Health

2025 Kacamata ‘Khusus’, Untuk Anak Penderita Katarak Kongenital

Penglihatan adalah indra tubuh yang sangat penting bagi manusia. Siklus kehidupan manusia sejak lahir sampai lansia memerlukan penglihatan sebagai jendela Dunia. Itu sebabnya kita harus menjaga dan memastikan kesehatan indra penglihatan dan mengambil langkah-langkah yang benar untuk mengatasi masalah penglihatan termasuk pada anak-anak.

Demikian sambutan yang disampaikan oleh   Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2014-2019 Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, Sp.M (K)  pada acara Peluncuran CSR Optik Tunggal Donasi 2025 Kacamata beriring bincang Katarak Pada Anak, berlangsung 13 Oktober 2022, bertempat Hotel Shangri-La Jakarta. 

Anak-anak penderita katarak kongenital umumnya lahir dari kehamilan bermasalah yang sering kali tidak disadari orang tuanya. Saat lahir, bayi-bayi dengan katarak kongenital ini memiliki mata yang diselimuti lapisan putih yang membuatnya tidak bisa melihat dan merespon gerakan di sekitarnya. Jika tidak ditangani dengan benar, masalah katarak kongenital pada anak ini akan memengaruhi tumbuh kembang anak yang berlangsung di 1000 hari pertamanya.

Tentu perhatian lebih indah diberikan. Tak lepas dari kelainan penglihatan (visual impairment) pada anak khususnya dari keluarga pra-sejahtera, dan berpijak  dari sanalah kiranya Optik Tunggal, Perusahaan yang memberikan layanan optik terbaik di Indonesia mengumumkan donasinya berupa 2025 pasang kacamata khusus bagi anak-anak penderita katarak kongenital yang berasal dari keluarga pra-sejahtera. Pemberian 2025 kacamata yang dibuat dengan menggunakan lensa khusus di Jerman oleh Perusahaan lensa ternama Dunia ZEISS, ini merupakan kelanjutan dari pemberian 90 pasang kacamata yang sama pada tahun 2019 lalu.

“Sejak berdiri tahun 1929 Optik Tunggal berkomitmen melayani kebutuhan penglihatan masyarakat Indonesia dan melakukan inisiatif-inisiatif untuk membantu meringankan masalah penglihatan masyarakat pra-sejahtera,” CEO Optik Tunggal, Alexander Kurniawan di acara dengan MC Lorraine Evelyn.

Lanjutnya,”Tahun 2019 kami menemukan masalah penglihatan yang sangat penting bagi masa depan Bangsa, yakni katarak kongenital pada anak-anak. Saat mengetahui betapa sulitnya mendapatkan kacamata khusus untuk anak-anak yang menderita katarak kongenital, ini kami memutuskan untuk memberikan bantuan khususnya bagi anak-anak dari keluarga pra-sejahtera. Dan kami  langsung menghubungi mitra kami salah satu pembuat lensa terbaik di Dunia, ZEISS di Jerman, untuk membuatkan lensa khusus bagi anak-anak penderita katarak kongenital.”

“Saya menyambut baik bantuan Optik Tunggal menyediakan kacamata yang tergolong mahal secara gratis bagi rehabilitasi visual anak-anak pasca operasi katarak kongenital. Tentu bantuan Optik Tunggal sangat membantu orang tua, yang tentu juga ingin anak mereka tumbuh dan berkembang dengan normal. Lebih dari itu, bantuan kacamata ini memberikan kesempatan bagi anak-anak yang kurang beruntung untuk bisa berkembang dan maju seperti anak-anak lainnya,” tambah Prof. Nila Moeloek.

Salah satu orang tua yang memiliki anak dengan katarak kongenital adalah public figure Asri Welas. Putranya, Rayyan Gibran Ridha Rahardja atau Ibran (lahir tahun 2017) diketahui memiliki kelainan pada matanya saat masih berusia beberapa bulan.

“Masih terbayang dengan jelas saat saya dan suami menduga kondisi kelainan mata pada Ibran anak kedua kami. Saat itu Ibran masih berusia lima bulan, dan kami menemukan Ibran tidak merespon gerakan yang ada di depan matanya,” kenang Asri, sembari menahan aliran air mata saat berbagi kisah. 

“Yang membuat kami sangat sedih, saat itu tidak ada informasi apa pun tentang katarak kongenital pada anak yang bisa saya dapatkan. Beruntung Tuhan mempertemukan saya dengan Bapak Alex dari Optik Tunggal, yang tanpa banyak persyaratan lalu mengupayakan sepasang kacamata untuk Ibran. Saya sangat bersyukur dan semakin bersyukur karena dari pertemuan kami Optik Tunggal menyediakan 90 pasang kacamata untuk anak-anak lain seperti Ibran.” 

Untuk beroleh kacamata khusus, Optik Tunggal mempersilakan keluarga pra-sejahtera yang memiliki anak dengan katarak kongenital untuk menghubungi tim Optik Tunggal.  

Selanjutnya  mendaftarkan diri sebagai calon penerima kacamata khusus,  dengan  menghubungi Optik Tunggal via Whatsapp di nomor 08118755192 (chat only) dan email optiktunggalpeduli@optiktunggal.com. 

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. PR Iris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *