Health

Orangtua & Masa Periode Emas

Jakarta, 18 Agustus 2018 – Semenjak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia lancar menebarkan ajakan betapa pentingnya  pembentukan tumbuh kembang anak pada 1000 hari pertama atau masa periode emas, diharapkan berujung kian  lekat di telinga masyarakat luas.

Ada catatan yang perlu diketahui mengenai 1000 hari  yang terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730  hari pada  2 tahun pertama kehidupan seorang anak. Pada masa inilah  nutrisi yang diterima oleh bayi saat dalam kandungan dan menerima ASI, memiliki dampak jangka panjang terhadap kehidupan saat anak menginjak  usia dewasa.

Bila pada periode ini nutrisi yang tepat tidak  terpenuhi,  maka yang terjadi adalah  tidak optimalnya tumbuh kembang seorang anak, dan akan akan memberi pengaruh  pada kualitas kesehatannya seumur hidup. Juga,  akan berdampak pada perkembangan otak yang tidak optimal. Sehingga, kemampuan  kognitif dan pendidikannya akan menurun.

Maka untuk semakin bergema pengetahuan mengenai pentingnya 1000 Hari Pertama Kehdupan Anak, ini juga yang menjadi landasan pengembangan ide dari Buumi Playscape untuk lebih  gencar mengkomunikasikan pesan tersebut.

Bumi Playscape, — merupakan sebuah kegiatan anak usia dini — inipun lantas mengangkat tema 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak untuk diterapkan ke dalam program-program yang dihadirkan untuk seluruh anggota keluarga melalui program belajar dan bermain.

Dikatakan oleh Talla Aryanto B.A. Psy, M.A. ECE, salah satu Founder Buumi Playscape, di yang juga adalah praktisi pendidikan anak usia dini, di acara bincang sore mengenai 1000 Hari Pertama Kehdupan Anak, bertempat di Bummi Playscape, Pacific Place – Jakarta, bahwa bermain dan belajar adalah hak dari setiap anak di seluruh penjuru dunia.

“Dan untuk menunjang  proses pembelajaran  dan bermain, maka  mereka harus  memiliki fisik yang kuat. Karenanya, kami mengangkat topik ini sebagai bagian dari visi dan misi kami dalam melestarikan bangsa ini melalui cara kami,” Talla Aryanto melengkapi penjelasannya.

Sementara  apa yang disampaikan Penggiat  anak usia dini dari Rumah Dandelion, Carmelia Riyadhni, S.Psi, di acara yang menghadirkan  pembicara ahli  gizi, Dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK (Kejora) dan bintang tamu artis penyanyi yang adalah Ibu dari seorang anak,  Andien  Aisyah, patut dicermati.

”Dunia bermain  merupakan landasan awal dari proses belajar anak.  Maka mulailah melakukan stimulasi sedari dini terhadap anak Anda melalui kegiatan menyenangkan seperti menyanyi, menari atau membaca buku  dengan dilandasi cinta kasih. Dan  percayalah,  hal itu dapat mendukung perkembangan anak menjadi optimal,” kata  Carmelia Riyadhni.

Untuk  asupan gizi yang baik, Dr. Juwita Srapsari, Sp.Gk mengatakan bahwa Ibu hamil maupun keluarga perlu pemenuhan pengetahuan  mengenai 1000 Hari Pertama Kehidupan anak.

Andien Aisyah, Ibu dari seorang bernama Kawa,  terbilang mewakili Ibu yang sarat memiliki informasi dan pengetahuan mengenai 1000 Hari  Pertama Kehidupan Anak.

Katanya,”Dari semenjak hamil  Kawa, saya dan suami sepakat untuk mencari informasi  mengenai cara untuk memaksimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak.  Karenanya, kami senang ketika ada tempat seperti Buumi Playscape yang menyediakan fasilitas pendukung, dan  kelas-kelas menarik yang membantu saya menstimulasi tumbuh kembang Kawa. Juga, kemampuan Kawa dalam bersosialisasi.”

Chiky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *