New Trendz

Bangkitkan UMKM Wanita, Dengan Beri Produk dan Layanan Terbaik

Menyambut Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September, Frisian Flag Indonesia (FFI) mengajak pelaku UMKM wanita untuk meningkatkan produk dan layanannya kepada pelanggan.

Ajakan itu sesuai dengan misi FFI, seperti yang diutarakan Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro.

“Misi kami adalah memberikan produk-produk susu bergizi berkualitas dan terjangkau yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia di setiap tahap kehidupannya. Kami mengembangkan produk-produk susu melalui berbagai inovasi dengan memperhatikan kebutuhan gizi dan selera masyarakat. Kami juga mengembangkan cara bagaimana dapat berinteraksi lebih baik dengan para pelanggan FRISIAN FLAG®,” sambut Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro, di acara Hari Pelanggan Nasional 2022, yang berlangsung pada Jumat, 16 September 2022

Sebagai produsen produk-produk bergizi berbasis susu yang berkualitas dan terjangkau untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia, FFI senantiasa menempatkan pelayanan kepada pelanggan sebagai prioritas utama. FFI berkomitmen untuk mengedepankan kebutuhan para pelanggannya.

Sejak hadir di Indonesia selama 100 tahun, FFI telah mengantongi berbagai pengalaman mendampingi pelanggan Indonesia dari generasi ke generasi. 

Untuk mewujudkan semangat melayani, FFI mengadakan diskusi bertema ‘Menerapkan Customer Service Excellent dalam UMKM’ bersama komunitas Ibu Profesional, yang tergabung dalam program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG®. Diskusi ini membahas cara pelaku dapat bekerja sama dan memajukan UMKM Indonesia dengan menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal yang utama.

Menurut Qualtrics 2022 Global Consumer Trends, sekitar 96% konsumen di Indonesia tidak puas dengan layanan pelanggan pada tahun 2021 dan ketidakpuasan ini berpotensi merugikan usaha hingga US$59 miliar per tahun.

Pada kesempatan itu, Founder Ibu Profesional, Septi Peni Wulandani menyatakan, menyadari pentingnya pelaku UMKM untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan.

“Potensi UMKM sangat besar dan memiliki dampak yang sangat positif bagi pemberdayaan para ibu yang memilih profesi ibu rumah tangga. Kuncinya adalah bagaimana mereka meningkatkan pengetahuannya mengelola usaha rumahan secara profesional dan melayani pelanggan dengan baik,” katanya.

Septi mengapresiasi upaya FFI dalam meningkatkan kapasitas UMKM wanita melalui program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG® yang telah berlangsung sejak awal 2022.

“Bimbingan para mentor dan chef yang berpengalaman membuat pelaku UMKM wanita berhasil meningkatkan kapasitasnya dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Kualitas produk itu sangat berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan memberikan efek domino pada loyalitas pelanggan. Loyalitas ini akan mengantar ibu-ibu ke tahap, berikutnya yakni kesempatan untuk mengembangkan usaha untuk mencapai kemandirian finansial keluarga,” katanya.

Dalam diskusi ini hadir dua heroes dari program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG®, yaitu Nurin Silvia (founder Dapur MamaRins) dan Wedaraningtyas (founder @gibran_cakeandcookies). Selain itu hadir pula pelaku UMKM wanita yang tengah mengembangkan usahanya dan dikenal sebagai Customer Service Excellent Expert, yaitu Lidya Angelina Rinaldi.

 Lidya mengatakan, edukasi dan kepuasan pelanggan adalah dua dari beberapa modal penting keberhasilan usahanya mengembangkan produk vanila halal.

 “Untuk menjaga loyalitas pelanggan, kami fokus melakukan bonding dengan mereka antara lain melalui sharing resep favorit, melakukan kelas baking online, dan sebagainya, sehingga mereka tetap setia,” katanya.

Dengan adanya acara ini, Frisian Flag mengajak para wanita khususnya ibu rumah tangga untuk berani memulai bisnis mulai dari level UMKM. Karena modal yang dibutuhkan tidak besar, dan banyak ide bisnis modal 1 jutaan yang bisa dijadikan referensi.

Selain menjalani bisnis, menambah literasi keuangan juga penting apalagi para wanita. Kemampuan dalam cara mengatur gaji atau pendapatan juga penting.

[]Andriza Hamzah

Photo : Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *