News Hitz

Prodia dan IHH Healthcare : Kerja Sama Guna Layanan Kesehatan Prima

Demi bisa memberikan pilihan perjalanan pelayanan kesehatan bagi pelanggan Prodia yang biasa ke luar Negeri dengan pilihan perawatan yang komprehensif, PT Prodia Widyahusada, Tbk. Prodia dan IHH Healthcare Malaysia telah menandatangani perjanjian kerja sama (MoU).

Penandatanganan kerja sama yang dilakukan di Auditorium Prodia Tower Jakarta, dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Selain itu, acara juga dihadiri Dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD (KEMD) Ph.D., Direktur Utama PT Prodia Widyahusada, Tbk., Dewi Muliaty, Indriyanti Rafi Sukmawati, Direktur Bisnis dan Pemasaran PT Prodia bersama Chief Commercial Officer (CCO) IHH Healthcare Malaysia, Sipika Singh, serta jajaran Direksi Prodia dan perwakilan dari IHH Healthcare Malaysia. 

Wakil Menteri DR. Dante Saksono  diawal acara mengatakan “ mendukung kerja sama pariwisata medis antara Prodia dan IHH Healthcare Malaysia sebagai langkah yang inovatif dan strategis bagi kedua negara’’. 

Melalui kerja sama ini, Prodia juga membuktikan kualitas pelayanan prima yang dapat disandingkan dengan laboratorium berstandar Internasional. Pandemi Covid-19 telah mengakselerasi kesadaran masyarakat atas pentingnya layanan kesehatan. 

Medical tourism nyatanya telah menawarkan suatu konsep baru di bidang medis yang tampaknya akan menjadi gaya hidup dan mempunyai potensi besar ke depan. Medical tourism memungkinkan seseorang melakukan perjalanan ke dalam dan luar Negeri untuk tujuan mendapatkan perawatan kesehatan baik general check up, treatment, mau pun rehabilitasi. 

Kerja sama yang dibangun antara Prodia dan IHH ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan pasien yang memerlukan layanan pemeriksaan laboratorium klinik sebelum dan sesudah konsultasi ke dokter sehingga tercapai manajemen pasien yang efektif dan efisien. IHH Healthcare Malaysia dan Prodia berkomitmen untuk mengedepankan kualitas, mutu, dan pelayanan yang unggul kepada pelanggan sebagai tujuan utama kolaborasi ini. 

“Kemitraan ini diharapkan memudahkan pasien, untuk memperoleh layanan rujukan pemeriksaan laboratorium baik untuk deteksi dini, diagnosis dan, pemantauan perkembangan penyakit. Hal ini menjadi langkah besar Prodia sebagai jaringan layanan kesehatan terbesar di Indonesia sekaligus menjadi preferred partner dengan IHH Healthcare Malaysia, brand kesehatan internasional yang menaungi beberapa rumah sakit seperti Gleneagles Hospitals, Prince Court Medical Centre, dan Pantai Hospital,” ujar Dewi Muliaty, Direktur Utama PT Prodia Widyahusada, Tbk. 

Dewi berharap agar kerja sama ini dapat dikelola secara berkelanjutan sehingga kedepannya dapat mencakup kontribusi peningkatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dari kedua belah pihak di kedua negara. 

IHH Healthcare Malaysia merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan swasta terbesar di Malaysia dengan jaringan 16 rumah sakit yang tersebar di kota-kota besar Kuala Lumpur, Penang, Melaka, Johor, yang mana dapat diakses dengan mudah dari Indonesia. 

IHH Healthcare Malaysia telah memberikan pasien Indonesia hasil pemeriksan klinis yang sangat baik dengan teknologi medis mutakhir, serta perawatan dan pelayanan pasien selama 25 tahun. 

Acara yang dipandu oleh meyca andrina dan radefta , Chief Executive Officer IHH Healthcare Malaysia, Jean-François Naa mengatakan “Sebagai mitra pilihan, Prodia merupakan rantai laboratorium kesehatan terbesar di Indonesia, IHH Healthcare Malaysia dengan bangga memberikan pilihan layanan kesehatan yang komprehensif kepada pelanggan Prodia yang melakukan perawatan medis di Malaysia’’.

“Kami memiliki tim profesional medis, bedah, dan klinis yang sangat berpengalaman yang dilengkapi dengan teknologi medis mutakhir dan inovasi terbaru, memungkinkan kami untuk memberikan pelayanan kesehatan berkualitas kepada pasien kami. Dalam upaya berkelanjutan kami untuk melayani pasien Indonesia dengan lebih baik, kami telah meluncurkan One Stop Customer Service Hotline dimana masyarakat Indonesia, baik pasien maupun perawat, dapat menghubungi lewat telepon dan menerima bantuan pelayanan seperti pemesanan janji temu, pertanyaan medis, dan sebagainya,” tambahnya.

Kerja sama dengan IHH Healthcare Malaysia menjadi salah satu langkah pencapaian visi Prodia sebagai “The Center of Excellence” yang mengedepankan Prodia sebagai laboratorium pusat rujukan nasional. Prodia telah membuktikan eksistensinya sebagai pemimpin pasar dalam industri laboratorium kesehatan swasta di Indonesia selama bertahun-tahun. Prodia mencatat pertumbuhan market share dari 38.3% pada 2018 menjadi 39.5% di tahun 2020.

[] Andriza Hamzah

Photo : Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *