Music

TJNDD  and Nava DAYA Swara,Mengukir Keindahan di Panggung Musik

DAYA Indonesia Performing Arts Academy, Sekolah Seni Pertunjukkan Tari, Musik dan Drama yang didirikan oleh Prof. DR. Tjut Nyak Deviana Daudsjah, D.TH, pada 22 tahun lalu,  siap menghadirkan acara spesial melalui penampilan pelaku seni yang dibentuknya beberapa waktu lalu.

Adalah  TJNDD  and Nava DAYA Swara, yang dibentuk untuk   tujuan mempromosikan Vokal Grup dengan Harmonisasi Sopran, Alto, Tenor, Bariton berdasarkan genre Musical, Jazz, R & B dan Lagu-Lagu Daerah Indonesia yang belum pernah terdengar di Grup Vokal di Indonesia pada umumnya.

Terbilang yang membedakan pelaku seni NDS, keempat anggota — berparas indah dan bersuara mendayu — Alvina Hendradi, MBA, dan Maria  Dessideria, BA, merupakan Mahasiswa DAYA, beriring Ajeng Sharfina, BA dan Ade Rianom, MBA, tentu berbekal diberbagai bidang Musik. Dan  dua di antaranya  calon Sarjana Musik.  

Keempat Vokalis wanita ini beriring dan ditunjang dengan pemain Musik yang  langsung ditangani oleh  Prof. Dr. Tjut Nyak Deviana Daudsjah — Piano dan Vokal —  kemudian melibatkan Obaja Simatupang – Kontrabass dan Electric Bass, Mahasiwa tinkgkat akhir di DAYA, serta Yogi Gerri Purba – Drums, Mahasiswa Semester 5 di DAYA.

Perjalanan NDS terbilang cukup panjang, dan sudah mengukir  keindahan di panggung Musik Tanah Air.

Awal dibentuk pada tahun 2000, namun dalam perjalanannya sebagian dari formasi pertama ada yang pindah Kota. Tak berhenti sampai di sana, DAYA Swara generasi kedua dibentuk pada tahun 2018 dan ditandai dengan produksi Album bertajuk Tjut Nyak Deviana Daudsjah featuring DAYA Swara dengan label, Perusahaan distribusi rekaman DeMajors.

Di tahun 2024 ini,  TJNDD  and Nava DAYA Swara   terbentuk dan   merupakan generasi ketiga. Dengan  pemilihan anggota Grup Vokal, dikatakan oleh Prof. Dr. Tjut Nyak Deviana Daudsjah, D.TH., berdasarkan kemampuan masing-masing yang mumpuni di mana mereka sudah lama berpengalaman dalam pementasan berbagai Drama Musikal, penulis naskah/pemain film serta pelatih Vokal di Gereja.

Harapan ke depan adalah, semoga Grup Vokal Tjut Nyak Deviana Daudsjah  – TJNDD Featuring Nava DAYA Swara dapat memberikan inspirasi kepada para penyanyi/pemusik di Indonesia agar lebih inovatif dalam berkarya, serta dapat mempromosikan Indonesia ke Dunia Internasional di bidang Kesenian dan Kebudayaan.


Terbentuknya TJNDD  and Nava DAYA Swara, Alvina Hendradi menyampaikan, adalah  karena keinginan Ibu Prof Deviana untuk membentuk Vocal Group yang memiliki kemampuan harmonisasi jazz dan repertoire lagu-lagu  yang luas (jazz, R&B, ethnic, Pop, etc.)

Motivasi 4 Vokalis Wanita

Keberadaannya dan melalui TJNDD  and Nava DAYA Swara, Alvina  Hendradi   hanya ingin agar tetap bisa bernyanyi bersama. “Bila saya mendengar harmonisasi suara yang indah, betapa hati saya bahagia,” ungkapnya.

Tambahnya,“Maka dengan beberapa anggotanya yang aktif di komunitas musikal di Jakarta, sangat diharapkan vocal group ini bisa memberikan suguhan penampilan yang mempunyai unsur theatrical dan komedi juga, sehingga berbeda dari konser musik biasa.”

Anggota TJNDD and Nava DAYA Swara direkrut pada saat DAYA melakukan musical nights bebebrapa kali di Stashed The Jazz. Dari acara itu bisa ditemukan personil-personil yang mampu dan ingin berkembang dengan mempelajari vokal harmonisasi di bawah bimbingan Ibu Deviana sendiri.

Sementara Ade Rianom, MA. Begabung dalam Vocal Group TJNDD and Nava DAYA Swara, atas ajakan teman. “Yang sebenarnya saya ada rasa sungkan untuk ikut bergabung karena saya masih belum bisa baca not balok. Namun teman mengatakan bahwa dalam grup ini kita sekalian belajar dan terlebih grup ini  diasuh langsung oleh Ibu Prof. DR. Tjut Nyak Deviana Daudsjah. Maka saya memutuskan bergabung dalam TJNDD and Nava DAYA Swara”.

Lanjutnya,  dengan berada di TJNDD and Nava DAYA Swara, dirinya ingin belajar Musik dan olah vokal lebih maksimal, dan dapat berkolaborasi dengan orang-orang dalam mengembangkan karya seni  yang berkualitas dan dapat dinikmati banyak orang.

Berikut Ajeng Sharfina, BA, bergabung di TJNDD and NDS dirasa sebagai keindahan tersendiri. “Saya diajak bergabung dengan TJNDD and NDS sebenarnya saya  ingin  belajar tentang teori dasar musik karena selama ini saya belum pernah berkesempatan. Maka ketika berada di TTDN and NDS ini, saya berkesempatan  belajar tentang teori  dasar, yang tentu  untuk  menyanyikan aransemen Prof Deviana.

“Saya ingin  belajar sebanyak-banyaknya dan membuka Dunia  saya lebih luas lagi, agar saya bisa memperluas zona nyaman saya sebagai storyteller. Tentu saya ingin terus berkarya dan make a connection, tidak hanya dengan sesama Penyanyi dan Musisi, tetapi juga dengan audiens,” katanya.

Maria Dessideria Puji   Setyoaty, BA, akrab disapa dengan nama Maria atau Sissy. Lajang penyandang  Sarjana Ilmu Komunikasi, merupakan  Guru Musik, dan freelancer, yang membekali hingga dapat mengikuti lomba paduan suara   dan menciptakan lagu, beriring langkah dengan NDS, seperti ia ceritakan adalah berawal atas ajakan Alvina  Hendradi.

Sissy pun mengungkap,”Tentu saya mau dan bersemangat  karena saya memang suka berkoneksi bersama orang yang tidak hanya saya kenal lewat nyanyian. Terlebih,  dulu saya ikut beberapa kali jam session musical. Bergabung dalam TJNDD and  NDS bersama  hingga sekarang kami sedang persiapan penampilang selanjutnya.

Tambahnya,”Ada pun yang ingin digapai dalam NDS adalah dapat menginspirasi Musisi dan Penyanyi Indonesia untuk bereksplorasi lebih luas terutama menjadi  contoh Vokal Grup yang bisa mempresentasikan Indonesia dengan  cara yang modern dan fresh. Tentu segera merilis  lagu  dan menjadi grup meriah dan menghibur pendengar”.

[]Anissa Syaini & Andriza Hamzah

Photo : Akbar Major

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *