Goodlife

Pesona Produksi Susu, 12 Peternak Muda Ke Belanda

Sejumlah 12 peternak muda dari berbagai daerah Tanah Air, bersiap menjalani pendidikan ke Negeri Belanda.

Tentu, untuk meraih kesempatan indah dan menawank ke-duabelas peternak Indonesia, ini melalui perjalanan yang tak kalah menawan dan indah.

Duabelas peternak muda, ini adalah Pemenang program Young Progressive Farmer Academy yang diselenggarakan oleh PT. Frisian Flag Indonesia (FFI), salah satu program inisiatif FFI untuk mendorong minat anak muda menjadi peternak dan meningkatkan kesejahteraan peternak sapi perah di Indonesia melalui capacity building.

Program yang sejalan dengan tujuan FFI yaitu “Nourishing Indonesia to Progress”, ini bertujuan mencari peternak muda yang berpikiran progresif untuk mengembangkan peternakan sapi perah yang tidak hanya meningkatkan kesejahteraan mereka.

Tidak sampai di sana, tapi juga berkelanjutan atau ramah lingkungan, sejalan dengan upaya mewujudkan masyarakat yang sehat, sejahtera, dan selaras dengan lingkungan.

Para peternak muda di Belanda akan mendapatkan sosialisasi dan edukasi mengenai pengelolaan peternakan sapi yang berkelanjutan, serta berdiskusi rencana pengembangan bisnis peternakannya. Juga akan mengikuti studi banding untuk mempelajari praktik manajemen peternakan sapi terbaik dari peternak lokal di Belanda.

Diharapkan dalam 3 tahun ke depan, Pemenang program Young Progressive Farmer Academy akan tumbuh jadi peternak skala medium dengan kenaikan pendapatan hingga 50 persen. Dengan kenaikan skala bisnis, ini para peternak muda akan berkontribusi dalam upaya meningkatkan produksi susu nasional untuk memenuhi kebutuhan dalam Negeri.

Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, di acara penentuan Pemilihan 12 Pemenang yang berlangsung di Hotel Aloft, Jakarta Selatan, di Minggu pertama bulan Juli 2023, mengatakan bahwa program Young Progressive Farmer Academy bertujuan mencari peternak muda yang berpikiran progresif untuk mengembangkan dan memajukan peternakan sapi perah di Indonesia.

“Kemajuan peternakan sapi perah di Indonesia sangat krusial dalam mendorong pemenuhan kebutuhan susu untuk Indonesia yang lebih sehat dengan asupan nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh keluarga, sejalan dengan tujuan FFI yaitu ‘Nourishing Indonesia to Progress’ dan komitmen FFI untuk membangun keluarga yang Sehat, Sejahtera, dan Selaras,” ucap Andrew F. Saputro.

Di acara yang dihadiri Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Putu Juli Ardika, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan (PPHNak) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Tri Melasari dan Ketua Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI), Dedi Setiadi, The Agricultural Counsellor untuk Indonesia Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, Mr Joost Van Uum, mengatakan program Young Progressive Farmer Academy menunjukkan komitmen FFI untuk peningkatan kapasitas peternak Indonesia.

“Program, ini bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan tentang susu tapi untuk meningkatkan kualitas industrinya dan melahirkan generasi baru untuk peternakan di Indonesia.”

Lanjutnya, ”Saya berharap, di Belanda teman-teman mendapatkan pengalaman dan insight lebih untuk dibawa ke Indonesia dan dapat diaplikasikan dan berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk lingkungan sekitar.”

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan (PPHNak) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Tri Melasari mengapresiasi program Young Progressive Farmer Academy sebagai salah satu upaya berkelanjutan PT. Frisian Flag Indonesia untuk turut serta membangun persusuan Nasional dengan meningkatkan minat dan kapasitas peternak muda Indonesia.”

Tambahnya, ”Semoga nanti ke-12 Pemenang dapat mengikuti seluruh proses pembelajaran dengan baik dan dapat memenuhi ekspektasi serta harapan yang ditetapkan. Kami berharap program ini menjadi momentum penting untuk kita semua, dan program, ini dapat berkelanjutan dan menjadi contoh bagi industri pengolahan susu lainnya untuk juga bermitra dengan peternak.”

Tentu menjadi keindahan tersendiri, dari sana dapat melahirkan generasi muda peternak sapi perah yang inovatif, mandiri dan progresif.

Ada pun 12 peternak muda Pemenang Program Young Progressivve Farmer Academy:

01. Muhammad Hilal Ferdiansyah (KPSP Setia Kawan Jawa Yimur)

02. Heni Astiti (Koperasi Bangun Lestari Jawa Timur)

03. Kristianti (KPSBU Lembang)

04. Yahdi Nur Haqqi (Koperasi Produksi dan Usaha Susu Bogor)

05. Rusmini (KPSBU Lembang)

06. Misbah Munir (KAN Jabung Syariah)

07. Sulistiani (Koptan Tani Jasa Tirta)

08. Romi Pebrianur (KPSP Saluyu)

09. Asep Dani (KPSBU Lembang)

10. Bagus Wahyu Putra (Koperasi Bangun Lestari)

11. Tatok Harianto (Koperasi SAE Pujon)

12. Mirza Azmi (Koperasi Rukun Santoso)

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok FFI & Iris PR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *