut malam. Pada tempat  yang bersih serta sirkulasi udara yang baik. Selain itu, lingkungan juga harus bebas  dari segala gangguan, tidak berisik. Dan, tubuh dibalut pakaian yang dirasa nyaman. Satu lagi dalam melakukan yoga, tak perlu menggunakan alas kaki.

Adalah satu hal yang penting yaitu  menjadikan latihan yoga sebagai suatu kebiasaan kita.

Yoga Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Dengan melakukan latihan yang bisa dibilang memiliki nilai seni, ini kita bisa mengambil manfaat untuk tubuh kita.

Gerakan-gerakan tubuh melalui yoga, dapat membantu   meregangkan dan meningkatkan fleksibilitas  tubuh,  kelenturan tubuh pun  meningkat. Dengan  peningkatan fleksibilitas serta kekuatan dari tubuh  maka akan  mencegah sakit punggung.

Tak hanya itu, yoga juga ternyata bisa menjadi salah satu bagian dari usaha penurunan berat badan.

Demikian diurai oleh  seorang ahli, Beth A. Lewis, Associate Proffesor dari Universitas of Minnesota School of Kinesiology Minneapolis.

“Penurunan berat badan, biasanya akan terjadi bila asupan  kalori  seseorang lebih sedikit  daripada  kalori yang dikeluarkan,” tambahnya.

Selanjutnya Beth A. Lewis mengatakan, latihan yoga hanya  akan membakar lebih sedikit kalori katimbang olahraga lain, di antaranya jogging, dan jalan cepat. Namun, yoga  dapat meningkatkan kesadaran seseorang terutama dalam memilih dan mengonsumsi  makanan sehat. “Yoga  membuat seseorang dapat menghindari makanan yang membuat mereka merasa lamban dan lesu. Sebaliknya mereka  mencari makanan yang sehat, yang kemudian dapat berkontribusi pada penurunan berat badan.”

“Selain itu, banyak individu  lebih banyak makan ketika alami stres, dan yoga dapat membantu memerangi stres,” kata Beth A. Lewis.

Bentuk latihan, ini memang  menekankan tingkat konsentrasi yang tinggi. Dengan konsentrasi yang tinggi, tentunya memiliki pengaruh  positif terhadap ketenangan  pikiran. Teknik mediasi  merupakan kunci dari penenangan pikiran yang tentunya dapt mencegahnya terjadinya stres.

Pakaian Penunjang Gerakan

Yoga tergolong olahraga yang simpel. Selain tidak banyak menggunakan gerakan, yoga juga  tidak memerlukan banyak alat, cukup matras yang nyaman dan sesuai.

Begitu pun, penggunaan pakaian olahraga  dalam melakukan yoga juga perlu diperhatikan.

Priscilla Aliwarga, salah seorang pelatih yoga di Jakarta, juga seorang pengusaha sebuah brand pakaian olahraga  khusus untuk yoga, mengtakan,”Pakaian yang dipakai untuk melakukan yoga  harus yang menyerap keringat dan elastis dipakai.  Pakaian yang  nyaman dalam melakukan yoga, itu perlu diperhatikan.”

Maka pilihlah bahan  pakaian yang ringan dan nyaman sehingga melekat pada tubuh dengan pas, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

[]Chiky

ME 164

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *