Newz Hitz

Konstruksi Ramah Lingkungan, 2 Toko IKEA Raih Sertifikasi BREEAM.

Tak lepas dari sejalan dengan strategi keberlanjutan yaitu People & Planet Positive, IKEA, sarana rangkaian perabot rumah tangga —  didesain dengan baik, fungsional, diproduksi melalui riset dan pengembangan, quality control yang ketat, serta dengan memperhatikan keberlanjutan jangka panjang, — berkomitmen untuk menjadi lebih beriklim positif dengan mengurangi lebih banyak emisi gas rumah kaca.

Maka tentu menjadi sebuah keindahan. Dengan komitmen tersebut, dua toko IKEA Indonesia berhasil meraih sertifikasi untuk Konstruksi Ramah Lingkungan dari BREEAM.

IKEA Indonesia, melalui dua tokonya yang berlokasi Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat dan Jakarta Garden City, Jakarta Timur, mampu memenuhi dan menerapkan serangkaian kriteria untuk mendapatkan sertifikasi bergengsi dalam hal keberlanjutan.

Ririn Basuki selaku Communication & Public Relations Manager IKEA Indonesia mengatakan, “Kami sangat bangga bisa mendapatkan sertifikasi untuk konstruksi ramah lingkungan bagi kedua toko IKEA.  Dengan diperolehnya sertifikasi ini, kami mampu mewujudkan komitmen  keberlanjutan IKEA sehingga dapat menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang.”

BREEAM adalah ukuran keberlanjutan bangunan yang diakui secara Internasional yang membantu pemilik gedung atau bangunan mengelola dan memitigasi risiko dengan menunjukkan kinerja keberlanjutan selama perencanaan, desain, konstruksi, pengoperasian, atau pemugaran.  

Bangunan yang ramah lingkungan menjadi bagian yang terpenting di Dunia konstruksi. Hal ini mengacu pada desain, konstruksi, dan operasi bangunan yang meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan manusia. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang sehat, produktif, dan efisien secara sumber daya.Ada pun kategori penilaian untuk mendapatkan sertifikasi Konstruksi Ramah Lingkungan BREEAM meliputi manajemen, air, energi, transportasi, kesehatan & kesejahteraan, sumber daya, ketahanan, penggunaan lahan & ekologi serta polusi dan inovasi.

“Tentu, sertifikasi ini menjadi salah satu pencapaian bagi IKEA Indonesia dalam menjalankan kegiatan operasionalnya yang lebih berkelanjutan, sehingga harapannya toko IKEA Indonesia lainnya bisa juga menerima sertifikasi bergengsi ini di masa depan,” tutup Ririn Basuki.

Dengan adanya upaya yang dilakukan oleh kedua toko IKEA, IKEA Indonesia akan terus menjalankan strategi keberlanjutannya agar dapat lebih memberikan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat sekitar.

Kehadiran toko IKEA,  pertama di Indonesia dibuka di Alam Sutera pada 15 Oktober 2014, disusul toko kedua, ketiga, dan keempat yang dibuka di Sentul City, Kota Baru Parahyangan, dan Jakarta Garden City pada 28 November 2019, 28 Maret 2021, 16 September 2021 masing-masing. Kemudian IKEA Bali dibuka pada 18 November 2021, IKEA Mall Taman Anggrek pada 7 April 2022 sebagai city store pertama, dan IKEA Surabaya pada 15 Desember 2022.

[]Andriza Hamzah

Photo : Dok. IKEA Indonesia/Emerson Asia Pacific

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *