Goodlife

#AyoMinumBuah : Apa Saja Berartinya Bagi Tubuh ?

Selaras dengan upaya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berkelanjutan dan  terus  menggiatkan konsumsi buah di tengah masyarakat Indonesia yang saat ini masih terbilang rendah, terlebih di tengah semakin maraknya risiko kesehatan yang mengintai, PT Unilever Indonesia, Tbk. melalui Buavita kembali mengedukasi dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi harian buah bagi kesehatan dan daya tahan tubuh melalui kampanye #AyoMinumBuah.  

Hal, ini kiranya tidak terlepas dari  selama dua dekade terakhir, kemunculan penyakit infeksi baru berupa wabah penyakit menular terus meningkat signifikan. Apalagi Indonesia merupakan salah satu ‘hotspot’ di Asia Tenggara dengan risiko pandemik penyakit infeksi baru. Para ahli bahkan memperkirakan lima penyakit baru pada manusia akan muncul setiap tahun, tiga di antaranya bersumber dari hewan  atau bersifat zoonosis dengan risiko penularan yang sangat tinggi.

Ari Astuti, Head of Marketing Nutrition Indonesia, PT Unilever Indonesia, Tbk., di acara peluncuran kampanye #AyoMinumBuah, berlangsung di Lucy in the Sky, SCBD, Jakarta, 01 Agustus 2022, menyampaikan,“Sejalan dengan pilar strategi ‘The Unilever Compass’, yaitu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, Buavita dengan brand purpose ‘Delightful Nutrition, Powered by Fruits’ berkomitmen memberikan akses nutrisi buah kepada masyarakat dengan cara yang praktis dan menyegarkan. Sekaligus menyuarakan pentingnya konsumsi buah demi tubuh yang lebih sehat dan hidup yang lebih berkualitas.”

Pada acara dengan MC Grace Tania, menghadirkan pembicara dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO – Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK – Spesialis Gizi Klinik, dan  Nirina Zubir, Aktris dan Pegiat Gaya Hidup Sehat, Ari Astuti melanjutkan,”Edukasi mengenai proporsi konsumsi buah kepada masyarakat sehingga mereka terdorong untuk melengkapi kebutuhan harian buah demi daya tahan tubuh. Dan dengan dibantu   minum jus buah setiap hari,   ke depan untuk tujuan hidup sehat.”

dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI menanggapi, “Buah berfungsi penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Namun nyatanya, konsumsi buah masyarakat masih jauh dari cukup. Rata-rata konsumsi buah di Indonesia tahun 2020 baru mencapai 88,56 gram/kapita/hari. Menyikapi hal, ini  Pemerintah giat menyebarluaskan pedoman ‘Isi Piringku’ untuk mengedukasi tentang porsi buah yang ideal, yaitu 1/6 dari isi piring kita atau 2 sampai 3 porsi buah setiap harinya, yang salah satunya dapat dibantu dengan minum jus buah. Untuk itu, kami menyambut upaya pelaku industri untuk turut mendukung perubahan kebiaasan masyarakat menjadi lebih positif.” 

Mengenai  kaitan buah dan daya tahan tubuh, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK menerangkan, “Setiap orang memiliki sistem daya tahan tubuh yang berbeda, dipengaruhi oleh faktor genetik, usia, lingkungan atau kebersihan, hingga lifestyle, yaitu kegiatan fisik mau pun asupan makanan. Untuk itu, memastikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang sangat diperlukan. Di sinilah peranan penting dari buah, karena ragam kandungan vitamin, mineral, serat pangan dan antioksidan di dalam buah dan jus buah mampu menjadi bahan baku yang membantu kita membangun dan mengoptimalkan sistem daya tahan tubuh.”

Muatan edukasi seperti inilah yang akan terus digaungkan melalui kampanye #AyoMinumBuah. Sebagai latar belakang, kampanye ini terinspirasi dari hasil studi yang dilakukan Buavita bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor terhadap 100 orang ibu Indonesia. 

Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor  yang mengepalai studi ini menerangkan, “Setelah mendapatkan berbagai edukasi secara interaktif dan menjalani tantangan selama 21 hari, ditemukan beberapa perubahan signifikan pada pengetahuan dan perilaku responden terhadap konsumsi buah. Antara lain: rata-rata pengeluaran rumah tangga responden untuk membeli buah (per minggu) telah meningkat sebesar 40%. Dan,  97,8% responden telah terdorong untuk mewajibkan anak mengonsumsi buah.”

Semarak kampanye #AyoMinumBuah telah dimulai di bulan Juli sebagai bentuk peringatan momen Hari Buah Sedunia tanggal 1 Juli. Salah satunya dengan menghadirkan instalasi “Giant Fruit Buavita” di area Gelora Bung Karno/

Kegiatan lainnya adalah sesi Instagram Live yang diikuti oleh lebih dari 14.700 orang, dan dalam waktu dekat, Buavita juga akan mengadakan kunjungan ke sejumlah Sekolah Dasar di wilayah Jabodetabek untuk membantu menanamkan kebiasaan mengonsumsi buah setiap hari sejak usia dini.

“Kami harap kampanye #AyoMinumBuah dapat mendukung lebih banyak masyarakat Indonesia untuk memiliki tubuh lebih sehat dan terlindungi dari penyakit, sehingga mereka mampu menikmati hidup yang lebih berkualitas hingga nanti. Ke depannya, kampanye ini akan terus hadir melalui aktivitas online mau pun offline yang melibatkan lebih banyak masyarakat dari berbagai latar belakang dan lapisan usia,” ujar Ari Astuti di penghujung acara. 

[]Andriza Hamzah

Photo : Unilever Indonesia/Alchemy  Creative Communication

Keterangan Photo Utama :

(Atas) Ari Astuti

(Bawah Ki-Ka) :

dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO –  Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN – Nirina Zubir – Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK – Spesialis Gizi Klinik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *