Fashion & Grooming

Batik ASN, Milik Kota Bogor

Salah satu identitas dari budaya bangsa Indonesia yang hingga kini masih bertahan bahkan semakin berkembang, adalah Batik.

Kota Bogor, merupakan  salah satu dari sejumlah Kota di Tanah Air yang juga mempunyai Batik khas unggulan. Untuk lebih diketahui secara meluas oleh masyarakat, Pemerintah Kota Bogor menggelar peluncuran Batik ASN (Aparatur Sipil Negara). Catatan bersejarah tentunya, Kota Bogor  secara resmi memiliki Batik ASN.

Gelar acara pada 22 Juni 2019, bertempat di Mal Botani Square, bersamaan dengan peresmian logo 100% Bogor Pisan.

(ki-ka) :
Yane Ardian, Ketua Dekranasda dan Ketua TP PKK Kota Bogor – Bima Arya, Walikota Bogor – Vadiel Mekha, Fashion Show Director – Dedie A. Rachim, Wakil Walikota Bogor – Yanti Rachim selaku Wakil Ketua TP PKK Kota Bogor

Dalam kata sambutannya,  Bima Arya, Walikota Bogor menyampaikan,”Motif Batik ini  mewakili ikon-ikon Kota Bogor seperti kujang, uncal atau kijang, bunga bangkai, sungai Cisadane, Kebun Raya Bogor, hingga Gunung Salak. Pemilihan warna biru dan hitam pun sebagai cerminan bahwa ASN berwibawa dan siap melayani warganya.”

Di tempat yang sama  Ganjar Gunawan, Ketua Disperindag Kota Bogor, menuturkan,”Melalui peluncuran logo 100% Bogor Pisan dan batik ASN ini kami berharap bisa untuk terus meningkatkan serta mendongkrak daya saing produk lokal Kota Bogor. Tentunya ini akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian IKM Kota Bogor. Maka  dibutuhkan juga dukungan dari masyarakat untuk mencintai dan menggunakan produk lokal Kota Bogor”

Acara peluncuran Batik ASN yang ditandai  dengan  peragaan busana sebanyak 36 look berupa batik kekinian yang bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari, dari 3 perajin :  Batik Tradisiku, Batik Handayani Geulis dan Batik Pancawati,  diperagakan oleh Mojang Jajaka Kota Bogor yang dikelola oleh Next Step Fashion Consultant.

“Terima kasih kepada Pemkot Bogor,  telah memercayakan fashion show nya kepada kami. Merupakan  kehormatan bagi kami karena bisa menjadi bagian dalam salah satu momen bersejarah Kota Bogor,” kata  Vadiel Mekha, founder Next Step.

Tambahnya, Kota Bogor  yang memiliki banyak potensi kesenian, khususnya  fashion,  yang beroleh dukungan  dari Pemkot Bogor melalui Disperindag dan Dekraanasda, maka Batik Bogor diyakini akan semakin berkembang  dapat go-national, bahkan go-international.

Acara terasa semakin meriah ketika puluhan Kepala Dinas dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berjalan di atas panggung bak model profesional memperagakan batik ASN Kota Bogor. Dan puncaknya, sejumlah busana diperagakan oleh  Wakil Walikota Bogor, Dedie A. Rachim beserta istri, Yantie Rachim dan Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto beserta istri, Yane Ardian Bima Arya.

 

[]Anggita

Photo : Dok. EPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *