Fashion & Grooming

Pesona Sentuhan Romantis IKYK, Mendunia..

Awal minggu bulan Maret 2022, Dunia fashion Indonesia menggores sebuah pesona.  Adalah, IKYK (I know You Know), sebuah merek asal Indonesia yang dikepalai oleh Anandia Putri Harahap menampilkan fashion show perdananya di Paris, salah satu pusat fesyen Dunia. Koleksi yang disuguhkan bertajuk Plethora of Sense. Acara akan berlangsung di The Westin Paris – Vendôme sebuah hotel klasik yang legendaris bertempat di jantung kota Paris.

Pagelaran ini terbilang istimewa, meski pun bukan kali pertama bagi IKYK untuk unjuk diri di luar Indonesia, namun kesempatan, ini akan dipergunakan untuk memperkenalkan lebih dalam konsep modest wear  dihadapan pasar Internasional. 

Anandia Putri Harahap, Creative Director dari IKYK menjelaskan, “Ini merupakan momen spesial dan juga sebuah pencapaian besar dalam sejarah berjalannya IKYK. Nuansa dari koleks Plethora of Sense, ini memancarkan kesan yang kuat dan berani dengan sentuhan romantis, siluet feminim yang lembut dan modern namun juga diimbangi dengan sisi maskulin yang berani.”

“Teknik yang kami aplikasikan juga sedikit banyak berbeda dengan koleksi-koleksi kami sebelumnya. Selain signature pleats yang memang menjadi salah satu daya tarik utama IKYK, untuk koleksi Plethora of Sense, ini kami juga menggunakan teknik yang lebih kompleks seperti teknik quilting di bahan renda, desain print yang menghiasi signature pleats mixing dan juga bahan rajutan yang di print  dan diaplikasikan pada puffer jacket. Keseluruhannya dapat dikenakan di Negara 4 musim dengan beberapa pilihan yang juga cocok di Negara 2 musim seperti Indonesia,” lanjut kata Anandia Putri. 

Sebelumnya IKYK telah menghadirkan teknik quilt pada koleksi Fall/Winter 2016, dan untuk pesona koleksi, ini tak pelak beroleh  tanggapan pasar dalam dan luar Negeri sungguh baik.

“Melalui koleksi, ini merupakan respon dan rasa terima kasih kami kepada penggemar setia kami yang merindukan koleksi IKYK Fall/Winter karena sempat ditiadakan akibat kondisi pandemi yang masih berlangsung,” ujar Anandia Putri.

Koleksi IKYK terdiri dari 16 looks, 10 di antaranya ditampilkan di  Paris. Keseluruhan koleksi memamerkan campuran dari berbagai jenis kain pilihan dan detail unik yang dikemas dalam nuansa warna berani yang dipadupadankan dengan warna-warna pastel dan netral. Ada pun variasi warna yang ditampilkan dikoleksi, ini mencakup warna-warna netral seperti hitam krem, coklat dan warna gading yang dipasangkan dengan warna-warna modern seperti ungu, kuning muda, sage green dan juga lilac.

Kepiawaian tim desain IKYK dalam membuat potongan rumit terlihat praktis menjadi kunci utama koleksi ini. IKYK memang cenderung menghindari dekorasi-dekorasi yang berlebihan kecuali pada pilihan print guna memberikan kesan modern dan lebih mengutamakan teknik dan penggunaan material yang tepat serta siluet everyday wear yang ringan. Material yang dipilih pun tidak terkesan berat, meski beberapa unsur seperti renda, rajutan dan juga kulit pada beberapa aksesoris seperti sepatu banyak dieksplorasi.Singkatnya ini merupakan sebuah koleksi yang mudah dipakai dalam keseharian.

IKYK yang diluncurkan pada tahun 2011, IKYK (I Know You Know) merupakan merek pakaian siap pakai dari Indonesia yang mengusung konsep modest wear. mengadaptasi gaya sederhana dan modern yang cocok bagi berbagai  berbagai lapisan masyarakat

“Dari awal dibentuk, IKYK merupakan merk modest wear meski pun tidak menutup kemungkinan bagi siapa pun untuk mengenakan desain kami. Kami tidak melihat ini sebagai sebuah limitasi melainkan sebuah momentum untuk memperkenalkan identitas kami dan juga mempertegas kebebasan berekspresi bagi siapa pun. Melalui kesempatan ini kami ingin mempertunjukkan pada Dunia bahwa inspirasi gaya dan kebebasan ekspresi merupakan hal yang dapat berjalan bersamaan. Harapannya, kami bisa memberikan inspirasi dan warna segar dalam berpakaian bagi siapapun tanpa melihat latar belakang mereka,” Ananda Putrimelanjutkan keterangannya.

Selanjutnya IKYK juga akan menghadirkan showroom di Paris pada tanggal 7-16 Maret 2022 bertempat di Gallery Joseph.Keseluruhan rangkaian fashion show dan showroom disponsori oleh SCARLETT dan juga GEKRAFS (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional). Ada pun event organizer yang terlibat adalah Fashion Division Paris yang cukup ternama.

Koleksi Plethora of Sense yang ditampilkan di Paris,  akan hadir di Indonesia pada bulan Oktober 2022 melalui Happy Go Lucky (@hglhouse) yang terdapat di Jakarta, Bandung, Makassar dan Jogja. Koleksi ini juga hadir menjadi bagian dari HGL Collab Collection dengan prints yang dibuat oleh Adityo (Bepe Atelier).

Ada pun aksesoris yang akan melengkapi koleksi yang dihadirkan berupa sepatu yang didesain khusus oleh Hijack sandals(@Hijacksandals) untuk IKYK dan juga Tegep bootsyang khusus mendesain sepatu bot untuk IKYK. Pada koleksi ini IKYK juga menggandeng Lafiye (@Lafiye( dalam pembuatan penutup kepala berbahan rajutan atau Balaclava.

[]Andriza Hamzah

Photo I: st

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *