Techno

Dalam Industri Motor Listrik Nasional, United E-Motor Siap Berkompetisi

Berkomitmen untuk berperan serta dan berkontribusi besar terhadap perkembangan produksi kendaraan listrik dalam Negeri, PT. Terang Dunia Internusa hadirkan melalui produknya United EMotor. Sejak peluncuran resminya di akhir tahun 2020, berbagai terobosan dan inovasi telah dipersiapkan United E-Motor lewat produk dan teknologi yang dihasilkan.

“United E-Motor siap untuk berkompetisi dalam industri motor listrik Nasional. Ini terkait United E-Motor merupakan motor listrik produksi Nasional,  dengan kualitas tinggi, bergaransi, inovatif, terjangkau dan siap bersaing dengan produk motor listrik luar Negeri. United E-Motor adalah produk yang ecofriendly,” Direktur  PT. Terang Dunia Internusa, Andrew Mulyadi menerangkan  dalam acara “Pemanfaatan Motor Listrik dan Peningkatan Kemampuan Produksi Motor Listrik Nasional”, Kamis (25/8/2022), di Kawasan Industri Branta Mulia, Kampung Sabur, Desa Tarikolot, Citeureup, Bogor.

Lanjutnya,”Hal ini selaras dengan keseriusan Pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. United E-Motor telah merilis tipe teranyarnya, yaitu T1800. Ke depan, siap diluncurkan beberapa model yang bervariasi dan lebih dinamis, serta fitur-fitur yang up-to-date.” 

Menurutnya, United E-Motor memiliki persentase Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang cukup besar, sehingga tidak diragukan lagi bahwa produk United E-Motor telah menciptakan multiplayer effect yang banyak untuk mendukung perekonomian Nasional.

Saat, ini PT Terang Dunia Internusa telah diperkuat oleh tim yang solid dan kompeten di bidangnya masing-masing. Untuk lebih memperkuat lagi, maka pihaknya berencana menunjuk PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (SBI) sebagai distributor resmi untuk produk United E-Motor.  Perusahaan distribusi ini sudah tercatat di lantai bursa tersebut (kode saham ‘BIKE’).

Menanggapi hal ini, Komisaris Utama PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk, Henry Mulyadi mengaku siap ambil bagian dalam gerakan revolusioner pemasaran motor listrik di Indonesia. SBI akan menyiapkan berbagai strategi yang berfokus pada jaringan distribusi hingga ke seluruh wilayah Tanah Air.

“Kami akan memasarkan lewat jaringan yang sudah kami bangun dalam memasarkan sepeda. Ditambah berbekal semangat nasionalisme yang tinggi, SBI mendukung penuh penyebaran motor listrik produksi dalam negeri ini,” tegas beliau.

Sinergi yang baik antara para stakeholders memiliki peranan yang penting tujuan pengembangan motor listrik nasional, oleh karena itu diadakannya diskusi sekaligus kunjungan Dewan Energi Nasional (DEN) dan Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN), serta pihak-pihak terkait lainnya, pada hari ini, Kamis, 25 Agustus 2022.

“Dengan kebersamaan,  ini diharapkan bisa menghadirkan kualitas motor listrik yang handal dan meningkatkan TKDN melalui pemgembangan investasi masing-masing,” ujar Andrew Mulyadi.

Sementara itu, Sekjen Dewan Energi Nasional, Djoko Siswanto mengatakan, subsidi BBM untuk motor listrik itu sangat signifikan. Sehingga kehadiran motor listrik selain bisa menekan emisi gas buang juga bisa menekan subsidi BBM. 

“Ini sesuai harapan Pemerintah, sehingga DEN sangat mengapresiasi kehadiran industri motor listrik Nasional apalagi design engineering terus dikembangkan,” ujarnya saat acara diskusi.

Sementara itu, Kepala Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi BRIN, Cuk Supriyadi Ali Nandar juga sangat mengapresiasi kehadiran pabrik motor listrik di Indonesia. 

Pemerintah Republik Indonesia sendiri telah menargetkan produksi motor listrik mencapai 2,45 juta pada tahun 2030. Seiring kemajuan teknologi dalam dunia transportasi, motor listrik menjelma menjadi tren lifestyle penting di masa depan.

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. EPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *