News Hitz

6 Penjaja Kuliner Legendaris Indonesia : Siap Memanjakan Selera

Hingga saat, ini kuliner masih menjadi salah satu ikon wisata yang dapat menarik banyak wisatawan dalam dan luar Negeri.  Tidak sedikit ragam kuliner Nusantara yang telah mendunia dan digemari oleh masyarakat  mancanegara yang dinobatkan sebagai makanan terlezat di Dunia.

Maka sudah sepantasnya kita melestarikan dan merayakan keragaman kuliner Indonesia, serta terus mempopulerkannya hingga ke panggung Dunia, tanpa batas waktu. Terlebih, keunikan kuliner Indonesia merupakan identitas keberagaman Budaya Bangsa yang memiliki peran  dalam membangkitkan perekonomian Tanah Air. 

Untuk menghadirkan kekayaan cita rasa kuliner Nusantara,  tahun, ini Bango produksi PT Unilever Indonesia, Tbk. resmi menjadi Presenting Partner dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, melalui persembahan Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 Mandalika yang akan digelar 18 – 20 Maret 2022 mendatang.

Gelar acara berlokasi di area Pantai Kuta Mandalika,   hadir puluhan kuliner otentik yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia yang siap memanjakan selera seluruh pengunjung yang menghadiri acara bergengsi kebanggaan negara, Moto GP Mandalika 2022.

Muhammad Neil El Himam, M.Sc, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menerangkan, “Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa saat, ini Indonesia berada dalam fase penting pemulihan ekonomi dan menjadi momentum bagi Indonesia untuk bangkit. Sebagai bentuk upaya pemulihan ekonomi masyarakat tersebut, Kemenparekraf/Baparekraf RI selalu melihat potensi subsektor ekraf yang dapat mendukung hal tersebut. Kuliner Indonesia adalah salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang berperan besar pada kebangkitan perekonomian.”

Hernie Raharja, Direktur Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia, Tbk.

Hernie Raharja, Direktur Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia, Tbk. menjelaskan, “Melalui festival kuliner yang menghadirkan puluhan penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah Nusantara ini, Bango percaya bahwa FJB dapat menjadi katalisator yang kuat untuk memperkuat komitmen bersama dalam melestarikan warisan kuliner Indonesia.”

FJB Mandalika 2022 akan memanjakan para pengunjung, baik lokal mau pun mancanegara, dengan menghadirkan 6 penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah Indonesia serta 27 UMKM kuliner lokal khas Nusa Tenggara Barat yang kelezatan hidangannya sudah sangat tersohor.

Sebagai simbolisasi kerja sama dan peluncuran FJB Mandalika 2022, hari ini Kemenparekraf RI dan Bango melakukan prosesi pelepasan motor balap yang akan membawa hidangan dari perwakilan penjaja kuliner legendaris menuju Mandalika. Di kesempatan yang sama, diberangkatkan pula 9 unit food truck yang akan turut memeriahkan gelaran Moto GP Mandalika.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang turut hadir sebagai tamu istimewa pada sesi prosesi, menyampaikan, “Alhamdulillah, tim motor Festival Jajanan Bango Mandalika telah kita lepas. Saya berterima kasih kepada Bango dari Unilever yang telah bekerjasama dan berkolaborasi, mari kita lestarikan dan rayakan keragaman kuliner Indonesia, dan mari sukseskan Moto GP Mandalika!”.

Ratna Dwikora, pendiri Mie Aceh Seulawah

Salah satu penjaja kuliner legendaris yang akan hadir di FJB Mandalika 2022 adalah Ratna Dwikora, pendiri Mie Aceh Seulawah. “Sejak 1996, kunci kelezatan hidangan kami terletak pada penggunaan mie bertekstur tebal yang diolah sendiri, dan 24 jenis rempah yang didatangkan langsung dari Aceh. Setelah menjadi anggota keluarga besar FJB sejak 2006 silam, kami bangga dapat menjadi bagian dari FJB Mandalika 2022 yang bersejarah ini. Untuk itu, kami akan senantiasa menjaga kualitas hidangan sepanjang acara agar dapat menyajikan hanya yang terbaik bagi para pecinta kuliner,” ujar Ratna Dwikora.

Antusiasme yang sama datang dari H. Sofian Maulani, pemilik Rumah Makan Taliwang Irama generasi ketiga yang sudah sangat terkenal di antara para pecinta kuliner lokal mau pun wisatawan manca Negara. “Berawal dari kios sederhana, usaha rumah makan ini terus kami kembangkan sejak 1973 hingga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner terfavorit di Lombok. Sebagai warga lokal yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Moto GP Mandalika 2002, kami sangat senang bisa ikut menjamu para pengunjung dengan keotentikan hidangan kami di FJB Mandalika 2022. Semoga acara ini bisa semakin mengharumkan aneka kuliner kebanggaan khas kota Lombok dan membantu membangkitkan perekonomian lokal Lombok.”

“Semoga selain membawa kelezatan legendaris kuliner Indonesia, FJB Mandalika 2022 juga kami harap mampu membantu para penjaja kuliner – khususnya kuliner lokal dari NTB – untuk semakin dikenal luas, baik di dalam negeri mau pun ke kancah dunia. Dengan demikian, acara ini dapat turut mendukung sepak terjang mereka dalam memajukan ekonomi kreatif Tanah Air. Sampai jumpa di Mandalika!” ujar Hernie Raharja.

[]Andriza Hamzah

Photo : Unilever Indonesia/Alchemy Communication

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *