Culinary

Melalui Gerakan #LocalsUnite : Tehbotol Sosro Angkat Kreativitas Makanan Minuman Lokal

Kata  terindah melekat pada penganan atau masakan Indonesia yang dihadirkan dari masing-masing daerah di Tanah Air. Citarasa yang membuat lidah menari, membuat penikmat penganan  daerah  menjadi kesulitan berpaling. Begitu bercitarasa. Terlebih banyak ragam dan ragam citarasa. Bahkan menembus Dunia.

Begitu pun, berjalannya waktu  marakhadir kuliner dari beberapa Negeri tetangga yang  menawarkan kenikmatan.  Tentu ini menjadi tantangan tersendiri, Maka agar kuliner khas dari kota-kota di Tanah Air, butuhkan kreativitas agar kuliner Indonesia  tetap menjadi tuan rumah di Negeri sendiri.

Berpijak dari hal itu jualah  menginspirasi Tehbotol Sosro   menggelar acara menawan.

Tak lepas dan berangkat dari kesuksesan mengadakan rangkaian kegiatan kompetisi ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah bersama Tehbotol Sosro’ di enam kota di Indonesia, di antaranya Malang, Solo, Yogyakarta, Majalengka, Palembang dan Pontianak selama lima bulan sejak bulan Juni hingga November 2021, puncaknya, medio bulan Mei 2022, bertempat di Pos Bloc Jakarta, ditampilkan hasil kreasi menu enam Pemenang dari masing-masing Kota. Untuk kemudian dilanjutkan pengumuman tiga Pemenang Nasional dari kompetisi ini.

Pesona dari gelar acara ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli’, ini peserta paling inovatif dan kreatif dalam menghadirkan menu kreasi lokal berhak membawa pulang gelar ‘Pemenang Nasional’, dan akan mendapatkan total hadiah sebesar 100 juta rupiah serta pembinaan berkelanjutan dari Tehbotol Sosro.

Kegiatan yang merupakan bagian dari gerakan #LocalsUnite dari Tehbotol Sosro, ini merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada kreator muda, pelaku usaha, dan merek-merek lokal asli Indonesia yang inovatif dan orisinil di kategori makanan dan minuman, pakaian dan seni.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi tulang punggung bagi perekonomian Nasional, secara gabungan, skala kegiatan ekonomi UMKM memberikan kontribusi sekitar 60% terhadap total Pendapatan Domestik Bruto Indonesia. Pada 2017 lalu PDB Indonesia sekitar Rp13.600 triliun, yang artinya total pendapatan UMKM adalah sekitar Rp8.160 triliun.

Jadi dari melihat begitu besar potensi yang mengepung UMKM saat,  ini Tehbotol Sosro turut berperan serta dalam perbaikan ekonomi Indonesia melalui pemberdayaan UMKM di  Indonesia. 

Denta Anggakusuma, General Manager PT Sinar Sosro mengatakan ajang ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli’ merupakan salah satu upaya Tehbotol Sosro untuk mendukung penuh pengembangan potensi UMKM di Indonesia.

Pandemi COVID-19 yang telah berjalan selama dua tahun menciptakan tantangan yang luar biasa terhadap Dunia kerja dan usaha, termasuk UMKM di Indonesia terutama yang berada di daerah. Melalui gerakan #LocalsUnite, kami ingin menginspirasi dan menanamkan optimisme para pelaku usaha makanan dan minuman untuk terus berinovasi dan bersemangat untuk melanjutkan kewirausahaanya di tengah pemulihan perekonomian Nasional. Dengan didukung oleh Pemerintah dan komunitas daerah, kami memberikan pembekalan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM untuk pengembangan kualitas usaha mereka. Kami yakin melalui kolaborasi antara pihak kita dapat saling memberi manfaat. Tehbotol Sosro dan para pelaku usaha, inovator, dan wirausahawan muda dapat saling belajar dan saling mengisi,” menerangkan Denta Anggakusuma.

Dengan mengikuti program ini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk menggunakan IP (Intellectual Property) Tehbotol Sosro, bimbingan dan pelatihan dari para ahli untuk meningkatkan kualitas dan promosi usaha.  Tehbotol Sosro juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan beberapa komunitas lokal dalam menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti pelatihan, workshop, kompetisi, dan penjurian.

Kompetisi ‘Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah bersama Tehbotol Sosro’ yang diikuti oleh 497 peserta dari 6 kota dan menghasilkan 600 kreasi resep asli daerah yang mengangkat resep dan bahan baku asli lokal yang dipadukan dengan produk Tehbotol Sosro. Berbagai kreasi resep unggulan diciptakan mengandung cita rasa asli lokal, berbahan baku asli khas daerah serta mengangkat karakter budaya kuliner khas lokal. Ragam kreasi resep dapat berupa makanan kecil/kudapan, minuman, makanan besar/lauk, hingga dessert.

[]Andriza Hamzah

Photo : PR Irish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *