Health

4 Tips Kebugaran : Mencetak Atlet Berprestasi

Kebugaran merupakan salah satu unsur penting dalam peningkatan prestasi atlet. Terbilang, atlet yang memiliki kebugaran yang baik maka tidak akan mengalami kelelahan yang berarti, baik dalam setiap latihan mau pun dalam pertandingan. 

Dapat dikatakan, dan juga nyata,  kebugaran merupakan sisi hulu yang penting dalam mencetak atlet berprestasi.  Tentu di sana juga terdapat berbagai strategi yang harus dilakukan seseorang agar dapat menjaga kebugaran dalam berolahraga hingga mencapai sisi hilir, yaitu menjadi atlet berprestasi.

Dari sana, dalam mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), yang bertujuan meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap olahraga dan mendorong prestasi atlet, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, mengatakan, “Dari masyarakat yang bugar diharapkan lahir talenta atlet berprestasi tingkat Internasional yang membanggakan Bangsa. Desain Besar Olahraga Nasional telah mengatur dari hulu sampai ke hilir, hulunya adalah kebugaran, hilirnya adalah prestasi.”

Menpora Zainudin Amali menambahkan,“Untuk menciptakan generasi emas olahraga Nasional di masa depan, kami mengambil langkah-langkah agar prestasi olahraga Nasional dapat meningkat, di antaranya melalui kolaborasi dengan PT Taisho dalam gerakan melakukan sosialisasi mengenai Desain Besar Olahraga Nasional,” jelas Menpora Zainudin Amali.

General Manager Taisho Pharmaceutical Indonesia, Toshiyuki Ishii, menyampaikan, “Kami menyambut baik untuk berkolaborasi bersama Kemenpora.  Hal ini kami pandang sebagai langkah strategis sebagai upaya konkrit meningkatkan minat dan kepedulian masyarakat terhadap olahraga, sekaligus guna mendukung perjuangan para atlet Indonesia untuk lebih berprestasi.” 

Regional Commercial Director PT Taisho, Sonny Adi Nugroho, menambahkan, “Taisho menangkap aspirasi dalam membangun sisi hulu Desain Besar Olahraga Nasional, dengan berfokus pada menjaga kebugaran fisik dalam berolahraga, sejalan dengan spirit Counterpain yaitu No Pain No Gain, bahwa prestasi olahraga dapat diraih dengan adanya kesungguhan upaya termasuk dalam menjaga kebugaran secara konsisten.”

“Kebugaran jasmani berarti menjaga tubuh tetap aktif dan bugar, banyak dari kita yang merasa bahwa berolahraga adalah hal yang sangat membosankan. Tapi begitu seseorang terbiasa dengan latihan, maka akan menjadi kebiasaan yang penuh petualangan, menyenangkan dan energik untuk dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sonny Adi Nugroho menekankan pentingnya menjaga kebugaran sebagai sisi hulu dari DBON yakni dengan menjalankan olahraga setiap hari. Olahraga yang sejatinya dilakukan untuk menjaga kebugaran juga bisa berdampak buruk apabila tidak dilakukan dengan benar. 

Taisho berbagi tips untuk mengatasi Heat Stroke selama olahraga dengan :

  1. Minum yang cukup, agar cadangan air dan mineral dalam 

tubuh yang hilang selama berolahraga dan cuaca panas bisa segera digantikan dengan air minum

  1. Gunakan pakaian yang tepat, yang berbahan ringan dan  

longgar. Jangan mengenakan jaket/pakaian berbahan tebal, mau pun pakaian yang gelap karena akan semakin menyerap panas dari lingkungan. Jika perlu, bisa ditambahkan dengan kacamata dan topi ketika matahari cukup terik

  1. Mengoleskan produk berbahan dasar menthol pada kulit 

untuk memberikan sensasi sejuk mendinginkan agar membantu proses penguapan panas dari dalam tubuh

  1. Lakukan latihan olahraga secara berkala, setidaknya selama satu jam, tidak perlu harus berlari jogging yang berat, tetapi dapat melakukan aktivitas fisik sedang seperti berjalan dengan langkah cepat atau senam ringan

[]Andriza Hamzah

Photo : Ist 

Keterangan photo Utama :

Menpora Zainudin Amali – Sonny Adi Nugroho,  Regional Commercial Director PT Taisho Pharmaceutical Indonesia 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *